PEMBIASAAN PERILAKU KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM SHALAT DUHA (Studi di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya)
DOI:
https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4212Keywords:
Pembiasaan, Perilaku Keberagamaan, Program Salat DuhaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: tujuan, proses, evaluasi, faktor pendukungpenghambat dan keberhasilan pembiasaan perilaku keberagamaan peserta didik melalui program shalat duha di SMK Husnul Khotimah Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kepustakaan. Subjek penelitiannya yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan, waka kurikulum, sebagian guru dan sebagian peserta didik. Analisis data dilakukan dengan memiliah data yang diperoleh kemudian dikumpulkan untuk dianalisis dan diambil kesimpulan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa pembiasaan perilaku keberagamaan peserta didik bertujuan membentuk akhlak terpuji, mengakrabkan dan membiasakan peserta didik berprilaku disiplin, istiqamah, dan menanamkan nilai ibadah dalam kehidupan
sehari-hari. Proses intinya yaitu pelaksanaan salat duha sedangkan proses pendukungn meliputi:pembacaan asmaul husna, istighfar, tahmid, tahlil dan kultum. Evaluasinya dilakukan dengan memonitoring kegiatan dan absensi peserta didik. Faktor pendukung internalnya yaitu kesadaran peserta
didik sedangkan faktor pendukung eksternalnya meliputi sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan serta kekompakan komponen sekolah. Faktor penghambat internalnya yaitu rendahnya kesadaran peserta didik sedangkan faktor penghambat eksternalnya meliputi tidak konsistennya pemberian sanksi dan lingkungan yang tidak mendukung. Keberhasilan secara prosesnya ditandai dengan efektifnya pelaksanaan program sedangkan keberhasilan secara manfaatnya yaitu dapat membentuk dan membiasakan peserta didik melakukan hal-hal positif.
References
Anshari, HM. Hofi (1993). Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional
Ariesandi, (2008). Rahasia Mendidik Anak Agar Sukses dan Bahagia, Tips dan Terpuji Melejitkan Potensi Optimal Anak, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Arikunto, Suharsimi dan Yuliana, Lia (2008). Manajemen Pendidikan, Yogyakarta:Aditya Media bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta
Bagir, Haidar (2007). Buat Apa Salat? Kecuali anda Hendak Mendapatkan Kebahagiaan dan Pencerahan Hidup, Bandung: Mizania dan Pustaka IMan
Cs, Djaka (1976). Rangkuman Ilmu Mendidik, Jakarta: Mutiara
Darmono (2007). Perpustakaan Sekolah: pendekatan aspek manajemen dan tata kerja, Jakarta: Grasindo
Ghazali, Adeng Muchtar (2004). Agama dan Keberagamaan dalam Konteks Perbandingan Agama, Bandung: Pustaka Pelajar
diakses tanggal 20 Desember 2017. http://republika.co.id/berita/nasional/hukum/18/02/05/p3obc3330-fahira-soal-gurutewas-bukan-hanya-masalah-dunia-pendidikan, diakses tanggal 05 Februari 2018.
Jalaluddin, (2010). Psikologi Agama, Jakarta: Rajawali Pers
Langgulung, Hasan (2003). Pendidikan Islam dalam Abad ke-21, Jakarta: Pustaka al-Husna Baru
Luqmam, Asaduddin (2014). Pengembangan Pendidikan Katakter Melalui Metode Pembiasaan Dan Keteladanan, Cendekia, Jurnal Pendidikan Islam, Vol.12 No.1 Januari-Juni: STAIN Ponorogo
Majid Abdul dan Andayani, Dian (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam,Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Muchtar dan Jauhari, Heri (2005). Fikih Pendidikan, Bandung:Remaja Rosda Karya
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Musbikin, Imam (2007). Rahasia Salat Duha, Yogyakarta: Mitra Pustaka
Nawawi, Hadari (2005). Penelitian Terapan, Yogyakarta: Gajah Mada University Press
Ramayulis (2003). Psikolgi Agama, Jakarta: Kalam Mulia
Suwarno (1985). Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Baru
Syah, Muhibbin (2010). Psikologi Pendidikan Dengan Pendidikan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Tohirin (2007). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).