ISTIKHDĀM NAMŪDZAJ AL-TA’LĪM ‘ALĀ ASĀS HILLI AL-MUSYKILĀT FĪ TA’LĪM AL-NAHW AL-‘ARABĪ LI TARQIYAH NATĪJAH TA’LĪM AL-THALABAH FĪHI
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8423Abstract
Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran nahwu  yaitu rendahnya hasil belajar santri kelas ibtidai Pondok Pesantren Majma’ul Anhar. Maka dari itu, seorang guru hendaknya memilih model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar santri sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL), serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar santri. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-Eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik seperti wawancara, observasi, tes, dan studi kepustakaan. Penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran nahw terbukti meningkatkan hasil belajar santri, sebagaimana ditunjukan oleh nilai n-gain dengan hasil 0,34 yang berada pada taraf sedang.
References
Ainin, Moch. (2017). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Pustaka.
Ainin, Moh. (2017). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MATAKULIAH METODOLOGI PENELITIAN BAHASA ARAB. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 45(2), 197–207. https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p197
Aliyah, A. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya. https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.966
Anggara, S. A. (2018). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA. Arabi : Journal of Arabic Studies. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i2.57
Ardiansyah, Ade Arip., Abdul Aziz, Aji. (2019). TaisÄ«r An-Naḥwi al Ta’lÄ«mÄ« lÄ« GarḠQirÄati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-MasykÅ«lah. Jurnal Lisanudhad. Vol. 6, No. 2, 86-110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478
Fatoni, A. S. (2019). STUDI PEMIKIRAN ABU ALI AL-FARISI TENTANG GRAMMATIKA ARAB (REPRESENTASI TOKOH NAHWU MADRASAH BAGHDAD). TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v19i1.3402
Hairuddin. (2019). Akar Historis Lahirnya Ilmu Nahwu. Al MahÄra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-02
Hermawan, A. (2018a). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (4th ed.). Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Hermawan, A. (2018b). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Hidayat, Y. (2018). Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharat, 1(1), 28. https://doi.org/10.18196/mht.113
Humaidi. (2019). ‘Adadul MusykilÄt wa DzuhÅ«ruhÄ wa HulÅ«luhÄ FÄ« Ta’lÄ«m al-Lughah al-‘Arabiyyah: DirÄsah MaydÄniyyah Bi JÄmi’ah al-IslÄmiyyah SyaikunÄ Muhammad KhalÄ«l Bangkalan. ALSUNA, 2(2).
Indraswari, R. (2014). PENERAPAN PADUAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/la.v3i1.4135
Kadir, A. (2015). MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR. Jurnal Al-Ta’dib. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411
Luthfiana, N., Elmubarok, Z., & Zulaikha, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs Di Kabupaten Rembang. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/la.v8i1.32536
M. Taufiq, A. (2010). Amir, M. Taufiq, 2010, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mukmin, M., & Ghofur, A. (2018). TAHLÎL AL-AKHTÂ’ AL-NAHWIYYAH FÎ QIRÂAH KUTUB AL-TUROTS ‘INDA AL-TALÂMÎDZ BI MA’HAD AL-FALAH AL-SALAFI BANYUASIN. Taqdir. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i1.2282
Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Nandang, A., & Kosim, A. (2018). Pengantar Linguistik Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nasution, S. (2016). ITHQAN MAHARAT AL-LUGHAH AL-’ARABIYAH MIN KHILAL TADRIS AL-NAHW. Arabi : Journal of Arabic Studies. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.5
Nur, T. (2017). Semantik Bahasa Arab Pengantar Studi Ilmu Makna. Bandung: SEMIOTIKA.
Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124
Rini, R. (2019). Ushul al-Nahwi al-Arabi : Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.773
Sa’adah, N. (2019). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU BAGI TINGKAT PEMULA MENGGUNAKAN ARAB PEGON. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosakarya.
Thu’aimah, R. A. (2010). Al MahÄrat Al Lughowiyah MustawayÄtuhÄ TadrÄ«suhÄ Shu’ubÄtuhÄ. Kairo: Dar Al Fikr.
Tu’aimah, A. R. (1989). Ta’lim al’Arabiyyah li Ghairi al NÄtiqÄ«na BihÄ ManÄhijuhÄ wa AsÄÄ«buhÄ. Mesir: Al Mundhamah Al Islamiyyah al Tarbawiyyah wa al Uluum wa al Tsaqaafah.
Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519
Wahyudin, D. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wekke, I. S. (2014). Tradisi Pesantren Dalam Kontruksi Kurikulum Bahasa Arab DI Lembaga Pendidikan Minoritas Muslim Papua barat. Karsa, 22(1), 21–39.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim