MAFHŪM AL UMMAH FĪ AL QURĀN AL KARĪM
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.8177Abstract
Al-Qur'an merupakan mukjizat dalam setiap kata dan gaya bahasa yang terdapat didalamnya. Salah satu mukjizat yang terkandung didalam Al-Qur’an adalah dari segi kebahasaan, yaitu bahasa Arab yang kaya akan kosa kata serta terdapat banyak kalimat-kalimat yang memiliki banyak makna atau biasa dikenal dengan musytarak. Dalam Al-Qur’an sendiri terdapat banyak lafadz musytarak diantaranya adalah lafadz Al-Ummah. Hasil penelitian tentang lafadz Al-Ummah didalam Al-Qur’an menunjukan beberapa hal, diantaranya : 1) Makna leksikal dari lafadz Al-Ummah adalah contoh dan panutan serta secara umum lafadz Al-Ummah bermakna kelompok orang. 2) Makna kontekstual dari kata Al-Ummah adalah waktu, imam, ajaran dan pedoman hidup, makhluk secara umum, umat Islam, orang-orang kafir, dan sekelompok orang. 3) lafadz Al-Ummah memiliki nilai-nilai pendidikan di antaranya : Nilai-nilai keyakinan yang termanifestasikan dengan meyakini akan keesaan Allah SWT serta bertawakal kepada-Nya. Nilai-nilai moral yang termanifestasikan dengan pentingnya memanfaatkan dan menggunakan waktu serta adanya ketulusan hati. Nilai-nilai praktis seperti toleransi, keadilan, kejujuran, keberanian, kerja sama, altruisme, dan kekuasaan.
References
Achmadi. 2008. Teologi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Al BanÄ, Hasan. 1992. Al Tarbiyah al Islamiyyah. Kairo: DÄr al ‘Arabiyyah lil Kutub.
Al BaqÄ«, Muhammad Fuad ‘Abd. 1944. al Mu’jam al Mafahras li al FÄdz al QurÄn al KarÄ«m. Kairo: DÄr al HadÄ«ts.
Al BÄz, AnwÄr. 2007. Al TafsÄ«r al Tarbawiy lil QurÄn al KarÄ«m. Mesir: DÄr al Nasyr lil JÄmi’Ät.
Al JazÄirÄ«, Abu Bakr. 1921. Aysaru al TafÄsÄ«r. Beirut: DÄr Fikr.
Al MarÄghi. Ahmad bin MusthafÄ. 1946. TafsÄ«r al MarÄghi. Mesir: Sirkah Maktabah al ‘Arabiyyah wa Muthaba’ah.
Al QathÄn. 1973. MabÄhits fÄ« ‘UlÅ«m al QurÄn. Beirut: MansyÅ«rah al ‘Ashr HadÄ«ts.
Al RÄzi, Fakhru al DÄ«n. 1990. MafÄtÄ«h al Ghayb. Beirut: DÄr Fikr.
Al ShabunÄ«, Muhammad Ali. 1999. Shafwatu al TafÄsÄ«r. Beirut: DÄr Fikr.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta .
Bisri, Cik Hasan. 1998. Penuntun Penyusunan Rencana Penelitian dan Penulisan Skripsi. Jakarta: Logos.
Chaer, Abdul. 2002. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan, Heri. 2017. Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PBA UIN SGD Bandung.
MandzÅ«r, Ibn. 1991. LisÄn al ‘Arabi. Beirut: DÄr al ShÄdir.
Santi, Lisnawati, dkk. 2013. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Shihab, Muhammad Quraish. 1998. Mukjizat Al-Quran. Bandung: Mizan.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim