أثر استخدام وسيلة فيديو التعليم الخاصّ في نتيجة التلاميذ الدّراسية في تعليم الخطّ العربي


Janah Miftahul(1*)

(1) MA Ibnu Rusyd, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Berdasarkan fenomena yang terjadi, para siswa yang mengikuti program ekstrakulikuler kaligrafi di MTs Yaspika Kuningan mengalami banyak kesulitan pada bidang kaligrafi. Oleh karena itu, guru membutuhkan banyak upaya yang mampu mempengaruhi pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran kaligrafi, salah satunya menggunakan media video tutorial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran kaligrafi sebelum dan sesudah menggunakan media video tutorial, serta mengetahui pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen model pree test dan post test design. Hasil dari penelitian adalah bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran kaligrafi sebelum menggunakan media video tutorial menunjukkan pada kategori nilai 66,34. Hasil belajar mereka setelah menggunakan media video tutorial menunjukkan pada kategori nilai 75,9. Serta penggunaan media video tutorial memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada program ekstrakulikuler kaligrafi karena nilai t hitung 16,37.


Full Text:

PDF

References


أوريل بحر الدين. 2011. مهارات التدريس نحو إعداد مدرس اللغة العربية الكفء. مالانق: مطبعة جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مبالانق.

عبد الرحمن بن إبراهيم الفوزان. 2011. إضاءات لمعلمى اللغة العربية لغير الناطقين بها. المملكة العربية السعودية.

عبد العليم إبراهيم. 1963. الموجه الفني لمدرسي اللغة العربية. مصر: دار المعارف.

محمد علي الخولي. 1982. أساليب تدريس اللغة العربية. المملكة العربية السعودية.

نايف معروف.1985. خصائص العربية وطرائق تدريسها. بيروت: دار النفائس.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamzah B Uno, Satria Koni. 2013. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermawan, Acep.2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Izzan, Ahmad. 2011. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Rahayu, Yayu Nurhayati. 2015. Statistka Pendidikan Teori Dan Aplikasi. Bandung (tidak diterbitkan).

Rusman.2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Panjimas.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaharuddin. 2000. Teknik Pengolahan Kaligrafi Dekorasi. Jakarta: Kalimah.

Syaiful Bahri Djamarah, Azwan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.15575/jpba.v2i2.9555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EDITORIAL OFFICE

Kantor Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Email : jta.pba@uinsgd.ac.id

Ta’lim al-‘Arabiyyah: jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Print ISSN Print: 2549-208X, ISSN Online: 2721-5237

 Web Analytics Made Easy - Statcounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License