BENTUK DAN JABATAN DALAM STRUKTUR KALIMAT BAHASA ARAB DAN BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpba.v2i1.9544Abstract
Bentuk dan jabatan dalam struktur kalimat suatu bahasa merupakan hal yang sangat prinsipil. Karena keduanya berimplikasi terhadap makna kalimat dalam bahasa itu sendiri.Tanpa ada kedunya, bunyi-bunyi yang keluar dari mulut manusia tidak akan menjadi bahasa yang dapat dijadikan sebagai alat komunikasi. Bentuk dan jabatan dalam struktur kalimat suatu bahasa merupakan representasi dari sistem yang dimilikinya. Memang bentuk atau satuan gramatik dan jabatan atau fungsi sintaksis diketahui setelahnya mewujud dalam sebuah bahasa. Tetapi setelahnya diketahui dan telah menjadi kesepakatan sesama pengguna bahasa secara alami, bentuk gramatik dan fungsi sintaksis itu menjadi sebuah sistem yang harus ditaati oleh pengguna bahasa yang bersangkutan. Dan ketika sistem itu tidak ditaati, maka terjadilah kesalahan dalam berbahasa yang dalam tingkat kesalahan tertentu akan menyebabkan hilangnya fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Oleh karena itu penggunaan istilah bentuk dan jabatan dalam struktur kalimat bahasa Indonesia sebagaibahasa pengantar untuk bahasa Arab sebagai bahasa asing dalam proses pembelajarannya harus dilakukan dengan benar dan tepat agar tidak mengganggu pemahaman pembelajar pada bahasa Arab yang dipelajarinya, baik pada masa sekarang maupun di kemudian hari.
References
A. Chaedar Alwasilah. 1993. Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.
Abdul Chaer. 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Acep Hermawan. 2013. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ahmad Muhammad Qadur. 1996. Mabadi al-Lisaniyat. Damaskus: Dar al-Fikr.
Ahmad Tsalabi. 1980. Qawaid al-Lughah al-Arabiyah wa Tatbiq ‘Alaiha. Kaira: Maktabah Nahdhah al-Misriyah.
Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indoneisia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fuad Ni’mah. tt. Mulakhas Fi Qawaid al-Lughah Al-Arabiyah. Surabaya: Al-Hidayah.
Harimurti Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hendry Guntur Tarigan. 1985. Pengajaran Morfologi. Bandung: Angkasa.
___________. 1983. Prinsip-prinsip dasar Sintaksis. Bandung: Angkasa.
___________. 1984. Analisis Sintaksis. Bandung: Angkasa.
Ibnu Malik. tt. Alfiyah Ibn Malik. Surabaya: Dar al-Nasr.
Ibrahim al-Hasimi. 2003. Al-Qawaid al-Asasiyah li al-Lughah al-Arabiyah. Bairut: al-Maktabah al-Asyriyah.
Ida Bagus Putrayasa. 2010. Analisis Kalimat, Fungsi, Kategori dan Peran. Bandung: Refika Aditama.
Ilyas Rifa’i. 2012. Pokok-pokok Ilmu Sharaf. Bandung: Fajar Media.
J.W.M. Verhar. 1999. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Jenal Bustomi. 2007. Nahwu Kontemporer. Bandung: Wahana Karya Grafika.
___________. 2013. Al-bayan Fi Ilmi an-Nahwi. Bandung: FTK UIN Bandung.
Jujun S. Suriasumantri. 1996. Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Kusno Budi Santoso. 1990. Problematika Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Lexy J. Moleong. (2004). Metodologo Penelitian Kualitatif, Bandung: Rosdakarya.
___________. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.
M. Ramlan. 2009. Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: S.V. Karyono.
Muhammad Ali al-Khuli. 1982. Asalibu Tadris al-Lughah al-Arabiyah.
Riyad. Jos Daniel Parera. 1991. Kajian Linguistik Umum, Historis Komparatif dan Tipologi Struktural. Jakarta: Erlangga.
Muhammad Surya. 1997. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: PPB IKIP Bandung.
Sedarmayanti. 2002. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju.
Siti Anijat Maimunah. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Malang: UIN Maliki Malang Press.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta.
Syakir Abdul Azhim. 2002. Membimbing Anak Terampil Berbahasa. Jakarta: Gema Insani Press.
Tampubolon. 1987. Kemampuan Membaca, Teknik Membaca, Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.
W. Poesporodjo dan T. Gilarso. 1999. Logika Ilmu Menalar. Bandung: Pustaka Grafika.
Yasniwarti dkk. 2013. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Kelas Rendah. Bandung: Cimz Grapihics.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim