PENGARUH PENERAPAN TIPE STAD DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DALAM BIDANG STUDI PAI MATERI MENELADANI KEMULIAAN DAN KEJUJURAN PARA RASUL ALLAH (PENELITIAN QUASI EKSPERIMEN DI SMPN 1 SUKATANI KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2017/2018)


Teni Maryani(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI materi Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran para Rasul Allah dengan menggunakan pembelajaran tipe STAD dan pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar kognitif siswa antara siswa yang menggunakan tipe STAD dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, perbedaan hasil belajar kognitif
siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik dan pengaruh penerapan tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen dengan faktorial 2x3. Hasil penelitian menunjukkan: 1) pembelajaran yang menitik beratkan kerjasama antar siswa dengan menggunakan kelompok-kelompok kecil sedangkan pembelajaran konvensional yaitu proses pembelajaran yang lebih banyak didominasi gurunya sebagai pentransfer ilmu, 2) hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan pembelajaran tipe STAD lebih tinggi dibanding dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kognitif siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik, dan 4) terdapat pengaruh penerapan tipe STAD dan gaya belajar terhadap hasil
belajar kognitif siswa dalam bidang studi PAI.


References


Anderson, Lorin W dan David R.Krathwohl, eds Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assesmen, Revisi Taksonmi Pendidikan

Bloom.terjemahan oleh agus Prihantoro. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2015.

Anonimous, Depdiknas, Undang-ndang Republik Indonesia No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Anwar, Saepul dan Agus Fakhruddin, Pelaksanaan standar Penilaian oleh Guru PAI di Sekolah. Jurnal PAI Ta’lim Vol. 14 N0.2-2016 hal 139. Diunduh 17 Januari 2018.

Dalyono, M. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta, 2012.

DePorter, Bobby & Mike Hernacki, Quantum Learning. Quantum Learning Unleashing The Genius In Yu, Terj. Alwiyah Abdurrahman. Bandung : Kaifa, 2003

Gunawan, Adi W.Genius Learning Strategy, Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelerated learning. Jakarta : Gramedia, 2012.

Isjoni, Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta, 2014.

Kurdi, Syueb dan Abdul Aziz. Model Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama di SD. Bandung : Pustaka Bani Quraisy, 2006.

Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung : Al Maarif 1989

Miarso, Yusuf Adi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Prenata Media,2005

Nasution, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara, 2011.

Nasution, Harun. Islam Ditinjau dari Berbagai Aspek. Jakarta: UI Press, 2013.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung :Rosdakarya, 2010.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta, 2017

Sujana, Nana. Penilaian Hasil Proses Brlajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2016

Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2009

Warsita, Bambang. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta, 2008.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v3i1.4199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teni Maryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id