PENGARUH PERILAKU TERPUJI SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NU SHOFIYATUL HUDA SUKARESMI
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v1i2.2933Keywords:
Prilaku, SMP, Prestasi BelajarAbstract
ABSTRACT
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) realitas perilaku terpuji siswa, realitas prestasi belaajar siswa, pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 61 dan merupakan sampel seutuhnya dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angkat dan tes. Instrumen dikembangkan oleh peneliti sendiri dari konstruksi teori dengan variabel perilaku terpuji siswa terdiri dari 15 pernyataan dan data prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terdiri dari 15 tes pertanyaan.  Hasil penelitian yaitu realitas perlaku terpuji siswa positif, hal ini didaapatkan nilai perhitungan rata-rata= 3, 94, angka ini termasuk kategori tinggi, karena berada pada rentang nilai 3,5 – 4,5. Sedangkan realitas prestasi belajar siswa adalah 84,02, hal ini menunjukkan bahwa kualifikasi baik sekali karena berada pada interval 80-100. Adapun untuk keterkaitan keduanya yakni pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam mempunyai kategori sedang dengan nilai 0,46 berada pada rentang 0,40-0,70. Adapun untuk nilai thitung = 3,96 lebih besar dibandingkan ttabel =1,67 menyatakan bahwa hipotesis nol yang menyatakan tidak ada pengaruh perilaku terpuji siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam ditolak. Angka koefisien korelasi mempunyai kadar pengaruh 11%.
References
Latief, Chaerul, (2012). Psikologi Pendidikan Psikologi Belajar Sebuah Pendekatan Kontemporer. Jakarta: Pustaka Cendekia Utama.
Tafsir, Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan Dalam Persfektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsim ( 2010). Proseder Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).