Istikhdām Al-Ma’ājim Al-‘Arabiyyah Al-Iliktrūniyah Kamashdar Ta’allum Al-Lughah Al-‘Arabiyyah


Eva Latifah Fauziah(1*), Nuri Nurul Latifah(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kamus bahasa Arab elektronik sebagai salah satu sumber belajar bahasa Arab. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Adapun teknik pengumpulannya menggunakan studi pustaka. Kamus elektronik sebagai sumber belajar untuk menemukan informasi terkait dengan kosakata Arab-Indonesia atau Indonesia-Arab dan memberikan pengalaman belajar kosakata bahasa Arab. Ada tiga jenis kamus elektronik: pertama, kamus elektronik berbasis software-komputer. kedua, kamus elektronik berbasis mobile. ketiga, kamus elektronik berbasis website. Penggunaan kamus elektronik pada umumnya secara artikulasi yaitu berupa huruf awal penyebutan kata. Oleh karena itu penggunaan kamus elektronik ini dianggap lebih mudah, efektif dan efisien tanpa harus menguasai ilmu sharaf terlebih dahulu.


Full Text:

PDF

References


Adipurnomo, Haryono. Sumber dan Media Pembelajaran. Malang: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan PPPG IPS dan PMP Malang. 2006.

Aliyah, A. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya. https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.966

Azizi, Moh. Sofwan Zauri. "Kamus Bahasa Arab Online Sebagai Sumber Belajar Bahasa Arab". Skripsi: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2016.

Azzuhri, Muhandis. "Metode dan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Internet di Era Teknologi Informasi". Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. Vol. 14 No. 3. STAIN Purwokerto. Sep-Des 2009.

Chaer, Abdul. Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta. 2007.

Daryanto. Belajar dan Mengajar. Yrama Widya: Bandung. 2010.

Effendi, Ahmad Fuad. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat. 2005.

Garrison, dan Terry Anderson. at-Ta'līm al-Iliktrūnī Fī al-Qarni al-Hādī wa al-'Isyr īna. Cet. 1. al-Mamlakah al-'Arabiyyah As-Su'udiyyah: Maktabah Obeikan. 2006.

Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. 1995

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2018.

Hilal, Abdul Ghofar Hamid. Manāhij al-Bahtsi Fī al-Lughah wa al-Ma'ājim. Kairo: Dar al-Fikri. 1991.

http://www.kamus.javakedaton.com/indonesia-arab.php./27 Maret 2020/

Jumhana, N. (2002). NASY’AT AL-MA’AJIM AL-LUGHAWIYYAH AL-’ARABIYYAH WA TATHAWWURUHA. ALQALAM. https://doi.org/10.32678/alqalam.v19i95.464

Ma'lūf, Luis. al-Munjid Fī al-Lughah wa al-'Alām. Beirut: Dar al-Masyriq. 1984

Rohani, Ahmad. Media Instruksional Edukatif. Jakarta: Asdi Mahasatya. 1995.

Rusman. Manajemen Kurikulum. Bandung: RajaGrafindo Persada. 2008.

Sadiman, Arief. S., dkk. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali. 1990.

Sanjaya, Wina. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 2008.

Sujana, Nana dan Rivai Ahmad. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru. 1989.

Taufiqurrochman. "al-Ma'ājim al-'Arabiyyah al-Iliktruniyyah wa Istikhdāmuhā Fi Indūnīsiā". UIN Maulana Malik Ibrahim Malik: Abjadia. International Jurnal of Education. Vol. 1 No. 2. Jul-Des 2016.

Umar, Ahmad Mukhtar. al-Bahtsu al-Lughawi 'inda al-'Arab, Kairo: Dar an-Nahdhah. 1967.

Wahida, Besse. "Kamus Bahasa Arab Sebagai Sumber Belajar (Kajian Terhadap Penggunaan Kamus Cetak dan Kamus Digital)". At-Turats: Jurnal Pemikiran Pendidikan Islam. IAIN Pontianak. Vol. 11 No. 1 2017.

Yaqub, Emil. al-Ma'ājim al-Lughawiyyah al-'Arabiyyah Badātuhā wa Tathowwuruhā. Cet. 1. Beirut. Dãr al-'ilmi Li al-Malãyĩn. 1981.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v4i2.8220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.