PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASA BERBASIS ANDROID TERHADAP EFIKASI DIRI PESERTA DIDIK

Tika Rahmawati, Crys Fajar Partana

Abstract


Penelitian mengenai penerapan media pembelajaran android ini bertujuan untuk mengetahui dampak media pembelajaran android terhadap efikasi diri peserta didik pada materi asam dan basa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi-eksperimen dengan desain post-test only. Populasi penelitian terdiri dari peserta didik SMAN 5 Yogyakarta kelas XI. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kontrol. Peserta didik pada kelas eksperimen mengikuti proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android sedangkan peserta didik pada kelas kontrol melakukan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket efikasi diri yang terdiri dari 28 butir pernyataan. Data skor efikasi diri peserta didik dianalisis menggunakan ANOVA dengan SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri peserta didik yang mengikuti proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android lebih baik daripada peserta didik yang melakukan pembelajaran konvensional. Penerapan media pembelajaran android dapat meningkatkan efikasi diri peserta didik pada materi asam dan basa.


Keywords


asam basa; efikasi diri; media pembelajaran; pembelajaran kimia

References


Abulibdeh, E. S., & Hassan, S. S. S. (2011). E-Learning Interactions, Information Technology Self Efficacy and Student Achievement at The University of Sharjah, UAE. Australasian Journal of Educational Technology, 27(6).

Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin, Y. (2017). Analisis Miskonsepsi Asam Basa pada Pembelajaran Konvensional dan Dual Situated Learning Model (DSLM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(3), 385-391.

Anisa, F. & Yuliyanto, E. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelajaran Kimia di SMA Teuku Umar Semarang. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, di Universitas Muhammadiyah Semarang.

Baanu, T. F., Oyelekan, O. S., & Olorundare, A. S. (2018). Self-Efficacy and Chemistry Students’ Academic Achievement in Senior Secondary Schools in North-Central, Nigeria. MOJES: Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4(1), 43-52.

Baran, E. (2014). A review of research on mobile learning in teacher education. Journal of Educational Technology & Society, 17(4), 17-32.

Chairam, S., Klahan, N., & Coll, R. K. (2015). Exploring Secondary Students' Understanding of Chemical Kinetics through Inquiry-Based Learning Activities. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(5).

Chen, Y. L. (2014). A Study on Student Self-Efficacy and Technology Acceptance Model Within an Online Task-based Learning Environment. Journal of Computers, 9(1), 34-43.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2010). Educational psychology. Windows on classrooms (Eight Edition). Boston: Pearson.

Evinola. (14 April 2019). Dilema Menjadi Guru Abad 21. Retrieved from https://www.kompasiana.com/3vin/5cb34bcda8bc15133766feb3/dilema-menjadi-guru-abad-21.

Fitriyana, N., Wiyarsi, A., & Sugiyarto, K. (2018). The Profile of Students’ Self-efficacy on Hidrocarbon Hybrid Learning and Android-Base-game. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 9(2), 1-15.

Ghufron, M. N. & Suminta, R. R. (Juni 2013). Self-Efficacy dan Hasil Belajar Matematika: Meta-analisis. Buletin Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 21(1), 20-30.

Kemendikbud (2018). Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 tentang Laporan Hasil Ujian Nasional.

Leow, F. T., & Neo, M. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in a Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(2), 99–110.

Lubis, I., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191-201.

Özmen, H., Demircioğlu, G., & Coll, R., K. (2009). A Comparative Study of The Effects of a Concept Mapping Enhanced Laboratory Experience on Turkish High School Students’ Understanding of Acid-base Chemistry. International Journal of Science and Mathematics Education, 7 (1), 1-24.

Purnama, R. D., Mawardi, M., & Fadhilah, R. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia pada Materi Larutan Penyangga Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Pontianak. AR-RAZI Jurnal Ilmiah, 4(2).

Ramnarain, U., & Ramaila, S. (2018). The relationship between chemistry self-efficacy of South African first year university students and their academic performance. Chemistry Education Research and Practice, 19(1), 60-67.

Rivalina, R. (2014). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidik dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Teknodik, 18(2), 165–176.

Santrock, J. W. (2011). Educational psychology. New York: The MC Graw-Hill Companies, Inc.

Shabrina, S., & Kuswanto, H. (2018). Android-Assisted Mobile Physics Learning Through Indonesian Batik Culture: Improving Students’ Creative Thinking and Problem Solving. International Journal of Instruction, 11(4), 287-302.

Shanmugrapiya, M. (2012). Developing a Mobile Adaptive Test (MAT) in an M-Learning Environment for Android based 3G Mobile Devices. International Journal on Computer Science and Engineering, 4(2), 153-161.

Sung, Y.T., Chang, K. E., & Liu, T. C. (2016). The effects of integrating mobile devices with teaching and learning on students' learning performance: A meta-analysis and research synthesis. Computers & Education, 94, 252-275.

Suyanti, R. D. (2010). Strategi pembelajaran kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wahdania, Rahman, U., & Sulasteri, S. (2017). Pengaruh Efikasi Diri dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Bulupoddo Kab. Sinjai. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5(1), 68-81.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (1), 88-99.

Zheng, Z., Cheng, J., & Peng, J. (2015). Design and implementation of teaching system for mo¬bile cross-platform. International Journal of Multimedia and Ubiquitous Engineering, 10(2), 287-296.

Zimmerman, B. J. (2000). Self-efficacy: An Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1). 82-91.




DOI: https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Tika Rahmawati

Journal  Tadris Kimiya Is Indexed By : 


Lisensi Creative Commons

Pendidikan Kimia: Jurnal Tadris Kimiya  dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0Hak cipta dilindungi undang-undangp-ISSN: 2527-6816 | e-ISSN: 2527-9637