PENGGUNAAN METODE SMART GAME DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBUTKAN NAMA-NAMA DAN TUGAS-TUGAS MALAIKAT ALLAH DI KELAS VII A SMP NU SHOFIYATUL HUDA CIANJUR


Siti Parihah(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Pembelajaran yang menyenangkan akan terjadi jika guru kreatif dalam mengembangkan metode pembelajaran. Kesulitan siswa dalam memahami materi dapat terjadi karena metode guru yang cenderung tidak membawa pembelajaran pada suasana yang menyenangkan. Karena itu, yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan metode smart game dan pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam materi PAI. Adapun tujuan penelitian ini adalah agar kita dapat mengetahui bagaimana penggunaan suatu metode yang kreatif dapat membuat
pembelajaran menjadi menyenangkan bahkan mampu meningkatkan emahaman siswa dalam menyerap materi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, jurnal harian, dan melakukan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII A SMP NU Shofiatul Huda Cianjur pada kompetensi dasar menyebutkan nama-nama dan tugas-tugas malaikat Allah dengan menggunakan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match. Kesimpulan hasilnya adalah penggunaan metode ini mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menyebutkan nama dan tugas malaikat serta siswa sangat senang belajar dengan metode smart game seperti ini


References


Alim, M. (2011). Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andayani, A. M. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aziz, R. Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dan Kompetitif dalam Mengembangkan Kreatifitas, dipublikasikan pada jurnal: MADRASAH, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol 1, No 1, Juli-Desember 2008.

Daradjat, Z. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Holil, A. Model Pembelajaran Kooperatif, www.anwarholil.blogspot.com, diakses pada

tanggal 10 Maret 2017.

Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran PAI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rijal. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match ,

http://www.rijal09.com/2016/12/model-pembelajaran-kooperatif-tipe-make-amatch. html, diakses pada tanggal 10 Maret 2017.

Santoso, A. (tanpa tahun). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Pustaka Dua.

Slavin, Robert E, Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik, Terj : Nurulita,Bandung: Nusa media, 2008, Cet. III

Tim Ipotes. Metode Pembelajaran Kooperatif, www.ipotes.wordpress.com, diakses

pada tanggal 10 Maret 2017




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v3i1.4200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Parihah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id