ISTIKHDĀM NAMŪDZAJ AL-TA’LĪM ‘ALĀ ASĀS HILLI AL-MUSYKILĀT FĪ TA’LĪM AL-NAHW AL-‘ARABĪ LI TARQIYAH NATĪJAH TA’LĪM AL-THALABAH FĪHI


Siti Sanah(1*), Dede Ahmad Ghazali(2), Ahmad Hafair(3)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Pondok Pesantren Majma’ul Anhar Bogor, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertolak dari permasalahan pembelajaran nahwu  yaitu rendahnya hasil belajar santri kelas ibtidai Pondok Pesantren Majma’ul Anhar. Maka dari itu, seorang guru hendaknya memilih model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar santri sebelum dan sesudah menggunakan model Problem Based Learning (PBL), serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar santri. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi-Eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik seperti wawancara, observasi, tes, dan studi kepustakaan. Penggunaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran nahw terbukti meningkatkan hasil belajar santri, sebagaimana ditunjukan oleh nilai n-gain dengan hasil 0,34 yang berada pada taraf sedang.


Full Text:

PDF

References


Ainin, Moch. (2017). Metodologi Penelitian Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Pustaka.

Ainin, Moh. (2017). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN MATAKULIAH METODOLOGI PENELITIAN BAHASA ARAB. Bahasa Dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni Dan Pengajarannya, 45(2), 197–207. https://doi.org/10.17977/um015v45i22017p197

Aliyah, A. (2018). Pesantren Tradisional Sebagai Basis Pembelajaran Nahwu Dan Sharaf Dengan Menggunakan Kitab Kuning. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya. https://doi.org/10.23971/altarib.v6i1.966

Anggara, S. A. (2018). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA. Arabi : Journal of Arabic Studies. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i2.57

Ardiansyah, Ade Arip., Abdul Aziz, Aji. (2019). Taisīr An-Naḥwi al Ta’līmī lī Garḍ Qirāati An-Nuṣūṣ Al-‘Arabiyyah Gair al-Masykūlah. Jurnal Lisanudhad. Vol. 6, No. 2, 86-110. https://doi.org/10.21111/lisanudhad.v6i2.3478

Fatoni, A. S. (2019). STUDI PEMIKIRAN ABU ALI AL-FARISI TENTANG GRAMMATIKA ARAB (REPRESENTASI TOKOH NAHWU MADRASAH BAGHDAD). TAMADDUN: Jurnal Kebudayaan Dan Sastra Islam. https://doi.org/10.19109/tamaddun.v19i1.3402

Hairuddin. (2019). Akar Historis Lahirnya Ilmu Nahwu. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-02

Hermawan, A. (2018a). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (4th ed.). Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Hermawan, A. (2018b). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Arab Dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Hidayat, Y. (2018). Teori Perolehan Dan Perkembangan Bahasa Untuk Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Maharat, 1(1), 28. https://doi.org/10.18196/mht.113

Humaidi. (2019). ‘Adadul Musykilāt wa Dzuhūruhā wa Hulūluhā Fī Ta’līm al-Lughah al-‘Arabiyyah: Dirāsah Maydāniyyah Bi Jāmi’ah al-Islāmiyyah Syaikunā Muhammad Khalīl Bangkalan. ALSUNA, 2(2).

Indraswari, R. (2014). PENERAPAN PADUAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TYPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 3(1), 24–30. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/la.v3i1.4135

Kadir, A. (2015). MENYUSUN DAN MENGANALISIS TES HASIL BELAJAR. Jurnal Al-Ta’dib. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31332/atdb.v8i2.411

Luthfiana, N., Elmubarok, Z., & Zulaikha, Z. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VIII MTs Di Kabupaten Rembang. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/la.v8i1.32536

M. Taufiq, A. (2010). Amir, M. Taufiq, 2010, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pembelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mukmin, M., & Ghofur, A. (2018). TAHLÎL AL-AKHTÂ’ AL-NAHWIYYAH FÎ QIRÂAH KUTUB AL-TUROTS ‘INDA AL-TALÂMÎDZ BI MA’HAD AL-FALAH AL-SALAFI BANYUASIN. Taqdir. https://doi.org/10.19109/taqdir.v4i1.2282

Musthafa, I., & Hermawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Metode, Teknik). Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540

Nandang, A., & Kosim, A. (2018). Pengantar Linguistik Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nasution, S. (2016). ITHQAN MAHARAT AL-LUGHAH AL-’ARABIYAH MIN KHILAL TADRIS AL-NAHW. Arabi : Journal of Arabic Studies. https://doi.org/10.24865/ajas.v1i2.5

Nur, T. (2017). Semantik Bahasa Arab Pengantar Studi Ilmu Makna. Bandung: SEMIOTIKA.

Ridho, U. (2018). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab. https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1124

Rini, R. (2019). Ushul al-Nahwi al-Arabi : Kajian Tentang Landasan Ilmu Nahwu. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab. https://doi.org/10.29240/jba.v3i1.773

Sa’adah, N. (2019). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN NAHWU BAGI TINGKAT PEMULA MENGGUNAKAN ARAB PEGON. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. https://doi.org/10.32699/liar.v3i01.995

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syah, M. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Thu’aimah, R. A. (2010). Al Mahārat Al Lughowiyah Mustawayātuhā Tadrīsuhā Shu’ubātuhā. Kairo: Dar Al Fikr.

Tu’aimah, A. R. (1989). Ta’lim al’Arabiyyah li Ghairi al Nātiqīna Bihā Manāhijuhā wa Asāībuhā. Mesir: Al Mundhamah Al Islamiyyah al Tarbawiyyah wa al Uluum wa al Tsaqaafah.

Wahab, M. A. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Posmodern. ARABIYAT : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban. https://doi.org/10.15408/a.v2i1.1519

Wahyudin, D. (2020). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Teori Unit dan Parsial. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wekke, I. S. (2014). Tradisi Pesantren Dalam Kontruksi Kurikulum Bahasa Arab DI Lembaga Pendidikan Minoritas Muslim Papua barat. Karsa, 22(1), 21–39.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v4i1.8423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Email : jta.pba@uinsgd.ac.id

Ta’lim al-‘Arabiyyah: jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Print ISSN Print: 2549-208X, ISSN Online: 2721-5237

 Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License