STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMECAHAN MASALAH POLYA


Widza Nhurul Desyawati(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung bahwa di sekolah tersebut kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, dikarenakan kurangnya keinginan siswa untuk bertanya kepada guru kemudian masih banyak siswa yang hanya menerima materi yang diajarkan tanpa menelaah lebih dalam dan berkelanjutan serta kurangnya keberanian siswa untuk mengeluarkan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh strategi pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendididkan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini dianggap mampu mengungkap dan menganalisis fenomena-fenomena yang terjadi pada masa sekarang dan masalah-masalah yang bersifat fakta dan mengungkapkannya secara apa adanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial perindikator, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis determinasi, dan analisis hipotesis (uji t parsial). Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh perhitungan statistik
yang menunjukan realitas pengaruh strategi pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,976, nilai tersebut berada pada interval 0,80 – 1,00. Kemudian derajat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y sebesar 78 % sedangkan 22 % ditentukan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa


Keywords


Strategi pemecahan masalah Polya, Berpikir Kritis

References


Amir, Z. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ifanali. (2014). Penerapan Langkah-langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13

Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadakulo, 01, 148.

Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar

Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Terjemahan oleh Ibnu Setiawan.

Bandung: Mizan Learning Center.

Kariadinata, R. (2012). Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Polya, G. (1985). How to Solve it. United States of America: Princeton University Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung:

Alfabeta.

Zubaidah, Siti. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay, Jurnal

Symposium On Biology Education




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v3i1.4196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Widza Nhurul Desyawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id