Perhatian Orang Tua dalam Pendidikan Keagamaan Anak di Rumah Hubungannya dengan Perilaku Mereka di Lingkungan Sekolah


Ujang Dedih(1*), Qiqi Yuliati Zakiyah(2), Jeri Oki Melina(3)

(1) Islamic Education, Indonesia
(2) ,  
(3) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini berawal dari fenomena di SMP Muhammadiyah 10 Bandung yaitu adanya perhatian yang dilakukan oleh orang tua sebagai bentuk keaktifan jiwa yang diarahkan kepada suatu objek yakni kepada anak untuk memberikan contoh yang baik, pembiasaan yang baik, membuat suasana keagamaan di rumah, membimbing dengan bacaan-bacaan keagamaan, melibatkan anak dalam kegiatan keagamaan. Dengan demikian, berarti usaha orang tua untuk memberikan perhatian yang lebih mesra baik lahir maupun batin. Perhatian lahir berupa sarana-sarana keperluan yang memberikan dukungan kepada tercapainya kecakapan hidup, sedangkan perhatian batin merupakan bimbingan secara intensif yang mengarahkan kepada pembentukan manusia yang beriman dan bertakwa serta berakhlakul karimah dengan segala upaya orang tua. Perbuatan-perbuatan atau tindakan yang dilakukan orang tua dengan maksud agar anak dapat meningkatkan pengetahuannya, kemampuannya, akhlaknya, bahkan juga seluruh pribadinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: tanggapan siswa terhadap perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah perilaku anak di lingkungan sekolah dan (3) hubungan tanggapan siswa terhadap perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah dengan perilaku mereka di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif sedangkan alat dan teknik dalam pengumpulan data adalah: angket, wawancara, observasi (pengamatan), studi pustaka. Untuk menganalisa data yang diperoleh dari wawancara dan observasi dilakukan analisa logika, sedangkan data yang diperoleh dari hasil angket dianalisa dengan pendekatan statistik. Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa perhatian orang tua dalam pendidikan keagamaan anak di rumah termasuk kategori tinggi berdasarkan skor rata-rata 4 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Perilaku mereka di lingkungan sekolah berkategori tinggi berdasarkan skor rata-rata 4 yang berada pada interval 3,40 - 4,19. Hubungan keterkaitan keduanya dalam analisis korelasi derajat hubungan variabel X dan variabel Y ditentukan menggunakan rumus korelasi product moment dengan angka koefisien korelasi 0,55. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus di peroleh hipotesis hitung (6,16) > (7,35) maka hipotesis diterima. Hubungan variabel X terhadap variable Y sebesar 60% sedangkan 40% lagi dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


Pendidikan; Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Islam; Pembelajaran PAI

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Ngalim, P. (2009). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

Pakasi, S. (2001). Anak dan Perkembangannya. Jakarta: PT. Gramedia.

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Suryabrata, S. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Uhbiyati, A. A. (2003). Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Walgito Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Sauri Sofyan. (2006). Membangun Komunikasi Dalam Keluarga. Bandung: PT Genesindo.

Sauri Sofyan. (2017). Kesantunan Berbahasa. Bandung: Royyan Press.

Kartono Kartini. (2010). Psikologi Umum. Jakarta: Kencana.

Helmawati. (2017).Pendidikan Karakter Sehari-hari. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mahmud, Abdul. (2004). Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.

Ngalim Purwanto. (2009). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, M.U. (2003). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana. (2003). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung: Tarsito.

Sugiyono.(2012). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Salahudin Anas. (2009). Bimbingan Dan Konseling. Bandung: CV.Pustaka Setia.

Hidayat Rahmat. (2015). Muhammad saw The Super Parent. Jakarta: PT Prima untuk Semesta.

Lestari Sri. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Prenadamedia Group.

Walgito Bimo. (2003). Psikologi Sosial. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Abdurrahman Jamal. (2010). Islamic Parenting. Solo: Aqwam.

Wulansari Diane. (2017). Didiklah Anak sesuai Zamannya. Jakarta: PT Visimedia Pustaka.

Hayati Tuti. (2016). Pengantar Statistika Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri.

Hasanah Aan. (2013). Pendidikan Karakter Berperspektif Islam. Bandung: Insan Komunika.

Bungin Burhan. (2011). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Subana. 2000. Statistik Pendidikan. Pustaka Setia: Bandung.

Tafsir, Ahmad. 2001. Ilmu pendidikan dalam persfektif Islam. Bandung : PT. Remaja rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Mahmud. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung : Pustaka setia

Asrori Muhammad, 2009. Psikologi Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima

Aliya, I. (2012). Analisis Kenakalan Remaja dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 1 Surakarta (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammdiyah 1 Surakarta). Jurnal Pendidikan, 5.

Bangun, D. (2008, April). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Perhatian Orang Tua, Kelengkapan Fasilitas Belajar, Dan Penggunaan Waktu Belajar Di Rumah Dengan Prestasi Belajar Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 5, 1.

Casdasari, M. (2004). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa (Penelitian yang dikhususkan pada Prestasi Belajar Pilihan Program Ilmu Pengetahuan Alam kelas XI SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004/2005. Jurnal Pendidikan.

Ghazali, A. (2003). Akhlak Seorang Muslim. Semarang.

Hamalik, O. (2008). Metode Belajar dan Konsultasi Belajar. Bandung: CV Tarsindo.

Mawarsih, S. E. (2013, Juni). Pengaruh Perhataian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA NEGERI Jumapolo. JUPE UNS, vol.1, 1 s/d 13.

Nahlawi, A. A. (2007). Ushulut Tarbiyah Islamiyah Wa Asalibha Fi Al Baitiwa Al Madrasatiwa Al Mujtama. Jakarta: Gema Insani Press.

Novitasari, N. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas. Jurnal Pendidikan, 1.

Nurrofiah, D. (2008). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Iklim Sekolah dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Akutansi UNILA. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan.

Qomariyah, S. N. (2015, Februari). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi. Jurnal Keluarga, 10.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i1.2585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ujang Dedih, Qiqi Yuliati Zakiyah, Jeri Oki Melina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id