Desain Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga


Ahmad Tafsir(1), Andewi Suhartini(2), Aji Rahmadi(3*)

(1) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(3) Islamic State University of Sunan Gunung Djati Bandung ., Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Islamic religious education in the family runs throughout the ages, through the process of implementing daily life in the family. The substance of religious education in the family is the role of parents paying attention to their children as their substitutes in the future. So the process of Islamic religious education in the family is very important. Islamic religious education is a shared responsibility, especially parents, because preparing the child's future becomes the responsibility of parents both in terms of psychological, physical, educational, child health and religiousness. The design of Islamic religious education is the practice of educational planning to help in the transfer of knowledge and the inculcation of religious values in full and continuity, to form a Muslim person who is obedient to his God and becomes a Muslim person who is useful to society.

 

Abstrak 

Pendidikan agama Islam dalam keluarga berjalan sepanjang masa, melalui proses implementasi kehidupan sehari-hari dalam keluarga. Substansi pendidikan agama dalam keluarga dalah bagaiman peran orang tua mencurahkan perhatian kepada anak-anak mereka sebagai pengganti mereka di masa yang akan datang. Sehingga proses pendidikan agama Islam dalam keluarga sangatlah penting.  Pendidikan agama Islam merupakan tanggung jawab bersama terutama orang tua, karena menyiapkan masa depan anak menjadi tanggung jawab orang tua baik dari sisi psikologis, fisik, pendidikan, kesahatan dan religiusitas anak. Desain pendidikan agma Islam adalah praktek perencanaan pendidikan untuk membantu agar dapat terjadi transfer ilmu pengetahuan dan penanaman nilai-nilai kegamaan secara utuh dan kontinuitas, untuk membentuk pribadi muslim yang taat kepada Tuhannya dan menjadi pribadi muslim yang berguna bagi masyarakat.


Keywords


desain; pendidikan; keluarga; religius

References


Abdullah Nasih Ulwan, Kaidah-kaidah Dasar Pendidikan Anak menurut Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999

Achmadi, Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Aditya Media, Yogyakarta:, 1992

Aziz Erwati, Prinsip-prinsip Pendidikan Islam, Tiga Serangkai, Solo:, 2003

Bakir Yusuf Barmawi, Pembinaan Kehidupan Beragama Islam pada Anak, Semarang: Toha Putra, 1993

Hamdani Ali, Filsafat pendidikan, Yogyakarta: Kota Kembang, 1986

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan : Suatu Analisis Psikologis, Filsafat dan Pendidikan, (Jakarta: Pustaka al-Husna, 1989)

Imam Mohtar, Problematika Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Masyarakat, Uwais Inspirasi Indonesia, Jawa Timur, 2017

Moleong, L. J. Metodologi Penelitian Kualitatif (36th ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2017

M. Nipan Abdul Halim, Anak Shaleh Dambaan Keluarga, Yogyakarta: Mitra Pustaka, 2003

Muhammad Qutb, Sistem Pendidikan Islam, terj. Salman Harun, Bandung: al-Ma’arif, 1993,

Maksum. Madrasah Sejarah dan Perkembangannya. Jakarta: Logos wacana ilmu 1999

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010

Lukman Hakim, Perencanaan Pembelajaran, Bandung : Wacana Prima,2008

Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002

Muslim Nurdin, dkk., Moral dan Kognisi Islam, Bandung: Alfabeta, 1993

Muhammad Yusuf Harun, Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Yayasan al-Sofwa, 1997

Munandir, Rancangan Sistem Pembelajaran Jakarta: P2LPTK, 1992.

Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia: 2011

Pupu, S. R. (2009). Penelitian Kualitatif. Journal Equilibrium, Vol. 5, pp. 1–8. Retrieved from yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Samsul Munir Amin, Menyiapkan Masa Depan Anak Secara Islami, Jakarta : Amzah, 2007

Sapriya, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia, 2012,

Soenarjo, dkk., Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: Toha Putra, 1989

Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam : Pendekatan Historis, Teoristis dan Praktis, (Jakarta : Ciputat Press, 2002)

Suriadi, Mursidin, Kamil, Adnan, Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin Sambas Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan p-ISSN:1858-1080|e-ISSN: 2615-6547 Vol. 15, No. 01, Juli 2019, pp. 89-105.pdf

Yahya,. Pendidikan Agama Islam. Watampone: STKIP Muhanunadiyah Watampone. 2001

Zakiah Daradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Jakarta: Ruhama, 1995

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam Cet. V; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 1994

Zakiyah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang, 1979

Zuhairini, dkk, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, Cet. II, 1995




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Aji Rahmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id