Efektivitas Penggunaan Media dan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Efektivitas Penggunaan Media dan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Rikrik Nurdiansyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tasya Hasanah Marcharis UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kemampuan komunikasi matematika yang belum mencapai indikator kemampuan minimal. Sehingga siswa belum bisa mengaplikasi kemampuan matematis yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi media dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dari beberapa hasil penelitian yang relevan, sehingga penelitian ini dapat memberikan berbagai alternatif media dan model pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran matematika di ruang kelas. Peneliti menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR), dengan mengumpulkan 28 artikel yang relevan terkait dengan media dan model pembelajaran. Peneliti menyajikan hasil penelitian menjadi dua tabel yang berisi tentang media dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Berdasarkan hasil studi literatur dari penelitian yang relevan, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa alternatif media dan model pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru matematika untuk meningkatkan kemampuan matematis siswa.

Author Biography

Rikrik Nurdiansyah, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Prodi Pendidikan Matematika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

References

Ambarwati, R. D. (2015). Keefektifan model project-based learning berbasis GQM terhadap kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 180–186.

Ananda, M. F. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal MathEducation Nusantara, 28-37.

Anderha, R. R. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada pembelajaran daring materi eksponensial. . Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1-7.

Andriani, S. (2020). Upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal on Teacher Education, 33-38.

Ariesta, P. N. (2021). Pengaruh model pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan LKPD terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 54-67.

Arsyad, A. (2021). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Armania, M. E. (2018). Analisis hubungan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMP dengan menggunakan pendekatan realistic mathematic education. . JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1087-1094.

Br. Sembiring, R. F. (2020). Pengaruh model pembelajaran think pair share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas X SMA Melati Binjai tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Matematika, 12(1), 52-59.

Ferdianto, F. (2015). Media audio visual pada kemampuan komunikasi matematis siswa kelas IX. Euclid, 2(2), 306-314.

Handayani, S. M. (2021). Analisis kemampuan komunikasi siswa dalam pembelajaran daring siswa sekolah dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), , 2240-2246.

Hanipah, H. &. (2021). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem based learning dan direct instruction. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 83-96.

Hasibuan, S. A. (2020). Efektivitas bahan ajar matematika berbasis budaya mandailing dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. . MAJU, 7(2), , 141-152.

Hendri Prayogi, A. (2019). Desain bahan ajar bangun datar segiempat berbasis kemampuan komunikasi matematis pada siswa SMP melalui model discovery learning. . Jurnal LEMMA, 5(2),, 100-111.

Hendriana, B. (2018). Identifikasi kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018, 01, 477-484.

Hidayat, R. M. (2021). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis realistic mathematics education (RME) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis kelas X SMA. jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(3),, 22-31.

Hikmawati, N. N. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal geometri kubus dan balok. PRISMA, 8(1), 68-79.

Hotimah, H. E. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis macromedia flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. PROGRES PENDIDIKAN, 2(1), 7-12.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ismayanti, S. &. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal Pendidikan matematika, 183-196.

Jaya, A. W. (2019). Implementasi model problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 4 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, , 410-415.

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2015). Models of teaching (9th ed.). Boston: Pearson.

Karmila, U. &. (2021). Pendekatan matematika realistik dan kemampuan komunikasi matematis siswa di Madrasah Ibtidaiyah. . jurnal Pendagogik, 4(1), 1-11.

Kurniawan, Y. T. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik peserta didik SMP. . JURNAL SILOGISME, 4(2), 74-80.

Mahadewi, N. K. (2020). Kemampuan komunikasi matematis melalui model reciprocal teaching berbantuan media interaktif. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 338-350.

Maulyda, M. A. (2020). Kesalahan komunikasi matematis (tertulis) siswa ketika memahami soal cerita. . Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 7(1), , 1-7.

Melinda, V. &. (2020). Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa sekolah dasar (studi literatur). Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), , 1526-1539.

Muhtadi, A. M. (2018). Analisis kemampuan komunikasi dan minat belajar matematis siswa SMP. Journal On Education, , 599-606.

Mulqiyono, S. Y. (2018). Analisis kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII pada materi bangun datar segitiga dan segi empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4),, 599-606.

NCTM. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nugraha, T. H. (2019). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan perbedaan gender. . Edumatica, 9(1),, 1-7.

Nurfaizi., M. N. (2021). Kemampuan komunikasi matematika siswa SMA dalam menyelesaikan soal cerita program linear ditinjau dari kecerdasan linguistik. EDUTEACH, 2(1), , 1-15.

Pambudi, D. S. (2021). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP dalam matematika nalaria berdasarkan jenis kelamin. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 136-148.

Putri, N. I. (2021). Perbandingan kemampuan komunikasi matematis siswa antara problem-based learning dan inquiry learning. PLUSMINUS : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1),, 157-168.

Rahmawati, C. &. (2019). Analisis kemampuan komunikasi siswa menengah terhadap resiliensi matematis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(3),, 147-154.

Rahmayani, S. R. (2019). Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi himpunan. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(1), 10-18.

Ramadhani, L. J. (2021). Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari keterlibatan siswa melalui pendekatan realistik mathematics education (RME). AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 10(1),, 68-84.

Rangkuti, R. K. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui pembelajaran ekspositori berbantuan media autograph. Jurnal Alkhawarizmi: Pendidikan Matematika,, 7-14.

Rianti Rahmalia, H. H. (2020). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa SMP melalui model problem based learning. . Numeracy, 7(1), , 137-149.

Robiana, A. &. (2020). Pengaruh penerapan media unomath untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 521–532.

Rusman. (2017). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sahrul, S. Y. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis model discovery learning untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP kelas VIII. . Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 626–636.

Sanjaya, W. (2016). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sarini, E. (2019). Pengaruh kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian siswa terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), , 9-15.

Soleh, E. R. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan aktivitas belajar siswa menggunakan model problem based learning. . PRISMA, 9(1), , 1-9.

Sumarmo, U. (2013). Pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berfikir logik, kritis, dan kreatif siswa. Bandung: FMIPA UPI.

Syafina, V. &. (2020). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLDV. . Maju, 7(2), , 118–125. .

Wahyu, M. N. (2020). Pembelajaran soft skill komunikasi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 04(01), 406-413.

Yanti, A. W. (2021). Penggunaan jurnal reflektif pada pembelajaran matematika untuk melatih kemampuan komunikasi matematis siswa. . Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 321–332.

Yuliastuti, D. &. (2021). Pengembangan video pembelajaran berbasis power director : Upaya peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa pada masa pandemi covid-19. . Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 12(2), , 104–116.

Yuniarti, N. S. (2018). Hubungan kemampuan komunikasi matematis dengan self esteem siswa SMP melalui pendekatan contextual teaching and learning pada materi segiempat. . JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1),.

Published

2025-12-05
Loading...