PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP KREATIVITAS MENGGAMBAR PETA SISWA MI
DOI:
https://doi.org/10.15575/al-aulad.v4i1.9113Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran yang berhubungan dengan kreativitas menggambar peta pada materi keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia. Hal ini tak terkalahkan dengan keunggulan dari model pembelajaran make a match . Salah satu keunggulan tersebut adalah dapat meningkatkan kreativitas dalam menggambar peta. Penelitian yang dilakukan menggunakan rancangan penelitian ekperimen kuasi ( Quasi Experimenal desig n). Pelaksanaan penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Februari Tahun 2020 di MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Populasi penelitian siswa kelas V dan sampel penelitian kelas VA sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen dan teknik data kreativitas siswa melalui menggambar peta Indonesia. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil uji-t dikemukakan hasil perhitungan dengan menggunakan taraf kepercayaan 95% bahwa nilai P = 0,0023 <0,05 menunjukkan bahwa diterima. Berdasarkan hasil temuan analisis data yang tersebut, TIMAH simpulan hasil temuan Penelitian bahwa Model Pembelajaran membuat pertandingan berpengaruh Terhadap Kreativitas Menggambar PETA Siswa MI.
References
Afiatun, Sulis. (2013). Penerapan Strategi Make a Match untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SDN 2 Keprabon Polanharjo Klaten Tahun 2012/ 2013. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Cahyani, Made Ari Okta., Astuti, Ni Made Erpia Ordani., dan Suryanto, I Wayan. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match pada Mata Pelajaran Boga Dasar Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa KelaS X. Media Edukasi: Jurnal Ilmu pendidikan Vol. 1 No. 2, 97-106.
Fathurrohman, Muhammad. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.
Hamid, Nur. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas, Motivasi, dan Hasil Belajar Biologi pada Materi Tumbuhan Lumut Kelas X SMA Negeri 2 Sarmi. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol. 6 No. 2, 39-46.
Huda, Miftahul. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wahab, Abdul Aziz. (2012). Metode dan Model-model Mengajar IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Bandung: Alfabeta.
Zakiah, Ismi., dan Kusmanto, Hadi. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eduma Vol. 6 No. 1, 32-42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)