Implementation of multicultural education in Islamic education management in As-Salam Bandung High School


Dedi Junaedi(1*), Fathuloh Fathuloh(2), Elly Zumailah(3), Titin Sa’diah(4), Sahliah Sahliah(5), Mahmud Mahmud(6)

(1) IKIP Siliwangi, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(5) IKIP Siliwangi, Indonesia
(6) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia is a country that has diversity, culture, ethnicity, language and religion, the impact of differences in society often causes problems and hostility and even bloodshed due to heterogeneous understanding. In fact, if differences are combined well, it will produce diversity and awareness that this is all a gift from God which has given the potential to become a pluralistic society in terms of cultural dimensions which will bring a more mature civilization towards a just, harmonious, advanced and prosperous nation. The aim of this research is to implement multicultural education at As-Salam High School in Islamic education management education. The method used is a qualitative method with a library study approach which is then analyzed. The results of this research, Multicultural Education is a concept that must be implemented in everyday life, especially applied in schools so that students have a paradigm/mainsentor a mindset of accepting differences and mutual respect, tolerance, diversity, equality of rights and obligations with the Pancasila philosophy with a Tunggal Ika diversity frame, even though we are different, we are one Indonesian unit. Differences due to the essence of life, everything does not have to be the same, but how can these differences bring a positive appearance towards happiness and prosperity. Instead, differences become classic problems that create complications based on race, religion and ethnicity which create disharmony. The conclusion is that pluralism cannot be eliminated, but how humans respond to differences in terms of ethnicity, culture, ethnicity and religion so that they can be implemented in the management of Islamic education is seen from the multicultural urgency at SMA As-Salam Bandung.

 

Indonesia merupakan sebuah negara yang mempunyai keragaman, budaya, suku, etnik, bahasa dan agama, dampak dari perbedaan dimasyarat sering terjadi menimbulkan permasalahan dan permusuhan bahkan petumpahan dara akibat heterogen pemahanan. padahal apabila perbedaan dikelola dengan baik  akan menghasilkan keragaman dan kesadara bahwa ini  semua merupakan anugerah Tuhan yang telah memberikan potensi untuk manjadi masyarakat majemuk dari segi dimensi kultular yang membawa peradaban yang lebih dewasa menuju bangsa yang adil, harmonis, maju dan  makmur. Tujuan Penelitian ini untuk mengimplementasikan pendidikan multikultural di SMA As-Salam dalam pendidikan manajemen pendidikan Islam. Metode yang digunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi perpusakaan yang selanjutnya dianalisis. Hasil dari penelitian ini, Pendidikan Multikutural sebuah konsep yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya diterapkan disekolah-sekolah agar siswa paradigma/ mainsent atau pola berpikir  menerima perbedaan dan saling menghormati, toleransi, kebergaman, persaman hak dan kewajiban berfalsafah pancasila dengan bingkai bineka Tunggal Ika meskipun berbeda-beda tetapi kita satu kesatuan Indonesia.  Perbedaan karena hakikatnya hidup segala sesuatu tidak harus sama tetapi bagaimana perbedaan ini dapat membawa nampak yang positif menuju kebahagian dan kemakmuran. Alih-alih perbedaan dijadiakan permasalahan yang klasik yang membuat komplik yang dilatarbelakangi suku, agama dan etnik yang membuat tidak harmonis. Simpulan bahwa kemajemukan tidak bisa dihilangkan tetapi bagaimana cara manusia menyikapi perbedaan dari segi suku, budaya, etnik dan agama agar dapat diimplementasikan dalam manajemen pendidikan Islam dilihat dari urgensi multikultural di SMA As-Salam Bandung.


Keywords


As-Salam High School; Islamic Education Management; Multicultural; Urgency

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2004. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi. Kelima, Rineka Cipta, Jakarta.

Eko Setiawan. 2019. Konsep Urgensi Pendidikan Islam Multikultural Dan Permasalahannya. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 2019, jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id

Farhan Ahmad Fauzan. 2021. Implikasi Pendidikan Karakter Bagi Anak Perspektif Q.S. Al-Baqarah ayat 83. Jurnal At-Thulab. Volume 6 Nomor 1 Tahun . http://journal.uinsgd.ac.id./index.php/atthulab/

Giantomi Muhammad. 2021. Proses Manajemen Peserta Didik dalam Membentuk Karakter Religius. Jurnal At-Tulab. Volume 6 Nomor 2. http://journal.uinsgd.ac.id./index.php/atthulab/

H. A. Tilaar 2004. Multikulturalisme Tantangan-tangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional. Jakarta. Grasindo

Heri Cahyono & Iswati. 2017. Urgensi Pendidikan Multikultural Sebagai Upaya Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Kearifan Budaya Lokal. Jurnal Elementary Vol. 3 http se- journal.metrouniv.ac.idindex.phpelementaryarticleview771660

Heri Gunawan dkk. 2021. Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama dalam Pembelajaran PAI di SMA Al-Biruni Cerdas Mulia Kota Bandung. Jurnal Atthulab. Volume 6 Nomor 1. http://journal.uinsgd.ac.id./index.php/atthulab/

https://ditpdpontren.kemenag.go.id/artikel/peraturan-presiden-nomor-82-tahun-2021-tentang-pendanaan-penyelenggaraan-pesantren-

Imam Machali dan Ara Hidayat. (2016) The Handbook of Education Management. Jakarta: Prenadamedia

Indah wahyu Ningsih. 2022. Konsep Pendidikan Multikultural di Indonesia. Jurnal Pendidikan Edumaspul. Vol. 6 No. 1. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3391

Jalaludin Assayuthi. 2000. Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. Jurnal atthulab. Vol. 5. No 2. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/atthulab/article/view/8336/pdf

John W. Creswell. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Singapore: Sage Publication,

McMillan, James H., Schumacher, Sally.2010. Research in Education. Seventh Edition.

Meylani dkk.2019. Manusia Dan Kebudayaan(Manusia Dan Sejarah Kebudayaan, Manusia Dalam Keanekaragaman Budaya Dan Peradaban, Manusia Dan Sumber Penghidupan. TADBIR : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Volume 7, Nomor 2.

Moh. Amin. 2018. Pendidikan Multikultural. Jurnal Pilar. Vol. 9, No. 1. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/5020

Moleong, L. J.2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mundiro Lailatul muawaroh. 2019. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Jurnal Anil Islam:Jurnal Kebudayaan dan Ilmu Keislaman.Jilid 12 No. 2. .https://jurnal.instika.ac.id/index.php/AnilIslam/article/view/135

Novia Iffatul Izzah, 2020. Urgensi multikultural di Indonesia dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al hikmah. Vol, 1. No. 1. http://yphn.ac.id/ejournal/index.php/Alhikmah/index.

Parekh, Bikhu. 2000. Rethinking Multcultural: Cultural Diversity and Political Theory. Cambridge: Harvard University Press.

Piki Hilman Maas. 2019. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sd Islam Al Azhar 36 Bandung. Jurnal Atthulab, Volume : IV, Nomor 1.

Salis Husnaini dan Asrul Anan. 2019. Potret Masyarakat Multikultural Di Indonesia Konsep Dan Implementasi Pendidikan Multikultural Di Sekolah Dasar (Sd) Negeri Durensewu I. Journal Multicultural Of Islamic Edication. Volume , Nomor 1.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cet. XII, Bandung: Alfabeta.

Suparlan. 2002. Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural. Denpasar: Simposium Internasional Bali.

Wulandari. 2020. Konsep dan Praksis Pendidikan Multikultural. Yogakarta. Uni Prees.

Yaya suryana dan A. Rustandi. 2015. Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri Bangsa Konsep, Prinsip, dan Implementasi. Pustaka Hidayah, Bandung.

Yayah khoeriyah dkk. 2022. Pendidikan Multikultural: Konsepsi, Urgensi dan Relevansinya dalam Manajemen Pendidikan Islam di Indonesia. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Vol. 5 No. 7. httpjiip.stkipyapisdompu.ac.idjiipindex.phpJIIParticleview708661

Yeyen Afista dkk, 2021. Pendidikan Multikultural Dalam Transformasi Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal al Hikam. Vol. 5. No. 1. http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/evaluasi.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v8i2.27832

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id