Fa‘āliyah Istirātījiyyah Fakkr, Takallam, Uktub Wa Romyu Kurratu Salji Li Tarqīyati Natījah Thullāb Fī Mādah Al-Insyā’Bi Ma’hadi


Ihwan Mahmudi(1*), Syamsul Aimmah(2), Muzaini Nugroho Saputro(3), Ahmad Muzakki Darajat(4)

(1) Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
(2) Pendidikan Bahasa Arab, Indonesia
(3) Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
(4) Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Materi insya’ di Pondok Modern Arrisalah merupakan pembelajaran untuk melatih kreatifitas siswa dalam menulis. Materi insya’ diajarakan di kelas tiga, empat, lima dan enam. Namun nilai insya’ kelas lima banyak yang tidak memenuhi KKM. Hal ini dipengaruhi oleh cara mengajar guru dengan menggunakan metode dan strategi pembelajaran yang kurang tepat, sehingga siswa bosan, tidak meperhatikan atau bahkan tidur, dan kurang paham pada materi pelarajan. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, maka strategi pembelajaran “think talk write” dan snowball throwing yang berlandaskan pada pendekatan komunikatif merupakan alternatif untuk meningkatkan nilai siswa kelas lima pada materi insya’ arabi. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektifitas strategi pembelajaran “think talk write” dan snowball throwing yang berlandaskan pada pendekatan komunikatif dan pembelajaran konvensional dalam meningkatkan nilai siswa kelas lima di materi insya’ arabi.



Full Text:

PDF

References


abdul alim ibrahim. (1119). الموجه الفنى لمدرسى اللغة العربية. دار المعارف.

Agustin, M. (2013). Mengenali Dan Mengembangkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak Sejak Dini Sebagai Tonggak Awal Melahirkan Generasi Emas. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Dr. H. Moch. Agus Krisno Budiyanto., M. K. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Universitas Muhammadiyah Malang.

Ernawati, E., Fauziah, R., & Mustika, I. (2019). Keefektivan penggunaan metode think talk write dalam pembelajaran menulis teks biografi pada siswa kelas x smk negeri 1 cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(3), 467–474.

Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala University Press.

HARYATI, S. R. I. (2013). Meningkatkan Kemampuan Menulis Ringkasan Cerita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Model Snowball Throwing. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1).

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo.

Ibrahim, I. (2017). Perpaduan Model Pembelajaran Aktif Konvensional (Ceramah) Dengan Cooperatif (Make–A Match) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Suara Guru, 3(2), 199–212.

Jumanta Hamdayana. (2017). Model dan Metode Pembelajaran kreatif dan Berkarakter. Ghalia Indonesia.

Miftahul Huda. (2013). Model-Model Pegajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Punaji Setyosari. (2016). Metode Penelitian dan Pengenmbangan (4th ed.). Prenadamedia Group.

rusydi ahmad tuaimah. (n.d.). تعليم العربية لغير الناطقين بها. جامعة أم القرى.

rusydi ahmad tuaimah. (2010). المرجع في التعليم اللغة العربية للناطقين بلغات أخرى. دار الفكر العربي.

Saputra, A. N. N., Said, H. B., & Defitriani, E. (2019). Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Conecting Organizing Reflecting Extending (Core) Dengan Model Pembelajaran Konvensional Di Kelas Viii Smp Negeri 15 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 12–16.

Sifa Siti Mukrimah. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran Plus Aplikasinya.

Sit, M. (n.d.). Perkembangan peserta didik. Perdana Publishing.

syahir abu syarikh. (2007). استراتيجية التدريس. دار المعتز للنشر والتوزيع.

syahir abu syarikh. (2008). استراتيجيات التدريس. المعتز،.

Utari, E. S. (2019). Peran Model Pembelajaran Think Talk Write Pada Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1, 794–801.

Wulandari, E., & Daryati, D. (2013). Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization dengan Model Pembelajaran Konvensional Plus pada Mata Pelajaran Statika. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 41–54.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v6i1.14827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JOURNAL HAS BEEN INDEXED BY:

 Crossref logo   Road Logo