Ta’līm Al-Nahw Bi Madkhal Al-Ta’allum Al-Ta’āwunī Bi Uslūb (STAD) Bi Ma’had Dār Al-‘Ulūm Al-‘Ashrī Banda Aceh


Rizka Utami(1*)

(1) IAIN Takengon, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Qawā’id merupakan komponen penting dari bahasa yang dipelajari siswa dalam belajar bahasa Arab. Dan pelajaran Nahwu salah satu pelajaran yang dipelajari oleh siswa Pesantren Modern Darul Ulum, Banda Aceh. Metode pembelajaran yang digunakan di pesantren ini adalah metode tradisional dan kurang efektif dalam pelaksanaan pembelajaran Nahwu dengan petunjuk yang diperoleh setelah peneliti melalukan  observasi bahwa siswa-siswa lemah dalam penguasaan materi Nahwu, mereka tidak mampu mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dalam pembelajaran Nahwu, baik dari segi keterampilan mendengar, berbicara, membaca maupun menulis. Dari uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai siswa-siswa Pesantren Modern Darul Ulum dalam pembelajaran Nahwu menggunakan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning dengan teknik STAD. Untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan, peneliti merancang penelitian eksperimental untuk penelitian ini. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan metode post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Nahwu menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan teknik STAD meningkatkan nilai siswa-siswa Pesantren Modern Darul Ulum.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Satrianingsih, A. (2018). Perkembangan dan Masa Depan Bahasa Arab. Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab. https://doi.org/10.24252/diwan.v3i2.4459

Afrianto, H. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Journal of Linguistics.

Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara : Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.19105/ojbs.v7i2.449

Aliyah, A. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya. https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.966

Ardiansyah, Ade Arip., Abdul Aziz, Aji. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. Jurnal Lisanudhad. Vol. 6, No. 2, 86-110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478

Ayun, Q. (2017). Istikhdam Kitab “Al-Jurumiyyah” wa “Al-Amtsilah al-Tasrifiyyah” fi Ta’lim Qawaid al-Lughah al-’Arabiyyah bi Ma’had “Dar al-Hikmah” Al-Salafi Basuruwan. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1071

Chim, H. (2015). Literature Review of the Cooperative Learning Strategy – Student Team Achievement Division (STAD). International Journal of Education. https://doi.org/10.5296/ije.v7i1.6629

Hamid, A. H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qawa’id Nahwiyahpeserta Didik Kelas VIII Di MTs Al- Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.24042/albayan.v8i2.362

Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosakarya.

Hidayat, A., & Rahmah, S. N. (2020). Relevansi Thariqah Qawaid-Tarjamah pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 47. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2575

Imamuddin, I., & Uyuni, Y. R. (2019). Istikhdam Istiratijiyah Farq Al-Tahshil Al-Thalabiyah (STAD ) Li Tarqiyah Saythirah Al-Thalamidz Ála Al-Qawaid Fi Al- Nahwu Al-Wadhih. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v11i2.3115

Indraswari, R. (2014). Penerapan Paduan Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Kooperatif Type Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/la.v3i1.4135

Kadir, A. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411

Masyudi, M. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1672

Munawaroh, E. (2020). Qudratu Al Thalabah ‘Alā Fahmi Kitāb Mukhtashor Al Qow Ā’id Al Nahwiyyah Wa Al Shorfiyyah “Mata” Wa ‘Alā Qatuha Biqudratihim ‘Alā Qir Ā Ah Al Nushūsh Al ‘Arabiyyah. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 121–135. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7641

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). PT Remaja Rosakarya.

Nofianti, D. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD) guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu / Dhian Nofianti. In Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD) guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu / Dhian Nofianti.

Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Sanah, S., Ghazali, D. A., & Hafair, A. (2020). Istikhdām Namūdzaj Al-Ta’līm ‘Alā Asās Hilli Al-Musykilāt Fī Ta’līm Al-Nahw Al-‘Arabī Li Tarqiyah Natījah Ta’līm Al-Thalabah Fīhi. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 87–105. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8423

Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas Iv Semester I Sd No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick And Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2920

Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519

Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262

Wahyudin, D. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial. Remaja Rosda Karya.

Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302

Yusuf, Y. Q., Natsir, Y., & Hanum, L. (2015). A teacher’s experience in teaching with student teams-achievement division (STAD) technique. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.12973/iji.2015.828a




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.10092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Email : jta.pba@uinsgd.ac.id

Ta’lim al-‘Arabiyyah: jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Print ISSN Print: 2549-208X, ISSN Online: 2721-5237

 Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License