Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dengan Media Manipulatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.15575/ja.v11i1.45615Abstract
Rendahnya keterlibatan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi trigonometri, menjadi perhatian utama dalam proses pembelajaran di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas X DKV 2 SMK Negeri 1 Denpasar melalui penerapan model Problem-Based Learning (PBL) yang didukung oleh media manipulatif TrigoWheel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar dari 63,33% pada pra-siklus menjadi 83% pada Siklus I dan meningkat lagi menjadi 93% pada Siklus II. Selain itu, rata-rata nilai siswa juga meningkat dari 77,67 pada pra-siklus menjadi 87,00 pada Siklus I, dan menjadi 93,23 pada Siklus II. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran PBL yang didukung media manipulatif TrigoWheel terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa
References
Cahyono, B., Karoso, S., Sugito, & Baso, R. S. (2024). Implementasi Media Manipulatif Untuk Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation, 2(01), 1–6. https://doi.org/10.20961/ijolii.v2i01.1303
Carbonneau, K. J., Marley, S. C., & Selig, J. P. (2013). A meta-analysis of the efficacy of teaching mathematics with concrete manipulatives. Journal of Educational Psychology, 105(2), 380–400. https://doi.org/10.1037/a0031084
Faturohman, Y., & Amelia, S. (2020). Analysis of Student Difficulties in Solving Trigonometric Problem. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol5no1.2020pp1-8
Haniva, P., Marta, R., & Rizal, M. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Siswa di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(1), 89–104.
Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300
Hopkins, D. (2011). Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas: A Teacher’s Guide to Classroom Research (Edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kamilah, S. R., Budilestari, P., & Gunawan, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMK. INTERMATHZO, 4(2), 70–77.
Nisa, K., Khasanah, U., & Sulistyaningsih, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 TA 2022/2023. Kalam Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2). https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jkc.v11i2.76245
Novianti, V., & Riajanto, M. L. E. J. (2021). Analisis Kesulitan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(1), 161–168. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.161-168
Nurwahid, M., & Ashar, S. (2023). Media Pembelajaran Panganmewah dan Jargon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Perbandingan Trigonometri. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 221–234. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i2.2935
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Panekenan, C., Pulukadang, R. J., & Pesik, A. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA OPERASI MATRIKS DI SMK N 1 TOULUAAN. SOSCIED: Journal Social, Science and Education, 7(2). https://doi.org/10.32531/jsoscied.v7i2.874
Putri, H. E., & Yosi Adiputra. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA pada Materi Trigonometri. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 29–39. https://doi.org/10.30656/gauss.v5i2.5559
Rahma Dhani, A., & Rahayu, G. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Science and Education Journal (SICEDU), 1(2), 414–420. https://doi.org/10.31004/sicedu.v1i2.60
Rahmat, M., Asrori, & Hairida. (2023). PEMANFAATAN MEDIA MANIPULATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI. As - S A B I Q U N: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(6), 1520–1537.
Ramli, U., Rizal, M., & Zaelani, A. S. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Model Problem Based Learning Berbasis Media Audiovisual. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15(1), 84–92. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2025.v15.i1.p84-92
Retnosari, D., Amrianto, R., & Karim, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Manipulatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 16 Kabupaten Tebo. EDU-BIO: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 54–59. https://doi.org/10.30631/edu-bio.v4i2.119
Satriani. (2019). Inovasi pendidikan metode pembelajaran. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Siregar, A., Nasution, B. N., Sihotang, D. R. A., Arif, I. I., & Frisnoiry, S. (2023). Analisis Kesalahan dan Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Trigonometri. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2), 114–118.
Sudjana, N. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (Cetakan ke-18). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugianto, R., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2023). Kendala siswa dalam mengatasi kesulitan belajar Trigonometri: Youtube sebagai sumber belajar Matematika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(3), 312–327. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i3.52089
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.
UNESCO. (2021). Reimagining our futures together: A new social contract for education.
Wahyuni, S. (2023). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa di SMK Negeri 10 Medan. Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika, 135–141. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/40098
Wibowo, S., Wangid, M. N., & Firdaus, F. M. (2025). The relevance of Vygotsky’s constructivism learning theory with the differentiated learning primary schools. Journal of Education and Learning, 19(1), 431–440. https://doi.org/10.11591/edulearn.v19i1.21197
Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600
Zakiyah, K., & Yusritawati, I. (2023). Penerapan PBL melalui Mathematical Modelling untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Efficacy Siswa. Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 45–55. https://doi.org/10.23969/pjme.v13i1.7481
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish in Jurnal Analisa agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3.Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).