PEMBIASAAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM SHALAT DUHA (Studi di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya)


Agus Samsudin(1*)

(1) ,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: tujuan, proses, evaluasi, faktor pendukungpenghambat dan keberhasilan pembiasaan perilaku keberagamaan peserta didik melalui program shalat duha di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kepustakaan. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, sebagian guru dan sebagian peserta didik. Analisis data dilakukan dengan memiliah data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pembiasaan perilaku keberagamaan peserta didik bertujuan membentuk akhlak terpuji, mengakrabkan dan membiasakan peserta didik berprilaku disiplin, istiqamah, dan menanamkan nilai ibadah dalam kehidupan
sehari-hari. Proses intinya yaitu pelaksanaan salat duha sedangkan proses pendukungn meliputi:pembacaan asmaul husna, istighfar, tahmid, tahlil dan kultum. Evaluasinya dilakukan dengan memonitoring kegiatan dan absensi peserta didik. Faktor pendukung internalnya yaitu kesadaran peserta
didik sedangkan faktor pendukung eksternalnya meliputi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan serta kekompakan komponen sekolah. Faktor penghambat internalnya yaitu rendahnya kesadaran peserta didik sedangkan faktor penghambat eksternalnya meliputi tidak konsistennya pemberian sanksi dan lingkungan yang tidak mendukung. Keberhasilan secara prosesnya ditandai dengan efektifnya pelaksanaan program sedangkan keberhasilan secara manfaatnya yaitu dapat membentuk dan membiasakan peserta didik melakukan hal-hal positif.


Keywords


Pembiasaan, Perilaku Keberagamaan, Program Salat Duha

References


Anshari, HM. Hofi (1993). Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional

Ariesandi, (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia (2008). Manajemen Pendidikan, Yogyakarta:Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Bagir, Haidar (2007). Buat Apa Salat? Kecuali anda Hendak Mendapatkan Kebahagiaan dan Pencerahan Hidup, Bandung: Mizania dan Pustaka IMan

Cs, Djaka (1976). Rangkuman Ilmu Mendidik, Jakarta: Mutiara

Darmono (2007). Perpustakaan Sekolah: pendekatan aspek manajemen dan tata kerja, Jakarta: Grasindo

Ghazali, Adeng Muchtar (2004). Agama dan Keberagamaan dalam Konteks Perbandingan Agama, Bandung: Pustaka Pelajar

http://regional.kompas.com/read/2017/11/14/19060851/masihkenakanseragamsekolah-2-pasang-pelajar-tepergok-berduaan-di-kamar,

diakses tanggal 20 Desember 2017. http://republika.co.id/berita/nasional/hukum/18/02/05/p3obc3330-fahira-soal-gurutewas-bukan-hanya-masalah-dunia-pendidikan, diakses tanggal 05 Februari 2018.

Jalaluddin, (2010). Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers

Langgulung, Hasan (2003). Pendidikan Islam dalam Abad ke-21, Jakarta: Pustaka al-Husna Baru

Luqmam, Asaduddin (2014). Pengembangan Pendidikan Katakter Melalui Metode Pembiasaan Dan Keteladanan, Cendekia, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.12 No.1 Januari-Juni: STAIN Ponorogo

Majid Abdul dan Andayani, Dian (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam,Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Muchtar dan Jauhari, Heri (2005). Fikih Pendidikan, Bandung:Remaja Rosda Karya

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Musbikin, Imam (2007). Rahasia Salat Duha, Yogyakarta: Mitra Pustaka

Nawawi, Hadari (2005). Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press

Ramayulis (2003). Psikolgi Agama, Jakarta: Kalam Mulia

Suwarno (1985). Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Baru

Syah, Muhibbin (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Tohirin (2007). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Agus Samsudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id