Keteladanan Kyai dalam Pembentukan Akhlak Sosial Santri Pondok Pesantren As-Sanusi Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon


Abdul Haris Maulana(1*), Suteja Suteja(2), Mahfudz Mahfudz(3), Siti Maryam Munjiat(4)

(1) , Indonesia
(2) IAIN SYEKH NURJATI, Indonesia
(3) IAIN SYEKH NURJATI, Indonesia
(4) IAIN SYEKH NURJATI, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstract: The example of the kyai is a series of kyai activities that are usually carried out and can be imitated by the santri as an effort of the kyai in the process of forming the social morals of the santri. -values based on the Koran and al-Hadith which are called morals. The purpose of this study was to obtain data about the efforts of the kyai in shaping the personality of the students in order to become human beings with Islamic personalities with their religious knowledge. This research method uses qualitative methods with observation data collection techniques, documentation in-depth interviews and questionnaires. The data analysis technique used is data reduction. data appearance and conclusions. The results of the study indicate that the pesantren has implemented various methods to shape the social morals of the students, such as a generous, outgoing and friendly brotherhood, honestly speaking good words, fulfilling promises. mutual respect and tolerance. In the results of this study, almost all students have good social morals.

Abstrak: Keteladanan kyai merupakan serangkaian aktivitas kyai yang biasa dilakukan dan dapat ditiru santri sebagai upaya kyai dalam proses pembentukan akhlak sosial santri. Adanya pembentukan akhlak sosial pada santri merupakan usaha atau ikhtiar mengembalikan kebiasaan-kebiasaan baik yang kian memudar pada zaman sekarang, maka dibutuhkan penguatan kembali terhadap nilai-nilai berdasarkan al-Qur’an dan al-Hadits yang disebut akhlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang usaha kyai dalam membentuk kepribadian santri agar menjadi manusia yang berkepribadian Islam dengan ilmu agamanya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penampilan data serta kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesantren telah melakukan berbagai metode untuk membentuk akhlak sosial santri seperti persaudaraan, rendah hati, dermawan, supel dan ramah, jujur, bertutur kata yang baik, memenuhi janji, saling menghormati dan toleransi. Pada hasil penelitian ini hampir keseluruhan santri telah memiliki akhlak sosial yang baik.

 


Keywords


Exemplary Kyai; Social Morals; Santri; Keteladanan Kyai; Akhlak Sosial

References


A. Hasan, Syamsul. 2009. Kharisma Kyai As’ad di Mata Umat. Yogyakarta: PT Lkis Printing Cemerlang.

Afriantoni. 2015. Prinsip-prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda. Sleman: Deepublish.

Ahmadi, Abu. 2010. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhmad Fahmi, Suteja, Suklani. 2019. Pengaruh Pemberian Tugas Hafalan Terhadap Kemampuan Menghafal Siswa Pada Bidang Studi Alqur’an Hadits Di MTs Hidayatus Shibyan Desa Kecomberan Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon. Jurnal Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4, No 1. 223

Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam (Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Rosdakarya.

Arief, Armei. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Bungin, Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif . Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Eksan, Moch. 2000. Kyai Kelana. Yogyakarta: Lkis Yogyakarta.

Iwan. 2020 . “Merawat Sikap Sopan Santun Dalam Lingkungan Pendidikan,” At-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No 4. 111.

J. Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif.

Kementerian Agama RI. 2011. Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan). Jakarta: Widya Cahaya.

Khusnan, Nurlela, Wawan A. Ridwan. 2019. Pengaruh Keteladanan Orang Tua Terhadap Akhlak Terpuji Remaja Usia 13-17 Tahun Di Rw 15 Kelurahan Kalijaga Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon. Jurnal Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4 No 1. 133

Kompri. 2018. Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Jakarta: Kencana.

Kurniawan, Asep. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Madjid, Nurkholis. 1997. Bilik-bilik Pesantren Sebuah Praktek Perjalanan. Jakarta: Paramadina.

Mahmud, Ali Abdul Halim. 2004. Akhlak Mulia (at-Tarbiyah al-Khuluq). Jakarta: Gema Insani Press.

Masyuri, Taqiyudin. 2018. Pengelolaan; Pendidikan Islam Non Formal. Cirebon: Aksarasatu.

Muhammad Jundi, Muh Arif, and Abdullah. 2020. “Pendidikan Islam Dan Keteladanan Moral Rasulullah Muhammad Saw Bagi Generasi Muda,” At-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 1 No. 4. 42.

Mujib, Abdul. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Musfah, Jejen. 2011. Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nizar, Samsul, 2013. Sejarah Sosial dan Dinamuka Intelektual Prendidikan Islam di Nusantara. Jakarta: Kencana.

Nunung Hurhasanah, H. Wawan A. Ridwan, Suteja. 2018. “Pembentukan Kepribadian Menurut Imam Al-Ghazali,” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 3, No. 2. 175

Ramayulis. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rosyadi, Khoiron. 2004. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shodiq, Akhmad. 2018. Prophetic Character Building: Tema Pokok Pendidikan Akhlak Menurut Al-Ghazali. Jakarta: Kencana.

Siti Fatimah, Akhmad Affandi, Siti Maryam Munjiat. 2020 . “Pengaruh Penerapan Teknik Pembelajaran Card Sort (Pemilihan Kartu) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Cirebon,” At-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam Vol.1 No 4. 167.

Taufiqur Rohman, “Mata Pelajaran Akidah Akhlak Sebagai Sarana Pembiasaan Sikap Tawadhu,” At-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan IslamVol 1 No 4 Juni 2020. 127.

Umary, Barmawie. 1995. Materi Akhlak. Solo: Ramadhani.

Ya’qub, Hamzah. 1996. Etika Islam. Bandung: Diponogoro.




DOI: https://doi.org/10.15575/ath.v6i1.9682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdul Haris Maulana, Suteja ., Mahfudz .

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

 

Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

Indexing:

 

Laboratory of Islamic Religious Education UIN Sunan Gunung Djati
2nd Floor of Education Building
Faculty of Tarbiyah and Teacher Training UIN Sunan Gunung Djati Bandung
(Campus 2) Jalan Cimincrang (Soekarno-Hatta), Cimincrang-Gedebage-Bandung, Indonesia 40294.

Phone: Mahlil Nurul Ihsan (+6289606296370)
E-mail: jurnal.atthulab@uinsgd.ac.id