Effective Multicultural Education Strategies to Enhance Tolerance in Indonesian Schools


Risal Qori Amarullah(1), Ruslandi Ruslandi(2*), Raden Muhamad Yasin Fadilah(3), Uus Ruswandi(4), Mohamad Erihadiana(5)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Badung, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(5) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak: Di Indonesia,penyadaran danpaham multikultural sangat penting untuk dilakukan mengingatarus navigasi informasi dan mobilitas penduduk yang konflik yang mampu menghancurkan kehidupan berbangsa dan bernegara. Perbedaan-perbedaan yangada di Negara Indonesia akan menjadi bebanatau kekayaan tergantung bagaimana cara mengelolanya, Dalam konteks pengembangan pendidikan multikultural, tentu saja tidak cukup mengenal segala bentuk keragaman, melainkan bagaimana menyikapi keragaman sesuai prinsip keadilan. Dimensi “kebhinekaan” inilah yangmenjadi intidari konsep multikultural, yang kemudianberkembang menjadimultikulturalisme. Esensi keberhasilan multikultural adalah kesadaran dan kesediaan untukmenerima keragaman budaya kelompok lain, etnis, gender, bahasa dan agamasebagai bentukkeseimbangan dan persatuan. Olehkarena ituperlu adanyastrategi yangtepat agar Pendidikan multikultural dapat mencapai esensi keberhasilan yakni menyadarkan seseorang untuk keharmonisan dengan lingkungan. Penelitianini menggunakanpenelitian kepustakaanyang berfokus padaisu-isu pentingterkait strategipengembangan pendidikan multikultural dilembaga pendidikan. Teknikpengumpulan datapenelitian ini adalahmengumpulkan informasi dariartikel jurnaldan buku-bukuyang berkaitandengan pendidikanmultikultural dan teori terkait lainnya. Hasil Penelitian ini ditemukan bahwa strategipengembangan pendidikanmultikultural yangdikembangkan yaitu : mengambangkan kurikulum pendidikan, meningkatkan mutu pendidik dan pengelolaan sistem pendidikan

 


Keywords


Strategi, Pendidikan, Multikultural

References


Gorski, P. (2001). Critical Paradigm Shiifd For Multicultural Education and The Question We Should Be Asking.

Lubis, A. Y. (2015). Pemikiran Kritis Kontemporer dari Teori Kritis, Culture Studies, Feminisme, Postkolonial Hingga Multikulturalisme. In Rajawali Pers (p. 190).

Maksum, A. dan R. (2009). Paradigma Pendidikan Universal. In IRCSod.

McGee, J. A. B. dan C. A. (2001). Handbook of Research on Multicultural Education. In Jessey-Bass (p. 21).

Munadlir, A. (2016). Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114–130.

Risal Qori Amarullah. (2023). Kebenaran Ilmiah. Edusifa, 9(1), 26–35. https://jurnal.stitsifabogor.ac.id/index/index.php/edusifa/article/view/106/100

Rusdiana, Y. S. dan. (2015). Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Pengetahuan Jati Diri Bangsa Konsep-Prinsip-Implementasi. In Pustaka Setia (p. 196).

Suniti. (2014). Kurikulum Pendidikan Berbasis Multikultural. Jurnal Edueksos, III(2), 27.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v9i1.28123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id