TA’LĪM MAHĀRAH AL-KALĀM KHĀRIJ AL-FASL ‘ALA DLAUI AL-MADKHAL AL-ITTHISHĀLĪ
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8228Abstract
Pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab dapat dilakukan di luar kelas dengan pendekatan komunikatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pembelajaran kemampuan berbicara bahasa Arab di luar kelas berdasarkan perspektif pendekatan komunikatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data lalu dianalisa menggunakan metode analisa Miles dan Hubberman. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa; pembelajaran kemampuan bahasa Arab di luar kelas berdasarkan perspektif pendekatan komunikatif dilakukan dengan memperhatikan tujuan, materi, strategi, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab komunikatif. Tujuan pembelajaran komunikatif adalah latihan penggunaan bahasa Arab dalam komunikasi. Sedangkan materinya adalah materi yang dikembangkan dari buku ajar pemerintah, dan penggunaan hal-hal yang nyata. Stragei yang digunakan adalah kegiatan komunikatif antar siswa. Adapun evaluasi yang digunakan terdiri dari tes lisan dan tes tulis.
References
Ainin, M. (2017). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Pustaka.
Asy’ari, H. (2018). Al Madhkol Al Ithtisholi Fi Ta’li Mi Al Lughoh Al Arabiyah. Jurnal Lisanuna, 8(2).
Effendi, F. (2004). Metodologi Pendidikan Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Fauzia, M., Slamet, A. N., & Gunawan, H. (2019). PENGGUNAAN TEKNIK PERMAINAN BERBURU TARKIB TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MATERI TARKIB. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i1.7444
Hasyim, M. (2019). Ta’wÄ«r MadÄt MahÄrat Al-KalÄm ‘Ala AsÄs Al TsaqÄfah Al Mahalliyah Al IslÄmiyah. ISLAMIKA, 1(1), 78–96. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i1.173.
Hasyim, S., & Marzun R, D. (2018). Ta’lim Al Muhadatsah Li Tarqiyati Qudrot Al Tholabah ‘Ala Al Takallum Bi Al Lughoh Al ‘Arabiyah Bi Ma’had Bab Al Najah Al ‘Asry Banda Aceh. Jurnal Lisanuna, 8(2).
Hermawan, A. (2018a). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Hermawan, A. (2018b). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Hidayat, N. S. (2017). Maharat Al Kalam Wa Ijraat Ta’limiha. Jurnal Al Manar, 8 (2).
Hilyani, E. (2016). Penggunaan Media Wayang dalam Pembelajaran Hiwar Bahasa Arab. KALAMUNA, 1(1), 34–45.
Izzan, A. (2012). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: HUMANIORA.
Jubaidah, S. (2014). Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab Maharatul Kalam Dengan Media Komik Di Madrasah Aliyah Nasruddin Dampit. Review Pendidikan Islam, 1, 247. Retrieved from http://www.jrpi.mdcjatim.org/index.php/jrpi/article/view/20.
Laksana, D. N. L., Bakti, N. M. D., & Upayogi, I. N. T. (2020). Pendampingan Pembelajaran Tematik Di Luar Kelas Berbasis Minat Bakat Di SDI Rutosoro. Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 1 (1).
Munawar, E., & Syarifudin, M. (2018). Usluub al Tadrib al Mutawasil fi Ta’limi al Hiwar wa Atsaruhu fi Tarqiyati Maharati al Kalam. ALSUNA, 1(2), 96–102.
Muradi, A. (2015). Pembelajaran Menulis Bahasa Arab dalam Perspektif Komunikatif. Jakarta: Kencana Pustaka.
Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Musthafa, S., & Saif, M. H. (2017). TathwÄ«ru MÄdati al MuhÄdatsah ’ala AsÄsi al Madkhal al ’Ilmi. Al ’Arabi, 1(1). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/alarabi/article/download/837/501.
Natsir, M. (2014). Kurikulum Visioner Bahasa Arab (Maharoh Kalam) UNISNU Jepara. Jurnal Tarbawi, II (2), 70–96.
Nawawi, M. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab (Kajian Epistimologi). An-Nâbighoh, 19 (1), 85–106.
Rofika, P. I. (2019). Ansyithotu Al Khitobah Al Arabiyyah Li Ta’limi Maharat Al Kalam. Jurnal Asalibuna, 3 (1).
Saepurrohman, A., & Nurhayati, S. L. (2019). ISTIKHDĀM USLŪB AL GHINĀ FĪ TA’LĪM AL MUFRADĀT AL ‘ARABIYYAH LI TARQIYATI QUDRAH AL TALĀMĪDZ ‘ALĀ ALHIWĀR AL ‘ARABĪ. Ta’lim Al-’Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban, 3(2), 175–193. https://doi.org/10.15575/jpba.v3i2.7715.
Sari, A. P. B. (2018). Istikhdam Al Madkohl Al Itthisholi ‘Ala Asasi Al Tafahum Al Staqofi Li Tarqiyati Maharat Al Kalam. Jurnal Lughowiyyat, 1(1).
Sholihah, S. (2018). PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT. Tarling : Journal of Language Education. https://doi.org/10.24090/tarling.v1i1.1122.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sya’bani, M. Z. (2016). Tathwiru Mawad Ta’lim Al Lughoh Al Arabiyah Fi Dhoui Al Madkhol Al Ithisholy Bi Al Madrasah Al Rahmah. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Taqwan, B. (2019). Pengaruh Pembelajaran Luar Kelas (Outdoor Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Seluma. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 10–18. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7524.
Thu’aimah, R. A. (2010). Al MahÄrat Al Lughowiyah MustawayÄtuhÄ TadrÄ«suhÄ Shu’ubÄtuhÄ. Kairo: Dar Al Fikr.
Tsabirin, M. (2017). Tathbiq Al Thariqah Al Mubasyaroh Fi Ta’lil Al Hiwar Bi Al Madrasah Al Tsanawiyah Al Hukumiyah Al Tsani Sigli. Jurnal Lisanuna, 7(1).
Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519.
Yani, M. A. (2017). Al Madhkol Al Ittisholi Fi Ta’lim Al Lughoh Al Arabiyah Li Ghoiri An Nathiqina Biha. Jurnal Lisanuna, 7(2).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim