Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya


Afifah Fatihakun Ni'mah Wahidah(1), Eva Latipah(2*)

(1) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,  
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,  
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan anak di usia dini adalah penting bagi orang tua ataupun guru untuk memantau dan mendampingi setiap perkembangannya, khususnya di usia 0-6 tahun atau bias kita sebut dengan masa golden age. Masa ini akan mempengaruhi perkembangan anak hingga mereka dewasa nanti. Salah satunya yaitu perkembangan bahasa, bahasa anak berkembang mulai dari yang sederhana menuju suatu yang rumit dalam pola yang dapat dicirikan pada setiap pribadi anak. Artikel ini menggunakan jenis library research atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis data yang bersumber dari artikel, buku, majalah, dan koran, serta karya ilmiah lainnya. library research ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil berbagai penelitian disajikan bahwa dengan berbahasa berarti menggunakan bahasa berdasarkan pengetahuan anak tentang kebiasaan dan sopan santun serta perilaku anak.Perkembangan bahasa anak merupakan gabungan dari kegiatan sosial anak, emosi anak, kemampuan berpikir atau kognitif anak, dan fisik dan motorik anak. Sehingga Perkembangan bahasa serta ciri-ciri maupun tahap-tahap dari perkembangan bahasa anak sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua ataupun guru, karena bahasa anak merupakan alat komunikasi atau penghubung antara anggota masyarakat sekitar untuk menyatakan gagasan, ide-ide, dan perasaan, serta keiinginan anak.


Keywords


perkembangan bahasa, anak usia dini, orang tua, guru

Full Text:

PDF

References


Amalia, E. R. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Conny R. Semiawan,Perkembangan dan Belajar Peserta Didik, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Bandung, 1999/2000, hlm. 128

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Fitria, Ana. 2010. Panduan Lengkap Tumbuh Kembang Bayi Anda Minggu ke Minggu. Yogyakarta. Kaldron.

Gunawan, G. (2016). Gambaran Perkembang Bicara dan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp13.1.2011.21-5

Hartanto, F., Selina, H., H, Z., & Fitra, S. (2016). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386. https://doi.org/10.14238/sp12.6.2011.386-90

Ida Saraswati. 2015. Diary Anakku Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Yogyakarta: Rona Publishing

Kartini Kartono. 2007. Psikologi Anak. Bandung: CV. Mandar Maju.

Latipah, E., Adi Kistoro, H. C., Hasanah, F. F., & Putranta, H. (2020). Elaborating motive and psychological impact of sharenting in millennial parents. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4807–4817. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081052

Latipah, E., Cahyo, H., Kistoro, A., & Putranta, H. (2020). The Effects of Positive Parenting toward Intolerance in Pre-School Children. International Journal of Early Childhood Special Education (INT-JECSE), 12, 137–146. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V12I2.201065

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643

Mulyani Sumantri, Nana Syaodih 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas terbuka.

Rini hildayani dkk. 2015. Psikologi perkembangan anak. Tangerang selatan: Universitas Terbuka.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Whitehead, M. R. (2007). Developing Language and Literacy with Young Children. In Paul Chapman Publishing (Third edit, Vol. 66).

William Surya Hartanto. (2018). Deteksi keterlambatan bicara dan bahasa pada anak. Cermin Dunia Kedokteran, 45(7), 545–266. http://www.child-encyclopedia.com/sites/default/files/textes-experts/en/622/early-identification-of-language-delay.pdf

Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Teknik Pengembangan Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 459–479. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7600




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292