Analisis Butir Soal Bahasa Arab MAS Pondok Pesantren Assalam Kampar Riau


Bahrudin Fahmi(1*), Syahrul Rizqi(2), Nurul Elmira Harmeilinda(3)

(1) UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
(2) UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
(3) UIN Maulana Malik Ibrahim, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis butir soal mata pelajaran bahasa arab pada ujian semester bagi siswa MAS Pondok Pesantren Asaalam Kab. Kampar, Riau Tahun Ajaran 2020/2021. Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa (1) hasil Uji Daya Pembeda menunjukkan terdapat 7 soal pada kategori sangat tinggi, 9 soal pada kategori tinggi, 10 soal soal pada kategori sedang, 13 soal soal pada kategori rendah, dan 11 soal soal pada kategori sangat rendah. (2) Hasil Analisis Tingkat Kesukaran diketahui bahwa mayoritas soal-soal berada dalam kategori mudah dengan perbandingan statistiknya 43 : 7, 43 soal dalam kategori mudah dan 7 soal dalam kategori sedang. (3) Hasil Uji Validitas menunjukkan bahwa terdapat 24 soal yang berstatus valid dan 26 soal yang berstatus tidak valid. (3) Hasil Uji Reliabilitas menunjukkan bahwa soal dinyatakan sangat reliabel dengan nilai Cronbach’s Alpha 0,868.

Full Text:

PDF

References


Ainin, d. (2006). Evaluasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Arikunto, S. (2008). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2008). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran Soal dan Daya Pembeda Butir Soal Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1,. Widyanuklida, Hal. 3.

Fathimah, S. (2019). Analisis Butir Soal Pelajaran Bahasa Arab Di MA Roudlotul Ulum Pagak Malang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan, 143.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Maulana, d. (2020). Analisis Butir Soal Bahasa Arab Ujian Akhir Madrasah Bersama Daerah (UAMBD) Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2017-2018. Ta’lim al-‘Arabiyyah, 13.

Otomo, B. (2018). Analisis Validitas Isi Butir Soal Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika, hal. 147.

Rahmi, I. (2020). Analisis Kualitas Tes Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Lisanuna, hal. 46.

Solichin, M. (2019). Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas, Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Dan Validitas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan. Dirasat , hal. 196-198.

Sukardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sumintono. (2015). Bambang dan Widhiarso, Wahyu. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Bandung:: Trim Komunikata.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Widiyanto, J. (2010). SPSS for Windows Untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: BP-FKIP UMS.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v6i1.16193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Email : jta.pba@uinsgd.ac.id

Ta’lim al-‘Arabiyyah: jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Print ISSN Print: 2549-208X, ISSN Online: 2721-5237

 Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License