QUDRATU AL THALABAH ‘ALĀ FAHMI KITĀB MUKHTASHOR AL QOW Ā’ID AL NAHWIYYAH WA AL SHORFIYYAH “MATA” WA ‘ALĀ QATUHA BIQUDRATIHIM ‘ALĀ QIR Ā AH AL NUSHŪSH AL ‘ARABIYYAH


Erda Munawaroh(1*)

(1) MTs al-Hidayah Sanca Ciater Subang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren al Mustaqiem Ciater Subang dimana kemampuan santri dalam memahami bahan ajar Ringkasan Kaidah Nahw Sharf  “Mata” masih lemah yang ditujukan dengan lemahnya kemampuan mereka dalam membaca teks Arab. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pada tulisan ini penulis ingin mengetahui adakah hubungan antara penguasaan santri terhadap bahan ajar ringkasan kaidah nahw sharf dan kemampuan mereka dalam membaca teks Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan santri terhadap bahan ajar ringkasan kaidah nahw sharf “Mata”  dan kemampuan mereka dalam membaca teks dan mengetahui hubungan antara keduanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Dan cara penelitian ini berupa observasi, wawancara, teks da dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara keduanya menunjukkan baik dengan nilai 82,77 dan berada pada rentang 80-90.

Kata kunci: Nahwu, Sharf, Memahami Kitab, MATA, Membaca Teks.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Maman. 2007. Implementasi Pengajaran Nahwu Berbasis Lesson Study di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab FPBS UPI. e-journal Penelitian. Vol. 02 No. 23.

Al-khuli, Muhammad Ali. 2010. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: basan Publishing.

Ardiansyah, Ade Arip., Abdul Aziz, Aji. 2019. Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. Jurnal Lisanudhad. Vol. 6, No. 2, 86-110.

Arifa Zakiyah dan Dewi Chamidah, 2006. Pengembangan Bahan Ajar Qawaid Bahasa Arab Berbasis Mind Map untuk Tingkat Perguruan Tinggi. e-journal Penelitian Malang. Vol. 13, No. 6.

Arsyad, Azhar. 2003 Bahasa Arab dan Metode Pembelajarannya, Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Bakar, ‘Abdul Qodir Mahmud. 2010. Al Tarbiyah al Islamiyyah wa Fan al Tadrīs. Kairo: Daar al Salam.

Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Ibrahim, Abdul ‘Alim. 1974. Al Muwajjih al Fanny Limudarris al Lughah al ‘Arabiyyah. Mesir: Daar al Ma’arif.

Izzan, Ahmad. 2009 Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Khatir, Muhammad Rusydi. 1986. Thuruq al Tadrīs al Lughah al ‘Arabiyyah wa al Tarbiyah al Diniyyah Fī Dloui al Ittijāhāt al Tarbawiyyah al Haditsāh. Riyadh: Jami’ah ‘Ain al Syams.

Malibary, Akrom. 1978 Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah, Jakarta: PT.Bulan Bintang.

Munawwir, Ahmad Warson. 2002. Kamus al Munawwir. Surabaya: Pustaka Progresif.

Sutikno, M. Sobry .2008 Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Prosfect.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wawancara dengan bapak Rohanda, M.Ag di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kamis 12 Februari 2019.

Wawancara dengan Pimpinan Pondok dan Guru di Pondok Pesantren Al Mustaqim Ciater Subang. Senin, 18 Februari 2019.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.