ISTIKHDĀM NAMŪDAJ AL HAROKIYYAH AL SYAM’IYYAH AL BASHORIYYAH AL ‘AQLIYYAH (SAVI) FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH WA ATSARUHU FĪ QUDRAH AL TALĪMĪDZ ‘ALA FAHM AL MAQRŪ
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7709Abstract
Masalah yang terdapat di kelas X IIS 1 MA Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung adalah kesulitan siswa dalam belajar kosa kata Arab. Dalam hal ini, penulis ingin meneliti pembelajaran kosa kata bahasa Arab menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy sebelum dan sesdudahnya serta serta pengaruhnya terhadap Fahmul Maq'ru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, tes (free test dan post test) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Fahmul Maq'ru, karena hasil perhitungan menunjukan bahwa Ï„ hitung lebih besar dari pada Ï„ tabel yaitu 176> Â 126.
References
‘Athiyyah, Muhsin. 2007. TadrÄ«s al Lughah al ‘Arabiyyah fÄ« Dlou al KÄfiyÄt al Adaiyyah. Oman: DÄr al Minhaj.
Al HÄ«lwÄnÄ«, YÄsir. 2003. TadrÄ«s wa TaqyÄ«m MahÄrÄt al QirÄah. Kuwait: Maktabah al FalÄh li Nasyr wa al Tauzī’.
Al ZiyÄt, FathÄ« Musthafa. 1998. SÄ«kulujiyah al Ta’allum bayna al MandzÅ«r al IrthibathÄ« wa al MandzÅ«r al Ma’rifÄ«. Kairo: DÄr al Nasyr lil JÄmi’ah.
Al-Khuli, Muhammad Ali. 1982. Mu’jam Ilmu Al-Lughah An-Nadzori. Beirut: Daar Ilm.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Faisal, Hendra. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Depag RI.
Fuad Effendy, Ahmad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Gunawan, Heri. 2017. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Habibullah, Muhammad. 1993. Usus al QirÄah wa Fahm al MaqrÅ« bayna al Nadzariyyah wa Tathbiqiyyah: Madkhal fÄ« TathwÄ«r MahÄrÄt al Fahm wa al TafkÄ«r wa al Ta’lÄ«m. Oman-Urdun: DÄr lil ThabÄ’ah wa al Nasyr.
Hamdi, Asep Saiful dan Burhanuddin, E.. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aflikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Huda, Miftahul. 2016. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ibrahim, Abdul Syukur. 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
JÄbullah, ‘Ali Sa’ad. 2006. Al IttijÄhÄt al Tarbawiyyah al Haditsah fÄ« Ta’lÄ«m al QirÄah al Wadhifiyyah bi al Marhalah al Tsanawiyyah. Kairo: DÄr al TsaqÄfah.
Kosim, Nanang. 2016. Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung : Arfino Raya.
Meier, Dave. 2002. The Accelarated Learning Handbook. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.
Nurindriantoro dan Supomo, Bambang. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, Abdul Hamid. 2003. Su’ubÄt Fahm al Lughah: MÄhiyatuhÄ wa IstirÄtÄ«jiyÄtuÄ. Kairo: DÄr al Fikr al ‘ArabÄ«.
Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grapindo Perkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim