STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMECAHAN MASALAH POLYA
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v3i1.4196Keywords:
Strategi pemecahan masalah Polya, Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMK Muhammadiyah 2 Cibiru Kota Bandung bahwa di sekolah tersebut kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah, dikarenakan kurangnya keinginan siswa untuk bertanya kepada guru kemudian masih banyak siswa yang hanya menerima materi yang diajarkan tanpa menelaah lebih dalam dan berkelanjutan serta kurangnya keberanian siswa untuk mengeluarkan pendapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh strategi pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendididkan Agama Islam dan Budi Pekerti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini dianggap mampu mengungkap dan menganalisis fenomena-fenomena yang terjadi pada masa sekarang dan masalah-masalah yang bersifat fakta dan mengungkapkannya secara apa adanya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial perindikator, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, analisis determinasi, dan analisis hipotesis (uji t parsial). Dari hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh perhitungan statistik
yang menunjukan realitas pengaruh strategi pemecahan masalah Polya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 0,976, nilai tersebut berada pada interval 0,80 – 1,00. Kemudian derajat pengaruh dari variabel X terhadap variabel Y sebesar 78 % sedangkan 22 % ditentukan atau dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa
References
Amir, Z. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ifanali. (2014). Penerapan Langkah-langkah Polya untuk Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Masalah Soal Cerita Pecahan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13
Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadakulo, 01, 148.
Johnson, E.B. (2007). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar
Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Terjemahan oleh Ibnu Setiawan.
Bandung: Mizan Learning Center.
Kariadinata, R. (2012). Dasar-dasar Statistik Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Polya, G. (1985). How to Solve it. United States of America: Princeton University Press.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R& D. Bandung:
Alfabeta.
Zubaidah, Siti. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay, Jurnal
Symposium On Biology Education
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).