Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya

Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya

Authors

  • Afifah Fatihakun Ni'mah Wahidah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Eva Latipah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940

Keywords:

perkembangan bahasa, anak usia dini, orang tua, guru

Abstract

Perkembangan anak di usia dini adalah penting bagi orang tua ataupun guru untuk memantau dan mendampingi setiap perkembangannya, khususnya di usia 0-6 tahun atau bias kita sebut dengan masa golden age. Masa ini akan mempengaruhi perkembangan anak hingga mereka dewasa nanti. Salah satunya yaitu perkembangan bahasa, bahasa anak berkembang mulai dari yang sederhana menuju suatu yang rumit dalam pola yang dapat dicirikan pada setiap pribadi anak. Artikel ini menggunakan jenis library research atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis data yang bersumber dari artikel, buku, majalah, dan koran, serta karya ilmiah lainnya. library research ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil berbagai penelitian disajikan bahwa dengan berbahasa berarti menggunakan bahasa berdasarkan pengetahuan anak tentang kebiasaan dan sopan santun serta perilaku anak.Perkembangan bahasa anak merupakan gabungan dari kegiatan sosial anak, emosi anak, kemampuan berpikir atau kognitif anak, dan fisik dan motorik anak. Sehingga Perkembangan bahasa serta ciri-ciri maupun tahap-tahap dari perkembangan bahasa anak sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua ataupun guru, karena bahasa anak merupakan alat komunikasi atau penghubung antara anggota masyarakat sekitar untuk menyatakan gagasan, ide-ide, dan perasaan, serta keiinginan anak.

References

Amalia, E. R. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw

Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377

Conny R. Semiawan,Perkembangan dan Belajar Peserta Didik, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Bandung, 1999/2000, hlm. 128

Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197

Fitria, Ana. 2010. Panduan Lengkap Tumbuh Kembang Bayi Anda Minggu ke Minggu. Yogyakarta. Kaldron.

Gunawan, G. (2016). Gambaran Perkembang Bicara dan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp13.1.2011.21-5

Hartanto, F., Selina, H., H, Z., & Fitra, S. (2016). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386. https://doi.org/10.14238/sp12.6.2011.386-90

Ida Saraswati. 2015. Diary Anakku Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Yogyakarta: Rona Publishing

Kartini Kartono. 2007. Psikologi Anak. Bandung: CV. Mandar Maju.

Latipah, E., Adi Kistoro, H. C., Hasanah, F. F., & Putranta, H. (2020). Elaborating motive and psychological impact of sharenting in millennial parents. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4807–4817. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081052

Latipah, E., Cahyo, H., Kistoro, A., & Putranta, H. (2020). The Effects of Positive Parenting toward Intolerance in Pre-School Children. International Journal of Early Childhood Special Education (INT-JECSE), 12, 137–146. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V12I2.201065

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643

Mulyani Sumantri, Nana Syaodih 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas terbuka.

Rini hildayani dkk. 2015. Psikologi perkembangan anak. Tangerang selatan: Universitas Terbuka.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Whitehead, M. R. (2007). Developing Language and Literacy with Young Children. In Paul Chapman Publishing (Third edit, Vol. 66).

William Surya Hartanto. (2018). Deteksi keterlambatan bicara dan bahasa pada anak. Cermin Dunia Kedokteran, 45(7), 545–266. http://www.child-encyclopedia.com/sites/default/files/textes-experts/en/622/early-identification-of-language-delay.pdf

Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Teknik Pengembangan Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 459–479. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7600

Downloads

Published

2021-03-30
Loading...