ISTIKHDĀM NAMŪDAJ AL HAROKIYYAH AL SYAM’IYYAH AL BASHORIYYAH AL ‘AQLIYYAH (SAVI) FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH WA ATSARUHU FĪ QUDRAH AL TALĪMĪDZ ‘ALA FAHM AL MAQRŪ

Authors

  • Imam Turmudi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ilyas Rifai UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mudiyanto Mudiyanto UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7709

Abstract

Masalah yang terdapat di kelas X IIS 1 MA Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung adalah kesulitan siswa dalam belajar kosa kata Arab. Dalam hal ini, penulis ingin meneliti pembelajaran kosa kata bahasa Arab menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy sebelum dan sesdudahnya serta serta pengaruhnya terhadap Fahmul Maq'ru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, tes (free test dan post test) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Fahmul Maq'ru, karena hasil perhitungan menunjukan bahwa τ hitung lebih besar dari pada τ tabel yaitu 176>  126.

Author Biographies

Imam Turmudi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendidikan Bahasa Arab

Ilyas Rifai, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendidikan Bahasa Arab

Mudiyanto Mudiyanto, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pendidikan Bahasa Arab

References

‘Athiyyah, Muhsin. 2007. TadrÄ«s al Lughah al ‘Arabiyyah fÄ« Dlou al KÄfiyÄt al Adaiyyah. Oman: DÄr al Minhaj.

Al HÄ«lwÄnÄ«, YÄsir. 2003. TadrÄ«s wa TaqyÄ«m MahÄrÄt al QirÄah. Kuwait: Maktabah al FalÄh li Nasyr wa al Tauzī’.

Al ZiyÄt, FathÄ« Musthafa. 1998. SÄ«kulujiyah al Ta’allum bayna al MandzÅ«r al IrthibathÄ« wa al MandzÅ«r al Ma’rifÄ«. Kairo: DÄr al Nasyr lil JÄmi’ah.

Al-Khuli, Muhammad Ali. 1982. Mu’jam Ilmu Al-Lughah An-Nadzori. Beirut: Daar Ilm.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Faisal, Hendra. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Depag RI.

Fuad Effendy, Ahmad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Gunawan, Heri. 2017. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Habibullah, Muhammad. 1993. Usus al QirÄah wa Fahm al MaqrÅ« bayna al Nadzariyyah wa Tathbiqiyyah: Madkhal fÄ« TathwÄ«r MahÄrÄt al Fahm wa al TafkÄ«r wa al Ta’lÄ«m. Oman-Urdun: DÄr lil ThabÄ’ah wa al Nasyr.

Hamdi, Asep Saiful dan Burhanuddin, E.. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aflikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2016. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Abdul Syukur. 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

JÄbullah, ‘Ali Sa’ad. 2006. Al IttijÄhÄt al Tarbawiyyah al Haditsah fÄ« Ta’lÄ«m al QirÄah al Wadhifiyyah bi al Marhalah al Tsanawiyyah. Kairo: DÄr al TsaqÄfah.

Kosim, Nanang. 2016. Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung : Arfino Raya.

Meier, Dave. 2002. The Accelarated Learning Handbook. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Nurindriantoro dan Supomo, Bambang. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Abdul Hamid. 2003. Su’ubÄt Fahm al Lughah: MÄhiyatuhÄ wa IstirÄtÄ«jiyÄtuÄ. Kairo: DÄr al Fikr al ‘ArabÄ«.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grapindo Perkasa.

Downloads

Published

15-12-2019

How to Cite

Turmudi, I., Rifai, I., & Mudiyanto, M. (2019). ISTIKHDÄ€M NAMŪDAJ AL HAROKIYYAH AL SYAM’IYYAH AL BASHORIYYAH AL ‘AQLIYYAH (SAVI) FĪ TA’LĪM AL MUFRADÄ€T AL ‘ARABIYYAH WA ATSARUHU FĪ QUDRAH AL TALĪMĪDZ ‘ALA FAHM AL MAQRŪ. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 137–155. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7709