Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar


Heldie Bramantha(1*), Dodik Eko Yulianto(2)

(1) , Indonesia
(2) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo dan Sampel pada penelitian ini berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur masing-masing variabel kondisi ekonomi orang tua dan motivasi belajar.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kondisi ekonomi orang tua tinggi sebesar 40,9% dengan responden 9 siswa, sedang sebesar 50% dengan responden 11 siswa, dan rendah sebesar 9,1% dengan responden 2 siswa. Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 59,7 % dengan t = 5,447 dan nilai signifikansi 0,000, sedangkan sumbangan sebesar 40,3% dipengaruhi variabel lain di luar penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap motivasi belajar siswa SD Negeri 3 Mangaran Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo.

 

Kata Kunci: Keadaan Ekonomi Orang Tua; Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Chotimah, L.N, Ani. H.M, & Widodo, J. (2017). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial. Volume 11 Nomor 1. Halaman 75. Diakses dari https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/ view/5004.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Suryani, Nanik. (2006). Pengaruh Kondisi Sosial dan Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Jurnal Dinamika Pendidikan, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi UNNES. Volume 1 Nomor 2. Halaman 191. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id /nju/index.php/DP/article/view/476/433v

Susanti.E danWahyudin.A. 2017. Pengaruh Kemampuan Ekonomi Orang Tua TerhadapHasil Belajar Melalui Fasilitas Belajar Di Rumah Dan MotivasiBelajarSebagai Intervening. Journal.Vol 6 No 2 (2017): Economic Education Analysis Journal




DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.5851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher:
Department of Primary Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Sunan Gunung Djati Bandung-Indonesia

Email:
al.aulad@uinsgd.ac.id

Editorial Address:
Jurusan PGMI Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294. 


Creative Commons License
Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education Licensed by Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseCopyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

View My Stats