Interaksi Simbolik dan Imaji Religious dalam Membangun Citra Pondok Pesantren Nurul Jadid


Hasan Baharun(1*), Intania Intania(2)

(1) Nurul Jadid University, Indonesia
(2) Universitas Nurul Jadid, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This paper presents about the interpretation of symbols that are formed in all activities in Islamic boarding schools, where the use of these symbols has a deep meaning in religious aspects, especially in building a positive image of Islamic boarding school, until it can attract public confidence in the implementation of education and learning inside of it. The symbols formed are the creations, works, and initiatives of Islamic boarding school residents, as the basic of their social behavior and actions. This research uses a qualitative with case study, with a research site at Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, East Java. The results showed that the symbols of social interaction at Islamic boarding school has own attraction. The harmony of Islamic boarding school residents in their behavior and the meaning that contained by islamic values. Syimbol which is showed through the behavior of Islamic boardin school residents is including to the part of religious image which has function as society’s aid to recognize religious life of islamic boarding school residents well, until it can be formed positive image for Islamic boarding school persistence. Hence, symbol as media to show religious image can increase positive image which is pointed to society’s trust toward education persistence at Islamic boarding school.  

Tulisan ini menyajikan tentang interprestasi simbol-simbol yang terbentuk pada seluruh aktivitas yang ada di pondok pesantren, di mana penggunaan simbol tersebut memiliki makna yang mendalam dalam aspek religious, khususnya dalam membangun citra positif pesantren, sehingga mampu menarik kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran di dalamnya. Simbol yang terbentuk merupakan cipta, karya dan karsa warga pondok pesantren, sebagai basis perilaku dan tindakan sosialnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus, dengan situs penelitian di Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa simbol-simbol dalam interaksi sosial pondok pesantren memiliki daya tarik sendiri. Keselarasan warga pondok pesantren dalam berperilaku melalui simbol-simbol tertentu, disebabkan karena penyesuain perilaku dengan makna yang terkandung dalam nilai-nilai Islam. Simbol yang ditampilkan melalui perilaku warga pondok pesantren, termasuk bagian dari imaji religious yang berfungsi membantu masyarakat mengenal dengan baik kehidupan religious pondok pesantren, sehingga akan membentuk citra positif bagi keberlangsungan pendidikan di pondok pesantren. Dengan demikian, simbol sebagai media untuk menunjukkan imaji regious, mampu meningkatkan citra positif pondok pesantren yang berujung pada kepercayaan masyarakat terhadap keberlangsungan pendidikan di pondok pesantren. 


Keywords


Symbolic Interaction; Religious Imagery; Image; Boarding School

References


Abd. Hamid Wahid, Chusnul Muali, B. S. (2018). Pendidikan Akhlak Perspektif Al-Ghazali. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 7(2), 190–205.

Abrori, H. (2018). Humas sebagai Method of Communication dalam Membentuk Image Madrasah. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 160–166.

Agus, A. H., & Ummah, B. (2019). STRATEGI I MA G E B RA N DI N G UNIVERSITAS NURUL JADID DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 59–81.

Armiah. (2004). Perilaku Simbolis Santri dalam Praktik Keagamaan di Pesantren Daarut Tauhid Bandung. MEDIATOR, 5(2), 281–295.

Aswi, S., Rofiqi, Zulkarnain, Y., Heriadi, Minnanurrachim, A., Sa’dullah, M., … Agus, M. (2014). RIWAYAT SINGKAT ALMARHUMIN PONDOK PESANTREN NURUL JADID (2nd ed.; H. Rozaq & M. Zamweil, eds.). Probolinggo: Sekretariat Pondok Pesantren Nurul Jadid.

Bali, M. M. E. I. (2017). Perguruan Tinggi Islam Berbasis Pondok Pesantren. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 1–14.

Chotimah, C. (2012). Strategi Public Relations Pesantren Sidogiri dalam Membangun Citra Lembaga Pendidikan. Islamica, 7(1), 186–210.

Cresweel, J. (2018). Reserch Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran, Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Dardiri, A. (2012). MEMBANGUN CITRA PENDIDIKAN KEJURUAN: MANFAAT DAN IMPLIKASINYA BAGI PERBAIKAN KUALITAS OUTPUT DAN OUTCOME. INVOTEC, VIII(1), 1–19.

Desman, M., Widodo, M., & Riadi, B. (2019). IMAJI PADA KUMPULAN PUISI KITA HANYA POHON KARYA ISBEDY STIAWAN ZS DAN RANCANGANNYA. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–8.

Erwin Indrioko. (2015). Membangun Citra Publik Dalam Lembaga Pendidikan Islam. Universum, 9(2), 265–274.

Faiz, & Rahwiniyanto, D. (2019). Humas Dalam Perspektif Ontologis: Tinjauan Fungsional Manajemen Humas. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 109–120. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.651

Haliemah, N., & Kertamukti, R. (2017). Interaksi Simbolis Masyarakat Dalam Memaknai Kesenian Jathilan. Jurnal ASPIKOM, 3(3), 494–507. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i3.173

Hannah Mahfuzhah, A. (2018). Media publikasi Humas dalam Pendidikan. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 137–149.

Hutapea, E. (2003). IDENTIFIKASI DIRI MELALUI SIMBOL-SIMBOL KOMUNIKASI (Studi Interaksionisme Simbolik Komunitas Pemakai Narkoba Di DKI Jakarta) Edison Hutapea. Jurnal Bricolage, 2(1), 1–14.

Ilmy, A. N., Wahid, A. H., & Muali, C. (2018). Urgensi Keterlibatan Wali Asuh Dalam Dinamika Pendidikan Di Pesantren. Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 6(1), 45.

Irawan, A. (2019). Sikap sosial siswa dalam kegiatan infaq. 4, 225–235.

Kertamukti, R. (2015). INSTAGRAM DAN PEMBENTUKAN CITRA (Studi Kualitatif Komunikasi Visual dalam Pembentukan Personal Karakter Account Instagram @basukibtp) Rama. Jurnal Komunikasi PROFETIK, 8(1), 57–66.

Laksmi. (2017a). Teori Interaksionisme Simbolik dalam. PUSTABIBLIA: Journal Of Library and Information Science, 1(1), 121–138.

Laksmi. (2017b). Teori Interaksionisme Simbolik dalam Kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. PUSTABIBLIA: Journal Of Library and Information Science, 1(1), 121–138.

Laksmi, L. (2018). Teori Interaksionisme Simbolik dalam Kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 1(2), 121–131.

Muhakamurrohman, A. (2014). Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi. Jurnal Kebudayaan Islam A., 12(2), 109–118. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/ibda.v12i2.440

Mulyadi, S. (2018). Perencanaan Humas Dan Usaha Membangun Citra Lembaga Yang Unggul. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 2(2), 125.

Mundiri, A., & Bariroh, A. (2018). TRANS INTERNALISASI PEMBENTUKAN. IQRA‘ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan) E-ISSN, 3(1), 24–55.

Munif, M. (2016). Pengembangan Pendidikan Agama Islam Sebagai Budaya Sekolah. Jurnal Pedagogik, 3(2), 46–57.

Pernandi, I. (2018). Studi Kajian Interaksionisme Simbolik Pondok Pesantren Misbahulkhoir Bojong Purwakarta. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 4(1), 1–10. https://doi.org/10.30653/003.201841.36

Rifa’i, M. (2017). Community Empowerment In Islamic Boarding School (1st ed.; M. Rifa’i, ed.). Probolinggo: CV. MANDIRI.

Rozaq, H., Saili, A., Azharghani, R., Firdaus, H., & Ach. Khoiri. (2011). PROFIL PONDOK PESANTREN NURUL JADID (1st ed.; A. Saili, ed.). Probolinggo: Humas Sekretariat Pondok Pesantren NurulJadid.

Rozi, F., & Zubaidi, A. (2019). EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE AL-MIFTAH LI AL-ULUM DALAM BELAJAR MEMBACA BUKU KLASIK DI PP. NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. Muróbbî: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 157–174.

Roziqin, Z., & Rozaq, H. (2018). MENGGAGAS COMPETITIVE ADVANTAGE MELALUI BRANDING IMAGE DI MADRASAH ALIYAH NURUL JADID PAITON PROBOLINGGO. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 18(2), 225–244.

Rusydiyah, E. F. (2017). Konstruksi Sosial Pendidikan Pesantren; Analisis Pemikiran Azyumardi Azra. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 21–43.

Sastrawati, N. (2015). Simbolisme Dalam Pencitraan Partai Politik. Al-Daulah, 4(1), 168–177.

Setiawati, D. (2011). INTERAKSIONISME SIMBOLIK DALAM KAJIAN SEJARAH. Agastya, 1, 991–115.

Shofiyyah, N. A., Ali, H., & Sastraatmadja, N. (2019). Model Pondok Pesantren di Era Milenial. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.585

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif.

Suyadi. (2015). Strategi Pencitraan Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini ( Studi Kasus RA Mu â€TM adz bin Jabal Yogyakarta ). Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.14421/jaa.2015.12.1-8

Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren : Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah, 8(I), 61–82.

Syuhud, S. (2019). Partisipasi Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Di Pondok Pesantren. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 37–48.

Taba, S. (1985). Pergulatan Dunia Pesantren. Jakarta,: P3M.

Wahid, A. H., & Hasanah, I. (2019). Penguatan Etika Kehumasan melalui Reorientasi Humas pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 25–36.

Yunus, Y., Mukhtar, J., & Nugroho, I. (2019). Manajemen Pengembangan Pondok Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren As’adiyah Belawa Baru, Masamba, Sulawesi Selatan). Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 82–101. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.506

Zain, I. A., & Husen, M. (2019). DAMPAK PENDIDIKAN MASYARAKAT PADA PERUBAHAN AKHLAK REMAJA. Atthulab, 4(1), 129–132.

Zulhimma. (2013). DINAMIKA PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN DI INDONESIA. Jurnal Darul ’Ilmi, 1(2), 165–181.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hasan Baharun, Intania Intania

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id