تعليم القراءة باستخدام معجم أليكترونيك


Andi Saefulloh Anwar(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan siswa kelas XI Madrasah Aliyah Ar-Raudlah Bandung dalam memahami teks bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan kamus elektronik, serta mengetahui seberapa besar pengaruh kamus elektronik dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan tes. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab sebelum menggunakan kamus elektronik memperoleh hasil rata-rata 59,83 dan kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab setelah menggunakan kamus elektronik memperoleh hasil rata-rata 75,33 . Dengan demikian bahwa penggunaan kamus elektronik dalam pembelajaran qirā`ah memberikan pengaruh terhadap kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab dengan persentase 30 %.

Full Text:

PDF

References


Al-Fauzan, Abdul Rahman Ibrahim. 2011. Iḍhā`at li Mu’allimi al-Lughah al-Arabiyyah Lighairi al-Nathqīna Bihā. Riyad.

Al-Khuli, Muhammad Ali. 1981. Asālib Tadrīs al-Lughah al-‘Arabiyyah. Riyadh: al-Mamlakah al-‘Arabiyyah.

________________. 1991. A Dictionary of Theoritical Linguistics, English-Arabic. Libanon: Librarie du Liban.

Al-Qasimi, Ali. 1975. ‘Ilm al-Lughahwa Shinā’ah al-Mu’jam. Riyadh: Jāmi’ah al-Mamlakah al-‘Arabiyyah as-Su’ūdiyyah.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.

Birgit, Winkler. 2001. English learners’ dictionaries on CD-ROM as reference and language learning tools, Journal Cambridge.

Fakhrurrozi, Aziz dan Erta Mahyudin. 2012. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab.Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama.

________________. 2012. Teknik Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Pustaka Cendekia Utama.

Gunawan, Heri. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Islam. Bandung: Alfabeta.

________________. 2011. Dasar-dasar Metode Research. Bandung: Azfie Media Utama.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nesi, H. 1996. For future reference?A review of current electronic learners’ dictionaries. System, 24 (4): 537–57.

Nuha, Ulin. 2012. Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab.Yogyakarta: Diva Press.

Syah, Darwyan. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: HajaMandiri.

Tarigan, Henri Guntur. 2009. Pengajaran Kedwibahasaan. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v3i1.7450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Email : jta.pba@uinsgd.ac.id

Ta’lim al-‘Arabiyyah: jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Print ISSN Print: 2549-208X, ISSN Online: 2721-5237

 Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License