MAFHŪM AL UMMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM

Authors

  • Ubaidillah Ubaidillah UIN Sunan Gunung Djati Band

DOI:

https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.8177

Abstract

Al-Qur'an merupakan mukjizat dalam setiap kata dan gaya bahasa yang terdapat didalamnya. Salah satu mukjizat yang terkandung didalam Al-Qur’an adalah dari segi kebahasaan, yaitu bahasa Arab yang kaya akan kosa kata serta terdapat banyak kalimat-kalimat yang memiliki banyak makna atau biasa dikenal dengan musytarak. Dalam Al-Qur’an sendiri terdapat banyak lafadz musytarak diantaranya adalah lafadz Al-Ummah. Hasil penelitian tentang lafadz Al-Ummah didalam Al-Qur’an menunjukan beberapa hal, diantaranya : 1) Makna leksikal dari lafadz Al-Ummah adalah contoh dan panutan serta secara umum lafadz Al-Ummah bermakna kelompok  orang. 2) Makna kontekstual dari kata Al-Ummah adalah waktu, imam, ajaran dan pedoman hidup, makhluk secara umum, umat Islam, orang-orang kafir, dan sekelompok orang. 3) lafadz Al-Ummah memiliki nilai-nilai pendidikan di antaranya : Nilai-nilai keyakinan yang termanifestasikan dengan meyakini akan keesaan Allah SWT serta bertawakal kepada-Nya. Nilai-nilai moral yang termanifestasikan dengan pentingnya memanfaatkan dan menggunakan waktu serta adanya ketulusan hati. Nilai-nilai praktis seperti toleransi, keadilan, kejujuran, keberanian, kerja sama, altruisme, dan kekuasaan.

Author Biography

Ubaidillah Ubaidillah, UIN Sunan Gunung Djati Band

Pendidikan Bahasa Arab

References

Achmadi. 2008. Teologi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Al BanÄ, Hasan. 1992. Al Tarbiyah al Islamiyyah. Kairo: DÄr al ‘Arabiyyah lil Kutub.

Al BaqÄ«, Muhammad Fuad ‘Abd. 1944. al Mu’jam al Mafahras li al FÄdz al QurÄn al KarÄ«m. Kairo: DÄr al HadÄ«ts.

Al BÄz, AnwÄr. 2007. Al TafsÄ«r al Tarbawiy lil QurÄn al KarÄ«m. Mesir: DÄr al Nasyr lil JÄmi’Ät.

Al JazÄirÄ«, Abu Bakr. 1921. Aysaru al TafÄsÄ«r. Beirut: DÄr Fikr.

Al MarÄghi. Ahmad bin MusthafÄ. 1946. TafsÄ«r al MarÄghi. Mesir: Sirkah Maktabah al ‘Arabiyyah wa Muthaba’ah.

Al QathÄn. 1973. MabÄhits fÄ« ‘UlÅ«m al QurÄn. Beirut: MansyÅ«rah al ‘Ashr HadÄ«ts.

Al RÄzi, Fakhru al DÄ«n. 1990. MafÄtÄ«h al Ghayb. Beirut: DÄr Fikr.

Al ShabunÄ«, Muhammad Ali. 1999. Shafwatu al TafÄsÄ«r. Beirut: DÄr Fikr.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta .

Bisri, Cik Hasan. 1998. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Jakarta: Logos.

Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Heri. 2017. Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PBA UIN SGD Bandung.

MandzÅ«r, Ibn. 1991. LisÄn al ‘Arabi. Beirut: DÄr al ShÄdir.

Santi, Lisnawati, dkk. 2013. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Shihab, Muhammad Quraish. 1998. Mukjizat Al-Quran. Bandung: Mizan.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

03-05-2020

How to Cite

Ubaidillah, U. (2020). MAFHŪM AL UMMAH FĪ AL QURÄ€N AL KARĪM. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 195–208. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.8177