PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PSIKOMOTORIK UNTUK PRAKTIKUM KIMIA DASAR

Authors

  • Nanda Saputri Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, 23111, Indonesia
  • Adlim Adlim Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, 23111, Indonesia
  • Ratu Fazlia Inda Rahmayani Jurusan Pendidikan Kimia FKIP Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, 23111, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.15575/jtk.v3i2.3444

Keywords:

instrumen penilaian, psikomotorik, praktikum kimia dasar, rubrik penilaian.

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan instrumen penilaian psikomotorik untuk praktikum kimia dasar di Lingkungan dan Laboratorium Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsyiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui respon validator dan uji coba terbatas terhadap instrumen yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan berupa instrumen penilaian dalam bentuk rubrik dengan skala 1-4. Penelitian ini terdiri atas tiga tahapan yaitu: 1) perencanaan; 2) pengembangan; dan 3) evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi instrumen menunjukkan persentase rerata sebesar 92,86% dengan kategori sangat layak. Sedangkan hasil respon angket dosen pengampu mata kuliah praktikum, asisten laboratorium, dan mahasiswa praktikan mendapatkan tanggapan sangat baik dengan persentase masing-masing sebesar 100%, 100%, dan 99,13%.

References

Abadi, S.M. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Aspek Psikomotor Siswa pada Praktikum Kimia Materi Termokimia. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Asriningtyas, V., & Supahar. (2016). Pengembangan instrumen penilaian aspek afektif dan psikomotor peserta didik pada model pembelajaran kooperatif metode Two-Stay Two-Stray dalam mata pelajaran Fisika SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(5), 284-293.

Atagana, H.I. (2016). Assesing laboratory skils performance in undergraduate biology students. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 5(3), 113-122.

Baharom, S., Khoiry, M.A., Hamid, R., Mutalib, A.A., & Hamzah, N. (2015). Assessment of psychomotor domain in a problem-based concrete labrotary. Journal of Engineering Science and Technology, 1(6), 1-10.

Daryanto. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Daud, M.H., Razali, Z.B., & Alias, M. (2017). Novel approach for assesing psychomotor domain in engineering technology courses. The Social Sciences, 12(3), 406-412.

Farida, Ida. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jalil, S., Ali, H.M.S., & Haris, A. (2018). Development and validation of science process skills instrument in physics. Journal of Physics. [IOP Publishing].

Khamidinal. (2009). Teknik Laboratorium Kimia. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nahadi., Anwar, S., & Pertiwi, H.R. (2016). Pengembangan instrumen penilaian kinerja pada pembelajaran titrasi asam basa dengan metode praktikum. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 35-41.

Nahadi., Firman, H., & Yulina, E. (2017). Performance assesment instrument to assess the senior high students` psychomotor for the salt hydrolysis material. Proceeding of International Seminar on Mathematics, Science, and Computer Science Education.

Nahadi., Siswaningsih, W., & Kusumangningtyas, H. (2018). Development of self and peer performance assessment on iodometric titration experiment. Journal of Physics: Conf. Series. [IOP Publishing].

Pinillih, F.W., Budiharti, R., & Ekawati, E.Y. (2013). Pengembangan instrumen penilaian produk pada pembelajaran IPA untuk siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 23-27.

Rahmayani, R.F.I., & Fitri, Z. (2017). Penuntun Praktikum Kimia Dasar I. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudrajat, A., Permanasari, A., Zainul, A., & Buchari. (2011). Pengembangan rubrik assesmen kinerja untuk mengukur kompetensi mahasiswa melakukan praktikum kimia analisis volumetri. Jurnal Chemica, 12(1), 1-8.

Sudria, I.B.N., & Siregar, M. (2009). Pengembangan rubrik penilaian keterampilan dasar praktikum dan mengajar kimia pada Jurusan Pendidikan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(3), 222-233.

Suryandari, E.T. (2013). Performance assesment sebagai instrumen penilaian untuk meningkatkan keterampilan proses pada praktikum kimia dasar di Tadris Kimia. Jurnal Phenomenon, 3(2), 20-34.

Susilaningsih, E. (2014). Instrumen penilaian praktikum kimia dan estimasi reliabilitasnya dengan koefisien generabilitas. Seminar Nasional Kimia dan Pendidikan Kimia VI, ISBN: 979363174-0.

Utami, B., Saputro, S., Ashadi., Masykuri, M., Yamtinah, S., & Widoretno, S. (2017). Development of the science skills of lower secondary students in a chemistry laboratory experiment. Pertanika Journal of Social Science and Humanities, 25(S), 41-50.

Yuniarti, B., Fatmaryanti, S.D., & Maftukhin, A. (2014). Pengembangan instrumen penilaian psikomotorik pada pelaksanaan praktikum Fisika siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo tahun ajaran 2013/2014. Jurnal Radiasi, 5(1), 77-81.

Published

2018-12-31

Issue

Section

Articles