PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KREATIVITAS MENGGAMBAR PETA SISWA MI

Risma Dwi Arisona

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran yang berhubungan dengan kreativitas menggambar peta pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Hal ini tak terkalahkan dengan keunggulan dari model pembelajaran make a match . Salah satu keunggulan tersebut adalah dapat meningkatkan kreativitas dalam menggambar peta. Penelitian yang dilakukan menggunakan rancangan penelitian ekperimen kuasi ( Quasi Experimenal desig n). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Februari Tahun 2020 di MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Populasi penelitian siswa kelas V dan sampel penelitian kelas VA sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen dan teknik data kreativitas siswa melalui menggambar peta Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil uji-t dikemukakan hasil perhitungan dengan menggunakan taraf kepercayaan 95% bahwa nilai P = 0,0023 <0,05 menunjukkan bahwa diterima. Berdasarkan hasil temuan analisis data yang tersebut, TIMAH simpulan hasil temuan Penelitian bahwa Model Pembelajaran membuat pertandingan berpengaruh Terhadap Kreativitas Menggambar PETA Siswa MI.


Full Text:

PDF

References


Afiatun, Sulis. (2013). Penerapan Strategi Make a Match untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Keprabon Polanharjo Klaten Tahun 2012/ 2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Cahyani, Made Ari Okta., Astuti, Ni Made Erpia Ordani., dan Suryanto, I Wayan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran Boga Dasar Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa KelaS X. Media Edukasi: Jurnal Ilmu pendidikan Vol. 1 No. 2, 97-106.

Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Hamid, Nur. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Tumbuhan Lumut Kelas X SMA Negeri 2 Sarmi. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol. 6 No. 2, 39-46.

Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Abdul Aziz. (2012). Metode dan Model-model Mengajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung: Alfabeta.

Zakiah, Ismi., dan Kusmanto, Hadi. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eduma Vol. 6 No. 1, 32-42.




DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.9113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Jurusan PGMI Lantai 3 Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kampus 2 Jalan Soekarno-Hatta Kel. Cimincrang Kec. Gedebage Kota Bandung 40294. 

email : al.aulad@uinsgd.ac.id