PENINGKATAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MELALUI METODE SCAFFOLDING PADA SISWA KELAS V MI TERPADU AD-DIMYATI BANDUNG


Shalahudin Ismail(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Sebagai kalam Allah, al-Qur’an adalah kitab suci yang pada dasarnya sebagai pedoman dan pembimbing manusia untuk mencapai kemakmuran dan kebahagiaan dunia dan akhirat. Namun pada kenyataanya banyak siswa yang tidak bisa membaca dan menulis al-Qur’an. Salah satu faktor penyebab di balik ini adalah pendidik cenderung hanya berfokus pada metode pembelajaran konvensioanal.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan kemampuan baca tulis al-Qur’an siswa kelas V MI Terpadu Ad-Dimyati Bandung setelah menggunakan metode scaffolding. Penelitian ini menggunakan metode quasi-experimen one grouf pretest posttest. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa metode scaffolding sangat sistematis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an
siswa kelas V MI.


Keywords


Baca Tulis Al-Qur’an, Metode Scaffolding

References


Abdulllatif, Model Pembelajaran Scaffolding. (online). http://repository.upi.edu (3 Februari 2018).

Abdul Qodir, Muhammad, 1981, Thuruqu Ta’limi At-tarbiyah Al-Islamiyah, Kairo:Maktabah Al-Nahdoh Al-Misyriyyah

Basri, Hasan, 2012, Terjemah Al-Qur’an Al-Mubarrok, Bandung: Al-Hira

Gus Arifin dan Suhendri Abu Faqih, 2010, Al-Qur’an Sang Mahkota Cahaya, Jakarta:Elek Media Komputindo

Hamid, Abdul, 2008, Media Pembelajaran Bahasa Arab, Malang:UIN Malang Press,2008

Hoetomo, 2005, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: PT. Mitra Pelajar

Ibrahim, Muhammad Jaramy, 2001, Mu’jam Ulum Al-Qur’an, Damaskus: Darul Qolam

Jum’ah, Ali, 1425 H, Ahlkamu At-Tilawah Wa At-Tajwid Al-Muyassarah, Riyadh: Darul Nafais,

Kartini Kartono dan Dali Dula, 1987, Kamus psikologi Pendidikan, Bandung: CV.Pionerjaya

Najar, Philip, 1969, Arabic Without Teacher, Beirut: Dar Al Ilm Lilmalayin

N. Sudjana dan Ibrahim, 2007, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinarbaru Algesindo

Ratnawati Mamin, Penerapan Model Pembelajaran Scaffolding Pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur” Jurnal Chemical, Vol 2, 55-60

Shihab, Quraish, 1998, Mukjizat Al-Qur’an, Bandung:Mizan

Supardi, Perbandingan Metode Membaca Al-Qur’an Bagi Pebelajar Pemula Di TKA/TPQ Kelurahan Bareng Malang dalam Jurnal Penelitian Keislaman, 1/12/2004

Suyono & Harianto, 2016, Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2016

Trianto, 2011, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Edisi Ke-4, Jakarta:Kencana

Yamin, Martinis, 2011, Paradigma baru Pembelajaran, Jakarta:Gaung Persada




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Shalahudin Ismail

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id