AL-QUR’AN DAN PEMBINAAN KARAKTER SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.11537Abstract
Memahami pembinaan karakter pada siswa Madrasah Ibtidaiyah dapat ditelusuri diantaranya dari pembelajaran al-Qur’an yang diajarkan di madrasah. Surat dan ayat-ayat yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah adalah pondasi dan warna karakter yang ditanamkan oleh para guru pada siswa mereka. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui surat dan ayat-ayat apa saja yang diajarkan dan bagaimana nilai-nilai pada surat-surat tersebut ditanamkan pada siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode library research (studi kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif dalam bentuk analisis konten (content analysis) terhadap surat dan ayat-ayat al-Qur’an yang kemudian dianalisis untuk mengetahui isi dan kandungannya. Analisis pada surat dan ayat-ayat ini memberi simpulan bahwa pilar karakter pertama yang ditanamkan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah adalah keimanan dan ketauhidan. Untuk menyampaikan nilai-nilai keimanan dan ketauhidan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah, surat yang dipilih berjumlah 22 surat, yaitu surat al-Fatihah dan 21 surat-surat pendek pada juz 30, yang isi dan kandungannya lengkap mulai dari prinsip ketauhidan, contoh perilaku tauhid dan perilaku yang menyimpang dari nilai-nilai ketauhidan, pahala karena bertauhid dan siksa karena mengabaikan keimanan dan ketauhidan dalam kehidupan.
References
Abdul Karim, Hamdi. Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Elementary, Vol 2, Edisi 2, Juli 2016, h. 45-56.
Afandi, Muhammad. Character Education Investment in SD/MI. Elementary, Vol 2, Edisi 2, Juli 2016, h. 14-25.
Al-Qur’an dan Terjemahnya. Kerajaan Saudi Arabia: Mujamma’ al-Malik Fahd li Thiba’at al-Mushhaf, tt.
Al-Wahidi, Abu Hasan ‘Ali ibn Ahmad. Asbab Nuzul al-Qur’an. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 2004.
Amirulloh. Keluarga Berbasis Karakter, Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga. Bandung: Fajar Media, 2015.
Hasanah, Aan. Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika, 2012.
Latip, Asep Ediana. Pembelajaran Berbasis Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. MP, Vol XXVIII No.1, 2013, h. 40-58.
Permendikbud no 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Volume 1. Jakarta: Lentera Hati, 2010.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Mishbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Volume 15. Jakarta: Lentera Hati, 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)