Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X

Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X

Authors

  • Siti Raudhatul Hasanah Universitas Mahasaraswati Denpasar
  • I Made Dharma Atmaja Universitas Mahasaraswati Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.15575/ja.v11i1.45615

Abstract

Rendahnya keterlibatan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi trigonometri, menjadi perhatian utama dalam proses pembelajaran di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Denpasar melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) yang didukung oleh media manipulatif TrigoWheel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari 63,33% pada pra-siklus menjadi 83% pada Siklus I dan meningkat lagi menjadi 93% pada Siklus II. Selain itu, rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 77,67 pada pra-siklus menjadi 87,00 pada Siklus I, dan menjadi 93,23 pada Siklus II. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBL yang didukung media manipulatif TrigoWheel terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa

References

Cahyono, B., Karoso, S., Sugito, & Baso, R. S. (2024). Implementasi Media Manipulatif Untuk Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(01), 1–6. https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1303

Carbonneau, K. J., Marley, S. C., & Selig, J. P. (2013). A meta-analysis of the efficacy of teaching mathematics with concrete manipulatives. Journal of Educational Psychology, 105(2), 380–400. https://doi.org/10.1037/a0031084

Faturohman, Y., & Amelia, S. (2020). Analysis of Student Difficulties in Solving Trigonometric Problem. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol5no1.2020pp1-8

Haniva, P., Marta, R., & Rizal, M. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Siswa di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(1), 89–104.

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300

Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas: A Teacher’s Guide to Classroom Research (Edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamilah, S. R., Budilestari, P., & Gunawan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(2), 70–77.

Nisa, K., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 TA 2022/2023. Kalam Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76245

Novianti, V., & Riajanto, M. L. E. J. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 161–168. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.161-168

Nurwahid, M., & Ashar, S. (2023). Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 221–234. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2935

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Panekenan, C., Pulukadang, R. J., & Pesik, A. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI MATRIKS DI SMK N 1 TOULUAAN. SOSCIED: Journal Social, Science and Education, 7(2). https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.874

Putri, H. E., & Yosi Adiputra. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA pada Materi Trigonometri. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 29–39. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i2.5559

Rahma Dhani, A., & Rahayu, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 414–420. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.60

Rahmat, M., Asrori, & Hairida. (2023). PEMANFAATAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI. As - S A B I Q U N: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(6), 1520–1537.

Ramli, U., Rizal, M., & Zaelani, A. S. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Media Audiovisual. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15(1), 84–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i1.p84-92

Retnosari, D., Amrianto, R., & Karim, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Kabupaten Tebo. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 54–59. https://doi.org/10.30631/edu-bio.v4i2.119

Satriani. (2019). Inovasi pendidikan metode pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Siregar, A., Nasution, B. N., Sihotang, D. R. A., Arif, I. I., & Frisnoiry, S. (2023). Analisis Kesalahan dan Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Trigonometri. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 114–118.

Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan ke-18). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugianto, R., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2023). Kendala siswa dalam mengatasi kesulitan belajar Trigonometri: Youtube sebagai sumber belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 312–327. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52089

Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.

UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education.

Wahyuni, S. (2023). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMK Negeri 10 Medan. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 135–141. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40098

Wibowo, S., Wangid, M. N., & Firdaus, F. M. (2025). The relevance of Vygotsky’s constructivism learning theory with the differentiated learning primary schools. Journal of Education and Learning, 19(1), 431–440. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21197

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600

Zakiyah, K., & Yusritawati, I. (2023). Penerapan PBL melalui Mathematical Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 45–55. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7481

Published

2025-06-20
Loading...