Pentingnya Mengetahui Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Stimulasinya
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v4i1.10940Keywords:
perkembangan bahasa, anak usia dini, orang tua, guruAbstract
Perkembangan anak di usia dini adalah penting bagi orang tua ataupun guru untuk memantau dan mendampingi setiap perkembangannya, khususnya di usia 0-6 tahun atau bias kita sebut dengan masa golden age. Masa ini akan mempengaruhi perkembangan anak hingga mereka dewasa nanti. Salah satunya yaitu perkembangan bahasa, bahasa anak berkembang mulai dari yang sederhana menuju suatu yang rumit dalam pola yang dapat dicirikan pada setiap pribadi anak. Artikel ini menggunakan jenis library research atau penelitian kepustakaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis data yang bersumber dari artikel, buku, majalah, dan koran, serta karya ilmiah lainnya. library research ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif. Berdasarkan hasil berbagai penelitian disajikan bahwa dengan berbahasa berarti menggunakan bahasa berdasarkan pengetahuan anak tentang kebiasaan dan sopan santun serta perilaku anak.Perkembangan bahasa anak merupakan gabungan dari kegiatan sosial anak, emosi anak, kemampuan berpikir atau kognitif anak, dan fisik dan motorik anak. Sehingga Perkembangan bahasa serta ciri-ciri maupun tahap-tahap dari perkembangan bahasa anak sangat penting untuk diperhatikan oleh para orang tua ataupun guru, karena bahasa anak merupakan alat komunikasi atau penghubung antara anggota masyarakat sekitar untuk menyatakan gagasan, ide-ide, dan perasaan, serta keiinginan anak.
References
Amalia, E. R. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode Bercerita. https://doi.org/10.31219/osf.io/kr5fw
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377
Conny R. Semiawan,Perkembangan dan Belajar Peserta Didik, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Bandung, 1999/2000, hlm. 128
Fitriani, D., Fajriah, H., & Rahmita, W. (2019). Media Belajar Big Book dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Reseptif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 247. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.197
Fitria, Ana. 2010. Panduan Lengkap Tumbuh Kembang Bayi Anda Minggu ke Minggu. Yogyakarta. Kaldron.
Gunawan, G. (2016). Gambaran Perkembang Bicara dan Bahasa Anak Usia 0-3 Tahun. Sari Pediatri, 13(1), 21. https://doi.org/10.14238/sp13.1.2011.21-5
Hartanto, F., Selina, H., H, Z., & Fitra, S. (2016). Pengaruh Perkembangan Bahasa Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 1-3 Tahun. Sari Pediatri, 12(6), 386. https://doi.org/10.14238/sp12.6.2011.386-90
Ida Saraswati. 2015. Diary Anakku Memahami Tumbuh Kembang Anak Usia 0-6 Tahun. Yogyakarta: Rona Publishing
Kartini Kartono. 2007. Psikologi Anak. Bandung: CV. Mandar Maju.
Latipah, E., Adi Kistoro, H. C., Hasanah, F. F., & Putranta, H. (2020). Elaborating motive and psychological impact of sharenting in millennial parents. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4807–4817. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081052
Latipah, E., Cahyo, H., Kistoro, A., & Putranta, H. (2020). The Effects of Positive Parenting toward Intolerance in Pre-School Children. International Journal of Early Childhood Special Education (INT-JECSE), 12, 137–146. https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V12I2.201065
Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan, 5(1), 61. https://doi.org/10.20527/dk.v5i1.3643
Mulyani Sumantri, Nana Syaodih 2006. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas terbuka.
Rini hildayani dkk. 2015. Psikologi perkembangan anak. Tangerang selatan: Universitas Terbuka.
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Whitehead, M. R. (2007). Developing Language and Literacy with Young Children. In Paul Chapman Publishing (Third edit, Vol. 66).
William Surya Hartanto. (2018). Deteksi keterlambatan bicara dan bahasa pada anak. Cermin Dunia Kedokteran, 45(7), 545–266. http://www.child-encyclopedia.com/sites/default/files/textes-experts/en/622/early-identification-of-language-delay.pdf
Zubaidah, E. (2004). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dan Teknik Pengembangan Di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 459–479. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.7600
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).