Itqānu Al-Thulāb Li Tahlīl Al-Alfādz Nahwiyān Wa Sharfiyān Fī Darsi Al-Tarkīb Wa ‘Alāqatuhu Biqudratihim ‘Alā Qirāah Al-Nushūsh Al-‘Arabiyyah


Nanang Kosim(1*), Zakiyyatul Fitriyyah(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran bahasa Arab di Pesantren At Thohiriyyah – Cianjur dan Pesantren Sadang Lebak – Garut dimana kemampuan santri dalam menganalisis kaidah nahw sharf  masih lemah yang ditujukan dengan lemahnya kemampuan mereka dalam membaca dan menerjemahkan teks-teks Arab. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Pada tulisan ini penulis ingin mengetahui adakah hubungan antara kemampuan santri terhadap analisis kaidah nahw sharf dan kemampuan mereka dalam membaca dan menerjemahkan teks-teks Arab. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penguasaan santri terhadap analisis kaidah nahw sharf, kemampuan mereka dalam membaca teks, , kemampuan mereka dalam menterjemahkan teks dan mengetahui hubungan antara ketiganya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Dan cara penelitian ini berupa observasi, wawancara, teks dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hubungan kemampuan santri terhadap analisis kaidah nahw sharf di pesantren-pesantren tradisional dengan kemampuan santri untuk membaca dan menerjemahkan teks-teks Arab, maka mendapatkan koefisien korelasi 0,51 dengan adanya hubungan, dan medapatkan hasil signifikansi dengan nilai t hitung 2,514 dan hasil dari t tabel 2,101 dengan tingkat signifikansi 5%. Jadi dapat disimpulkan Hipotesis nol (Ho) ditolak, dan keputusan ujian dapat diterima.


Full Text:

PDF

References


Abshar, U. (2018). Kafaah Qiraat al-Nushus al-’Arabiyyah Laday al-Thalabah Gayr al-Ma’Had fi Qism Dirasah al-Lughah wa al-Adab Bi UIN Raden Fatah Palembang. UIN Raden Fatah Palembang.

Al Khuli, M. A. (1982). Asālību Tadrīs al Lughah al ‘Arabiyyah. Al Farazdaq al Tijariyyah.

Aliyah, A. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya. https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.966

Asrina, A. (2016). Khilâfiyah Nahwiyyah: Dialektika Pemikiran Nahwu Basrah dan Kufah dalam Catatan Ibn al-Anbâri. MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman. https://doi.org/10.30821/miqot.v40i2.289

Dhiauddin, D. (2018). Ta’lîm Mahârah Al-Qirâah Fî Al-Zâwiyah Al-Islâmiyah Al-Salafiyah Bi Aceh. Arabi : Journal of Arabic Studies. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.74

Erlina, E. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Qira’ah Terpadu Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.24042/albayan.v9i2.2242

Fauzia, M., Slamet, A. N., & Gunawan, H. (2019). Penggunaan Teknik Permainan Berburu Tarkib Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Materi Tarkib. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(1), 1–13.

https://doi.org/10.15575/jpba.v3i1.7444

Hamdy, M. Z. (2020). Pembelajaran Keterampilan Membaca (Maharah Qiraah) Menggunakan Koran Elektrronik (Al-Jaridhah Al-Elektroniyah). Syaikhuna: Jurnal Pendidikan Dan Pranata Islam. https://doi.org/10.36835/syaikhuna.v11i1.3842

Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosakarya.

Hidayat, A., & Rahmah, S. N. (2020). Relevansi Thariqah Qawaid-Tarjamah pada Perguruan Tinggi. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 47. https://doi.org/10.30997/tjpba.v1i1.2575

Mahfudhah, Z. (2017). Tahlil Ikhtibarat Al-Lughah Al-’Arabiyyah (Dirasah Taqwimiyah bil Madrasah Muthawasitah Sarusy Syari’ah bi Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.Zahratul Mahfudhah, 221222514 (2017) Tahlil Ikhtibarat Al. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Mardiyah, T. (2019). Penggunaan Model Active Learning Dalam Pembelajaran Materi Qirāah. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.35931/am.v2i2.154

Munawwir, A. W. (2010). Kamus Al Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap (5th ed.). Pustaka Progresif.

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). PT Remaja Rosakarya.

Nasution, S. (2016). Ithqan Maharat Al-Lughah Al-’Arabiyah Min Khilal Tadris Al-Nahw. Arabi : Journal of Arabic Studies. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.5

Nur, T. (2017). Semantik Bahasa Arab Pengantar Studi Ilmu Makna. SEMIOTIKA.

Rahmadon. (2016). Aț-Țariqah At-Tawlīfiyyah fī Tadris Maharah Al-Qirā’ah Li An-Nāțiqīn Bi Ghayr Al-‘Arabiyyah. Jurnal Lisanuna.

Sanusi, A. (2019). The Quality Translation Analysis Of Student Qirāah Text. Arabi : Journal of Arabic Studies. https://doi.org/10.24865/ajas.v4i1.119

Wahab, M. A. (2014). Peran Bahasa Arab Dalam Pengembangan Ilmu Dan Peradaban Islam. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v1i1.1127

Yuniar, Y., & Marwa, A. (2018). Al-’Alaqah baina al-Kafaah al-Mihniyyah li Mu’allim wa Raghbati al-Talamidz fi Ta’allum al-Lughah al-’Arabiyyah bi Maharah Qiro’ah al-Nash al-’Arabiyyah bi al-Madrasah al-’Aliyyah al-Muhajirin Muwas Rawas Sumatra al-Junubiyyah. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 10(01). https://doi.org/10.24042/albayan.v10i01.2600




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.8171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.