Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Materi Barisan dan Deret Aritmatika

Authors

  • Mustika Pamungkas Universitas Jambi
  • Nizlel Huda Program studi Matematika, Universitas Jambi
  • Syaiful Syaiful Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa kelas X Fase E di SMA Negeri 10 Tanjung Jabung Timur dalam memecahkan masalah materi barisan dan deret aritmetika. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri atas tiga siswa yang dipilih berdasarkan tingkat kemampuan penalaran matematis, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis, disertai teknik think aloud (proses berpikir lisan), dan wawancara semi terstruktur. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan variasi kemampuan yang signifikan pada setiap subjek. Siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi hampir seluruh indikator penalaran, seperti memahami pola, melakukan perhitungan, menggeneralisasi konsep, dan menguji hasil. Sebaliknya, siswa dengan kemampuan sedang dan rendah hanya menunjukkan pemahaman yang baik pada tahap memahami pola dan perhitungan dasar, namun masih lemah dalam menggeneralisasikan konsep dan mengevaluasi kebenaran solusi. Berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa secara keseluruhan masih perlu ditingkatkan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan pembelajaran yang menekankan proses berpikir logis, sistematis, dan reflektif.

 

References

Branca, N. A. (1980). Problem Solving as Goal, Process and Basic Skills. In S. Krulik & R. E. Reys (Eds.), Problem Solving in School Mathematics. Washington DC: NCTM.

Faroh, N. (2011). Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika terhadap Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pokok Himpunan pada Siswa Semester 2 Kelas VII MTs NU Nurul Huda Mangkang Semarang Tahun Ajaran 2010/2011 (Skripsi). IAIN Walisongo, Semarang.

Fitria, N. (2019) ‘Pentingnya Penguatan Penalaran dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kualitas Berpikir Siswa’. Jurnal Pendidikan Matematika Nusantara, 4(1), 45–52.

Haryono, A. (2018) ‘Profil Kemampuan Penalaran Induktif Matematika Mahasiswa Pendidikan Matematika UNIPA’. Journal of Honai Math, 1(2), 127–138.

Hendriana, H., & Sumarmo, U. (2019) ‘Pengaruh Penalaran Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa’. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 89-102.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018) ‘Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus’. Journal of Medives, 2(2), 55–63.

Lestari, I. (2020) ‘Analisis Kesulitan Siswa SMA Dalam Penalaran Matematis Pada Pemecahan Masalah’, Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), pp. 35–45. Available at: https://doi.org/10.24114/jpm.v14i1.2876.

Limustafa, M., & Awan, H. (2019) ‘Analisis Kemampuan Berpikir Visual Ditinjau Dari Adversity Quotient’. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Miles, M. B. and Huberman, A. M. (1994) Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks CA: SAGE Publications.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nunes, T. (2020). Mathematics and the Development of Thinking. Journal of Cognitive Education, 18(3), 201–217. https://doi.org/10.1080/13670050.2020.1842043

Nunes, T., & Bryant, P. (2020). Learning and Teaching Mathematics: An International Perspective. London: Psychology Press.

Nursalam, A. D. A., & Usman, H. (2017) ‘ Pengembangan tes kemampuan penalaran matematis peserta didik Madrasah Tsanawiyah di Makassar’. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 20(1).85-97.

Polya, G. (2004) How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method (2nd ed.). Princeton University Press.

Purba, D., Nasution, Z., & Lubis, R. (2021) ‘Pemikiran George Polya tentang pemecahan masalah’. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 25–31.

Putra, R. A. (2021) ‘Studi Kasus Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 10(1), pp. 30–37.

Rahmawati, A., & Hidayat, W. (2020) ‘Peran Penalaran Matematis dalam Meningkatkan Pemahaman Konseptual Siswa’. Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(1), 45-58.

Rambe, A. and Afri, L. (2020) ‘Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan Dan Deret’, AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), pp. 175–187.

Ridwan, M. (2017) Analisis kemampuan penalaran dan komunikasi siswa dalam menyelesaikan soal-soal aljabar kelas VII MTs Sultan Hasanuddin Kabupaten Gowa (Skripsi). UIN Alauddin Makassar.

Romsih, O., Yuhana, Y. and Nindiasari, H. (2019) ‘Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Posing Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Kognitif Siswa’, SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), pp. 37–46.

Sumarlin, S. (2021) ‘Pengaruh penalaran matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa’. Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 112–125.

Sumarto, B. (2016) ‘Peran penalaran deduktif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(3), pp. 112–127.

Suryadi, D. (2018). ‘Analisis Kemampuan Penalaran Induktif dalam Pembelajaran Matematika’. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 65-78.

Yuniarti, S. (2022). ‘Pentingnya Memahami Alasan Pemilihan Subjek dalam Penelitian Pendidikan Matematika’. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3(1), 112–120.

Zakiah, N. E. (2023) ‘Pengembangan kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 11(3), pp. 79–90.

Downloads

Published

2025-12-05
Loading...