AL-QUR’AN DAN PEMBINAAN KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Heri Khoiruddin Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilman Mangkuwibawa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.11537

Abstract

Memahami pembinaan karakter pada siswa Madrasah Ibtidaiyah dapat ditelusuri diantaranya dari pembelajaran al-Qur’an yang diajarkan di madrasah. Surat dan ayat-ayat yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah adalah pondasi dan warna karakter yang ditanamkan oleh para guru pada siswa mereka. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui surat dan ayat-ayat apa saja yang diajarkan dan bagaimana nilai-nilai pada surat-surat tersebut ditanamkan pada siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode library research (studi kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk analisis konten (content analysis) terhadap surat dan ayat-ayat al-Qur’an yang kemudian dianalisis untuk mengetahui isi dan kandungannya. Analisis pada surat dan ayat-ayat ini memberi simpulan bahwa pilar karakter pertama yang ditanamkan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah adalah keimanan dan ketauhidan. Untuk menyampaikan nilai-nilai keimanan dan ketauhidan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah, surat yang dipilih berjumlah 22 surat, yaitu surat al-Fatihah dan 21 surat-surat pendek pada juz 30, yang isi dan kandungannya lengkap mulai dari prinsip ketauhidan, contoh perilaku tauhid dan perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai ketauhidan, pahala karena bertauhid dan siksa karena mengabaikan keimanan dan ketauhidan dalam kehidupan.

References

Abdul Karim, Hamdi. Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, Vol 2, Edisi 2, Juli 2016, h. 45-56.

Afandi, Muhammad. Character Education Investment in SD/MI. Elementary, Vol 2, Edisi 2, Juli 2016, h. 14-25.

Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kerajaan Saudi Arabia: Mujamma’ al-Malik Fahd li Thiba’at al-Mushhaf, tt.

Al-Wahidi, Abu Hasan ‘Ali ibn Ahmad. Asbab Nuzul al-Qur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2004.

Amirulloh. Keluarga Berbasis Karakter, Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Bandung: Fajar Media, 2015.

Hasanah, Aan. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika, 2012.

Latip, Asep Ediana. Pembelajaran Berbasis Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. MP, Vol XXVIII No.1, 2013, h. 40-58.

Permendikbud no 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Volume 1. Jakarta: Lentera Hati, 2010.

Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Volume 15. Jakarta: Lentera Hati, 2008.

Downloads

Published

2021-04-03