Integrasi Pembelajaran Kitab Kuning dalam Pembelajaran PAI


Ali Murtado(1*), Mohamad Erihadiana(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


This study aims to determine the curriculum structure of the PAI subjects at MTs Plus Karangwangi Subang. The type of research used is qualitative research. While the techniques in data collection are through interviews, observations, and documentation. The results of this study are in the MTs Plus Karangwangi curriculum adding hours and PAI subject matter from the number of hours and materials set by the government in the 2013 curriculum, as an effort to mature students in understanding the teachings of Islam.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur kurikulum mata pelajaran PAI di MTs Plus Karangwangi Subang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Sedangkan teknik dalam pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu dalam kurikulum MTs Plus Karangwangi menambahkan jam dan materi pelajaran PAI dari jumlah jam dan materi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dalam kurikulum 2013, hal ini sebagai upaya dalam rangka mematangkan siswa dalam memahami ajaran Agama Islam.


Keywords


Kurikulum; Kitab Kuning; PAI

References


At-Taubany, T. I. B., & Susena, H. (2017). Desain Pengembangan Kurikulum 2013 Di Madrasah (1st ed.). Depok: Kencana.

Dahwadin, & Nugraha, F. S. (2019). Motivasi dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (1st ed.). Wonosobo, Jawa Tengah: CV. Mangku Bumi Media.

H. Tahang, J. (2010). Urgensi Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 7(2), 163. https://doi.org/10.24239/jsi.v7i2.99.163-178

Kosim, A., & Faturrohman, N. (2018). Pendidikan Agama Islam sebagai Core Ethical Values untuk Perguruan Tinggi Umum (1st ed.; Engkus Kuswandi, ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lismina. (2017). Pengembangan Kurikulum (1st ed.; Imam Mohtar, ed.). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Moleong, L. J. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtaruddin. (2011). Pengaruh Pendidikan Agama Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik. Analisa: Jurnal Ilmu Sosial Dan Agama, 18(1), 133. https://doi.org/10.18784/analisa.v18i1.129

Munir. (2018). Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berbasis Kitab Kuning dan Signifikansinya dengan Karakter Siswa SMA Ahmad Yani 2 Baureno Bojonegoro. Edu-Religia: Jurnal Keagamaan Dan Pembelajarannya, 1(Vol 1 No 2 (2018): Septemeber). Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/edureg/article/view/1616

Nata, A. (2012). Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia (4th ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sarinah. (2015). Pengantar Kurikulum (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. (2009). Meetode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaifullah. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Kitab Kuning (Risalatul Muawwanah) di SMA MMa’arif Sukorejo. Jurnal Mafhum: Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 321–340. Retrieved from https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/mafhum/article/view/948

Syarif, M. (2017). Penguatan Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai Kurikulum Inti di Sekolah. PIGUR: Jurnal Pendidikan Guru, 2. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/pigur/article/view/5451

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i1.7370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mohamad Erihadiana, Ali Murtado

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id