ISTIKHDĀM NAMŪDAJ AL HAROKIYYAH AL SYAM’IYYAH AL BASHORIYYAH AL ‘AQLIYYAH (SAVI) FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH WA ATSARUHU FĪ QUDRAH AL TALĪMĪDZ ‘ALA FAHM AL MAQRŪ


Imam Turmudi(1*), Ilyas Rifai(2), Mudiyanto Mudiyanto(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah yang terdapat di kelas X IIS 1 MA Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung adalah kesulitan siswa dalam belajar kosa kata Arab. Dalam hal ini, penulis ingin meneliti pembelajaran kosa kata bahasa Arab menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy sebelum dan sesdudahnya serta serta pengaruhnya terhadap Fahmul Maq'ru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, tes (free test dan post test) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Fahmul Maq'ru, karena hasil perhitungan menunjukan bahwa τ hitung lebih besar dari pada τ tabel yaitu 176>  126.


Full Text:

PDF

References


‘Athiyyah, Muhsin. 2007. Tadrīs al Lughah al ‘Arabiyyah fī Dlou al Kāfiyāt al Adaiyyah. Oman: Dār al Minhaj.

Al Hīlwānī, Yāsir. 2003. Tadrīs wa Taqyīm Mahārāt al Qirāah. Kuwait: Maktabah al Falāh li Nasyr wa al Tauzī’.

Al Ziyāt, Fathī Musthafa. 1998. Sīkulujiyah al Ta’allum bayna al Mandzūr al Irthibathī wa al Mandzūr al Ma’rifī. Kairo: Dār al Nasyr lil Jāmi’ah.

Al-Khuli, Muhammad Ali. 1982. Mu’jam Ilmu Al-Lughah An-Nadzori. Beirut: Daar Ilm.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Faisal, Hendra. 2006. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Depag RI.

Fuad Effendy, Ahmad. 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Gunawan, Heri. 2017. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Habibullah, Muhammad. 1993. Usus al Qirāah wa Fahm al Maqrū bayna al Nadzariyyah wa Tathbiqiyyah: Madkhal fī Tathwīr Mahārāt al Fahm wa al Tafkīr wa al Ta’līm. Oman-Urdun: Dār lil Thabā’ah wa al Nasyr.

Hamdi, Asep Saiful dan Burhanuddin, E.. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aflikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hermawan, Acep. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Huda, Miftahul. 2016. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Abdul Syukur. 2009. Metode Analisis Teks dan Wacana. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Jābullah, ‘Ali Sa’ad. 2006. Al Ittijāhāt al Tarbawiyyah al Haditsah fī Ta’līm al Qirāah al Wadhifiyyah bi al Marhalah al Tsanawiyyah. Kairo: Dār al Tsaqāfah.

Kosim, Nanang. 2016. Strategi dan Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Bandung : Arfino Raya.

Meier, Dave. 2002. The Accelarated Learning Handbook. Terj. Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.

Nurindriantoro dan Supomo, Bambang. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Abdul Hamid. 2003. Su’ubāt Fahm al Lughah: Māhiyatuhā wa Istirātījiyātuā. Kairo: Dār al Fikr al ‘Arabī.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grapindo Perkasa.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.