Pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia


Ahmad Busroli(1*)

(1) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Ibn Miskawaih dikenal sebagai intelektual Muslim pertama di bidang filsafat moral. Ia dikenal sebagai sejarawan, filsuf, dokter, penyair, dan ahli bahasa. Seperti halnya Ibn Miskawaih, Imam al-Ghazali adalah orang yang mencintai sains, orang yang suka menemukan kebenaran. Imam al-Ghazali mempelajari berbagai cabang ilmu pengetahuan seperti ilmu agama, ilmu ushul, mantiq, retorika, logika, ilmu kalam, dan filsafat. Dengan kelebihannya yang dia buat, Imam Ghazali tidak puas, sampai dia menjadi seorang Sufi. Oleh karena itu, Pemikiran Ibn Miskawaih dan Imam al-Ghazali harus dikatakan sebagai tokoh Muslim multi-ilmiah. Dengan pengetahuan yang ia miliki, tidak ada keraguan bahwa pemikiran Ibn Miskawaih dan Imam al-Ghazali dapat memberikan perubahan dalam sains, terutama di bidang moralitas. Pemikiran agama, kritis, dan humanis Ibn Miskawaih dan Imam al-Ghazali menyatukan pemikiran abstrak dengan praktik yang sangat logis dan menunjukkan koherensi dan konsistensi bahwa itu dapat digunakan sebagai referensi untuk pengembangan pendidikan moral, terutama dalam Pendidikan Karakter di Indonesia, terutama di era ini di mana manusia belum mampu mempertahankan nilai-nilai moral dalam aspek kehidupan dan terus mengalami dekadensi moral.

Keywords


Miskawaih; al-Ghazali; moral; pendidikan karakter

References


Al-Ghazali, Ihya Ulum Al-Din, Ter. Muhammad al-Baqir, Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia, Bandung : Mizania, 2015

…………., Ihya Ulum Al-Din, Ter. Muhammad Al-Baqir, Mengobati Penyakit Hati Membentuk Akhlak Mulia, Bandung: Mizan, 2015

…………., Mi’raj al-Salikin, Kairo : Silsilat Al-saqafat al-Islamiyat, 1964

Arifin, M, Perbandingan Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002

Aziz, Safrudin, Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta: Kalimedia,2015

Dahlan, Abdul Aziz, Pemikiran Falsafi Dalam Islam, Padang : IAIN-Press, 1999

Jalaluddin, Usman Sa’id, Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1994

Juraini, Metode Khusus Pendidikan Agama, Malang: Rosda Karya, 2001

Kosim Muhammad, Pemikiran Pendidikan Islam Ibnu Kaldun, Jakarta: Rineka Cipta, 2012

Langgulung, Hasan, Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1992

Maksum, Ali dan Luluk Yunan Ruhendi, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern, Mencari “Visi Baru” atas “Realitas Baru” Pendidikan Kita, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004

Miskawaih, Ibnu, Tahdzib al-Akhlak, Beirut : Darul al-Kutub al-Ilmiah, 1329 H

…………., Ibnu, Tahdzib al-Akhlak, Ter. Helmi Hidayat, Menuju Kesempurnaan Akhlak, Bandung: Mizan, 1994

Mustafa, A, Filsafat Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2007

Mustaqim, Pemikiran Pendidikan Islam: Kajian Tokoh Klasik dan Kontemporer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999

Nata, Abuddin, Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam, Cet. I, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2005

Rahmaniyah, Istighfarotur, Pendidikan Etika, Malang: UIN-Maliki Press, 2010

Rusn, Abidin Ibnu, Pemikiran Al-Gazali Tentang Pendidikan, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2013

Suwito, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih, Yogyakarta : Belukar, 2004

Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: PT Remaja Rosda karya Offset, 2013

Tirtarahardja, Umar, Pengantar Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010

Umar, Bukhari, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Amzah, 2010

Zafri, Mustafa, Kunci Memahami Ilmu Tasawuf, Surabaya: PT. Bina Ilmu, 1991

Zar, Sirajuddin, Filsafat Islam, Filosof dan Falsafatnya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007

Zuhairini, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2009

https://mutudidik.wordpress.com/2017/02/28/modul-pelatihan-penguatan-pendidikan-karakter




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v4i2.5583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ahmad Busroli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id