Istikhdām Kitāb al Nushūs Li Ta’līm al-Qawa’id Wa Atsaruhu Fī Qudrati al-Thulāb ‘Alā Qirāati al-Nushūs al-‘Arabiyyah


M. Fauzan Aziz(1*), Jamilatussa'diyah Jamilatussa'diyah(2), Wildan Taufiqurrahman(3)

(1) MA Terpadu Madinah Tunnajah, Indonesia
(2) MA Terpadu Madinah Tunnajah, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran qawa>’id merupakan salah satu unsur terpenting dalam pembelajaran bahasa Arab karena membantu peserta didik untuk dapat menguasai salah satu keterampilan berbahasa Arab yaitu membaca. Dalam mempelajari qawa>’id  tentunya membutuhkan buku ajar yang dapat menunjang pembelajaran, salah satunya buku nashri yang telah sejak lama digunakan di Pesantren Darun Nashri Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan buku nahsri pada pembelajaran qawaid terhadap kemampuan santri dalam membaca teks-teks bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi kasus metode deskriptif korelasional. Hasil dari penelitian ini diantaranya, penggunaan buku nashri pada pembelajaran qawaid di Pesantren Darun Nashri Bandung mencapai rata-rata 3,27 (kategori cukup), kemampuan dalam membaca teks arab mencapai rata-rata 76,6 (kategori baik), dan pengaruh penggunaan buku nashri pada pembelajaran qawaid terhadap kemampuan santri dalam membaca teks-teks arab mencapai 30%, itu artinya terdapat faktor lain sebesar 70% yang dapat mempengaruhi kemampuan santri dalam membaca teks arab selain penggunaan buku nashri.


Full Text:

PDF

References


الغلاييني, مصطفى. 1994. جامع الدروس العربية. بيروت: منشورات المكتبة العصرية.

الناقة, محمود كامل. 1985. تعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. المملكة العربية السعودية: جامعة أم القرى.

بردانشاه, يثمر الدين. 2015. طرق تدريس اللغة العربية لغير العرب. بكنبارو: كرياسي إيدوكاسى.

زكريا, جمال عبد الناصر. 2016. المدخل إلى تدريس اللغة العربية للناطقين بغيرها؛ طرائق ومفاهيم. غومبك: IIUM Press.

طعيمة, رشد أحمد. 2006. تعليم اللغة العربية اتصاليا بين المناهج والاستراتيجيات. مغرب: مطبعة إسلامية.

طعيمة, رشدي أحمد. 1989. تعليم اللغة العربية لغير الناطقين بها مناهجه وأساليبه. الرباط : إسيكو.

Ahyar, Haerul. 2018. "Penguasaan Mufradat dan Qawa>id Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas X IIK MAN 1 Sleman Yogyakarta." Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4 (2): 257-272. doi:.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Baso, Yusring Sanusi, Faridah Rahman, Haerudin, and Najmuddin Abd Shafa. 2016. "Hubungan Penguasaan Mufrodat dan Tingkat Pemahaman Membaca Teks Asli Bahasa Arab Mahasiswa." Arabi: Journal of Arabic Studies 1 (2): 50-63. doi:.

Hamid, Abdul. 2010. Mengukur Kemampuan Bahasa Arab. Malang: UIN MALIKI Press.

Herlinda, Riana. 2014. "The Use of Textbook in Teaching and Learning Process (A Case Study of Two EYL Teachers)." The 61st TEFLIN International Conference. Solo: UNS. 359-362.

Hermawan, Acep. 2018. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Izzan, Ahmad. 2015. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Jailani, Muhammad Azhar, and Anfal Gulam Muzammil. 2016. "Arabic Grammar Teaching Methods in University of Fatoni, Thailand." OIDA International Journal of Sustainable Development 9 (2): 63-70.

Meng, Fanshao. 2009. "Developing Student`s Reading Ability through Extensive Reading." English Language Teaching 2 (2).

Nafiah, Khotimah, and Retno Purnama Irawati. 2015. "Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Penunjang Pembelajaran Tarkib." Lisanul Arab 04 (5): 23-28.

Wafula, L., P. Barasa, and J. Agalo. 2015. "Kinds of Extensive Reading Materials and Their Influence on Learner`s Language Skill." Journal of Educational Policy and Entrepreneurial Research 4 (16).




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v5i2.12715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.