TA’LĪM MAHĀRAH AL-KALĀM KHĀRIJ AL-FASL ‘ALA DLAUI AL-MADKHAL AL-ITTHISHĀLĪ


Nurul Hana Mustofa(1*), Arwan Rifa'i(2), Imam Muttaqin(3)

(1) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
(2) Intitut Aagama Islam Negeri, Kediri, Indonesia
(3) Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo., Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab dapat dilakukan di luar kelas dengan pendekatan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab di luar kelas berdasarkan perspektif pendekatan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data lalu dianalisa menggunakan metode analisa Miles dan Hubberman. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa; pembelajaran kemampuan bahasa Arab di luar kelas berdasarkan perspektif pendekatan komunikatif dilakukan dengan memperhatikan tujuan, materi, strategi, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab komunikatif. Tujuan pembelajaran komunikatif adalah latihan penggunaan bahasa Arab dalam komunikasi. Sedangkan materinya adalah materi yang dikembangkan dari buku ajar pemerintah, dan penggunaan hal-hal yang nyata. Stragei yang digunakan adalah kegiatan komunikatif antar siswa. Adapun evaluasi yang digunakan terdiri dari tes lisan dan tes tulis.


Full Text:

PDF

References


Ainin, M. (2017). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Pustaka.

Asy’ari, H. (2018). Al Madhkol Al Ithtisholi Fi Ta’li Mi Al Lughoh Al Arabiyah. Jurnal Lisanuna, 8(2).

Effendi, F. (2004). Metodologi Pendidikan Bahasa Arab. Malang: Misykat.

Fauzia, M., Slamet, A. N., & Gunawan, H. (2019). PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BERBURU TARKIB TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI TARKIB. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i1.7444

Hasyim, M. (2019). Ta’wīr Madāt Mahārat Al-Kalām ‘Ala Asās Al Tsaqāfah Al Mahalliyah Al Islāmiyah. ISLAMIKA, 1(1), 78–96. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i1.173.

Hasyim, S., & Marzun R, D. (2018). Ta’lim Al Muhadatsah Li Tarqiyati Qudrot Al Tholabah ‘Ala Al Takallum Bi Al Lughoh Al ‘Arabiyah Bi Ma’had Bab Al Najah Al ‘Asry Banda Aceh. Jurnal Lisanuna, 8(2).

Hermawan, A. (2018a). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Hermawan, A. (2018b). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Hidayat, N. S. (2017). Maharat Al Kalam Wa Ijraat Ta’limiha. Jurnal Al Manar, 8 (2).

Hilyani, E. (2016). Penggunaan Media Wayang dalam Pembelajaran Hiwar Bahasa Arab. KALAMUNA, 1(1), 34–45.

Izzan, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: HUMANIORA.

Jubaidah, S. (2014). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Maharatul Kalam Dengan Media Komik Di Madrasah Aliyah Nasruddin Dampit. Review Pendidikan Islam, 1, 247. Retrieved from http://www.jrpi.mdcjatim.org/index.php/jrpi/article/view/20.

Laksana, D. N. L., Bakti, N. M. D., & Upayogi, I. N. T. (2020). Pendampingan Pembelajaran Tematik Di Luar Kelas Berbasis Minat Bakat Di SDI Rutosoro. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1 (1).

Munawar, E., & Syarifudin, M. (2018). Usluub al Tadrib al Mutawasil fi Ta’limi al Hiwar wa Atsaruhu fi Tarqiyati Maharati al Kalam. ALSUNA, 1(2), 96–102.

Muradi, A. (2015). Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dalam Perspektif Komunikatif. Jakarta: Kencana Pustaka.

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Musthafa, S., & Saif, M. H. (2017). Tathwīru Mādati al Muhādatsah ’ala Asāsi al Madkhal al ’Ilmi. Al ’Arabi, 1(1). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/download/837/501.

Natsir, M. (2014). Kurikulum Visioner Bahasa Arab (Maharoh Kalam) UNISNU Jepara. Jurnal Tarbawi, II (2), 70–96.

Nawawi, M. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab (Kajian Epistimologi). An-Nâbighoh, 19 (1), 85–106.

Rofika, P. I. (2019). Ansyithotu Al Khitobah Al Arabiyyah Li Ta’limi Maharat Al Kalam. Jurnal Asalibuna, 3 (1).

Saepurrohman, A., & Nurhayati, S. L. (2019). ISTIKHDĀM USLŪB AL GHINĀ FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH LI TARQIYATI QUDRAH AL TALĀMĪDZ ‘ALĀ ALHIWĀR AL ‘ARABĪ. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 175–193. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7715.

Sari, A. P. B. (2018). Istikhdam Al Madkohl Al Itthisholi ‘Ala Asasi Al Tafahum Al Staqofi Li Tarqiyati Maharat Al Kalam. Jurnal Lughowiyyat, 1(1).

Sholihah, S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT. Tarling : Journal of Language Education. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sya’bani, M. Z. (2016). Tathwiru Mawad Ta’lim Al Lughoh Al Arabiyah Fi Dhoui Al Madkhol Al Ithisholy Bi Al Madrasah Al Rahmah. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Taqwan, B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524.

Thu’aimah, R. A. (2010). Al Mahārat Al Lughowiyah Mustawayātuhā Tadrīsuhā Shu’ubātuhā. Kairo: Dar Al Fikr.

Tsabirin, M. (2017). Tathbiq Al Thariqah Al Mubasyaroh Fi Ta’lil Al Hiwar Bi Al Madrasah Al Tsanawiyah Al Hukumiyah Al Tsani Sigli. Jurnal Lisanuna, 7(1).

Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519.

Yani, M. A. (2017). Al Madhkol Al Ittisholi Fi Ta’lim Al Lughoh Al Arabiyah Li Ghoiri An Nathiqina Biha. Jurnal Lisanuna, 7(2).




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.