HUBUNGAN SIKAP SISWA TERHADAP PERHATIAN ORANG TUA KARIR DENGAN PRESTASI KOGNITIF MEREKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SEKOLAH (Penelitian terhadap Siswa Kelas VII di SMP Karya Budi Bandung)


Laela Nurjalilah(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan terhadap siswa SMP Karya Budi Bandung yang kedua orang tuanya karir. Disatu sisi, orang tua mereka sudah cukup memberi perhatian kepada anak-anaknya, untuk semangat belajar hingga berprestasi. Mestinya, anak-anak mereka merespon positif dengan menunjukan semangat belajar untuk mencapai prestasi yang baik. Namun pada kenyataanya dilain sisi menunjukan hal yang belum menggembirakan, belajar mereka belum optimal. Timbul persoalan: mengapa hal itu terjadi?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) realitas sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir yang diberikan kepada anak-anaknya, (2) realitas prestasi kognitif siswa pada mata pelajaran PAI, dan (3) realitas hubungan sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir yang diberikan kepada anak-anaknya dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI.

Penelitian ini  bertolak dari hipotesis yang menyatakan bahwa semakin positif sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir, semakin baik pula prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI. Penelitian kuantitatif, metodenya deskriptif, yang digunakan untuk menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang dengan cara melukiskan hasil penelitian apa adanya. Sampelnya 32 orang siswa SMP Karya Budi Bandung. Teknik pengumpulan datanya dengan Observasi wawancara, angket, tes. Proses analisisnya dilakukan secara parsial dan korelasional.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir diberikan kepada anak tidak berkorelasi dengan prestasi kognitif mereka pada mata pelajaran PAI dengan derajat pengaruh  variabel X terhadap variabel Y sebesar 5% sedangkan 95% lagi dipengaruhi oleh faktor lain , selain faktor sikap siswa terhadap perhatian orang tua karir.

 


Keywords


Perhatian; Orang Tua; Sikap Siswa; Prestasi Kognitif.



DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Laela Nurjalilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id