Ta’lÄ«m Al-Nahw Bi Madkhal Al-Ta’allum Al-Ta’ÄwunÄ« Bi UslÅ«b (STAD) Bi Ma’had DÄr Al-‘UlÅ«m Al-‘AshrÄ« Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.10092Abstract
QawÄ’id merupakan komponen penting dari bahasa yang dipelajari siswa dalam belajar bahasa Arab. Dan pelajaran Nahwu salah satu pelajaran yang dipelajari oleh siswa Pesantren Modern Darul Ulum, Banda Aceh. Metode pembelajaran yang digunakan di pesantren ini adalah metode tradisional dan kurang efektif dalam pelaksanaan pembelajaran Nahwu dengan petunjuk yang diperoleh setelah peneliti melalukan observasi bahwa siswa-siswa lemah dalam penguasaan materi Nahwu, mereka tidak mampu mengaplikasikan materi yang telah dipelajari dalam pembelajaran Nahwu, baik dari segi keterampilan mendengar, berbicara, membaca maupun menulis. Dari uraian tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai siswa-siswa Pesantren Modern Darul Ulum dalam pembelajaran Nahwu menggunakan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning dengan teknik STAD. Untuk mencapai tujuan yang dimaksudkan, peneliti merancang penelitian eksperimental untuk penelitian ini. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan metode post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Nahwu menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif dengan teknik STAD meningkatkan nilai siswa-siswa Pesantren Modern Darul Ulum.
References
Abidin, Z., & Satrianingsih, A. (2018). Perkembangan dan Masa Depan Bahasa Arab. Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab. https://doi.org/10.24252/diwan.v3i2.4459
Afrianto, H. (2018). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X. Journal of Linguistics.
Ainin, M. (2013). Penelitian Pengembangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Okara : Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.19105/ojbs.v7i2.449
Aliyah, A. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya. https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.966
Ardiansyah, Ade Arip., Abdul Aziz, Aji. (2019). TaisÄ«r An-Naḥwi al Ta’lÄ«mÄ« lÄ« GarḠQirÄati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-MasykÅ«lah. Jurnal Lisanudhad. Vol. 6, No. 2, 86-110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478
Ayun, Q. (2017). Istikhdam Kitab “Al-Jurumiyyah†wa “Al-Amtsilah al-Tasrifiyyah†fi Ta’lim Qawaid al-Lughah al-’Arabiyyah bi Ma’had “Dar al-Hikmah†Al-Salafi Basuruwan. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 9(1). https://doi.org/10.24042/albayan.v9i1.1071
Chim, H. (2015). Literature Review of the Cooperative Learning Strategy – Student Team Achievement Division (STAD). International Journal of Education. https://doi.org/10.5296/ije.v7i1.6629
Hamid, A. H. (2016). Penerapan Strategi Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Qawa’id Nahwiyahpeserta Didik Kelas VIII Di MTs Al- Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.24042/albayan.v8i2.362
Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosakarya.
Hidayat, A., & Rahmah, S. N. (2020). Relevansi Thariqah Qawaid-Tarjamah pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 47. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2575
Imamuddin, I., & Uyuni, Y. R. (2019). Istikhdam Istiratijiyah Farq Al-Tahshil Al-Thalabiyah (STAD ) Li Tarqiyah Saythirah Al-Thalamidz Ãla Al-Qawaid Fi Al- Nahwu Al-Wadhih. Al-Ittijah : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.32678/al-ittijah.v11i2.3115
Indraswari, R. (2014). Penerapan Paduan Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Dan Kooperatif Type Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Bahasa Arab. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/la.v3i1.4135
Kadir, A. (2015). Menyusun Dan Menganalisis Tes Hasil Belajar. Jurnal Al-Ta’dib. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411
Masyudi, M. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i2.1672
Munawaroh, E. (2020). Qudratu Al Thalabah ‘AlÄ Fahmi KitÄb Mukhtashor Al Qow Ā’id Al Nahwiyyah Wa Al Shorfiyyah “Mata†Wa ‘AlÄ Qatuha Biqudratihim ‘AlÄ Qir Ä€ Ah Al NushÅ«sh Al ‘Arabiyyah. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 121–135. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7641
Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). PT Remaja Rosakarya.
Nofianti, D. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD) guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu / Dhian Nofianti. In Penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Divisions (STAD) guna meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII A MTs Negeri Batu / Dhian Nofianti.
Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995
Sanah, S., Ghazali, D. A., & Hafair, A. (2020). IstikhdÄm NamÅ«dzaj Al-Ta’lÄ«m ‘AlÄ AsÄs Hilli Al-MusykilÄt FÄ« Ta’lÄ«m Al-Nahw Al-‘ArabÄ« Li Tarqiyah NatÄ«jah Ta’lÄ«m Al-Thalabah FÄ«hi. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 4(1), 87–105. https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8423
Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Ipa Kelas Iv Semester I Sd No. 4 Kaliuntu Dengan Model Dick And Carey. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2920
Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519
Wahyono, I. (2019). Strategi Kiai Dalam Mensukseskan Pembelajaran Nahwu Dan Shorof Di Pondok Pesantren Al-Bidayah Tegalbesar Kaliwates Jember. Tarbiyatuna : Kajian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.29062/tarbiyatuna.v3i2.262
Wahyudin, D. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial. Remaja Rosda Karya.
Wijaya, H., & Arismunandar, A. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Media Sosial. Jurnal Jaffray. https://doi.org/10.25278/jj71.v16i2.302
Yusuf, Y. Q., Natsir, Y., & Hanum, L. (2015). A teacher’s experience in teaching with student teams-achievement division (STAD) technique. International Journal of Instruction. https://doi.org/10.12973/iji.2015.828a
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish in Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim