أثر استخدام وسيلة Ùيديو التعليم الخاصّ ÙÙŠ نتيجة التلاميذ الدّراسية ÙÙŠ تعليم الخطّ العربي
DOI:
https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9555Abstract
Berdasarkan fenomena yang terjadi, para siswa yang mengikuti program ekstrakulikuler kaligrafi di MTs Yaspika Kuningan mengalami banyak kesulitan pada bidang kaligrafi. Oleh karena itu, guru membutuhkan banyak upaya yang mampu mempengaruhi pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran kaligrafi, salah satunya menggunakan media video tutorial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran kaligrafi sebelum dan sesudah menggunakan media video tutorial, serta mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen model pree test dan post test design. Hasil dari penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran kaligrafi sebelum menggunakan media video tutorial menunjukkan pada kategori nilai 66,34. Hasil belajar mereka setelah menggunakan media video tutorial menunjukkan pada kategori nilai 75,9. Serta penggunaan media video tutorial memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada program ekstrakulikuler kaligrafi karena nilai t hitung 16,37.
References
أوريل بØر الدين. 2011. مهارات التدريس Ù†ØÙˆ إعداد مدرس اللغة العربية الكÙØ¡. مالانق: مطبعة جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الØكومية مبالانق.
عبد الرØمن بن إبراهيم الÙوزان. 2011. إضاءات لمعلمى اللغة العربية لغير الناطقين بها. المملكة العربية السعودية.
عبد العليم إبراهيم. 1963. الموجه الÙني لمدرسي اللغة العربية. مصر: دار المعارÙ.
Ù…Øمد علي الخولي. 1982. أساليب تدريس اللغة العربية. المملكة العربية السعودية.
ناي٠معروÙ.1985. خصائص العربية وطرائق تدريسها. بيروت: دار النÙائس.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamzah B Uno, Satria Koni. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hermawan, Acep.2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Izzan, Ahmad. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Rahayu, Yayu Nurhayati. 2015. Statistka Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Bandung (tidak diterbitkan).
Rusman.2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Panjimas.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syaharuddin. 2000. Teknik Pengolahan Kaligrafi Dekorasi. Jakarta: Kalimah.
Syaiful Bahri Djamarah, Azwan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish in Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Talim