Aktivitas Anak Pada Penggunaan Media Pasir Berwarna Hubungannya Dengan Kemampuan Sains Anak


Zaenal Muftie(1*), Leni Sri Mulyani(2)

(1) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna, kemampuan sains anak, dan hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna dengan kemampuan sains anak. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu peseta didik kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, unjuk kerja, wawancara, dan dokumentasi. Nilai hasil perhitungan menunjukkan bahwa aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna diperoleh nilai rata-rata sebesar 75. Angka tersebut berada pada rentang 70 – 79 dengan kategori baik. Sedangkan kemampuan sains anak diperoleh nilai rata-rata sebesar 74. Angka tersebut berada pada rentang 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna dengan kemampuan sains anak Kelompok B RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,78 berada pada rentang 0,60 – 0,79 yang artinya memiliki tingkat hubungan yang tinggi. Hasil uji signifikansi diperoleh harga thitung = 4,44 > ttabel = 2,16 artinya hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Adapun besar kontribusi atau pengaruh aktivitas anak pada penggunaan media pasir berwarna terhadap kemampuan sains sebesar 60,84%. Hal ini menunjukkan masih terdapat 39,16% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan sains anak di RA Al-Kautsar Panyileukan Bandung. 


Keywords


Aktivitas, Media Pasir Berwarna, Kemampuan Sains Anak

Full Text:

PDF

References


Abdulhaji, S., & Yusuf, I. S. (2016). Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano.

Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group.

Anis, M. (2013). Manajemen Pembiayaan Pendidikan Di SDIT Assalamah Ungaran. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Anita Yus. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Media Grup.

Ali Nugraha. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Ali, Mohammad. (2010). Metodologi dan Aplikasi. Riset Pendidikan. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aulia, R., & Sugijianto. (2016). Perbedaan antara Core stability Exercise dengan Wiliam’s Flexsion Exercise terhadap Disabilitas dan Kekuatan Otot pada Low Back Pain Myogenik

B.E.F. Montolulu (2005), Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka.

Djarwanto, PS. (1994), Pokok – Pokok Analisa Laporan Keuangan. BPFE, Cetakan I, Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hayati, Tuti. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV. Insan Mandiri.

Kartono, Kartini. (2007). Psikologi anak. Bandung: CV Mandar Maju.

Kurniawan, Khaerudin (2012). Belajar dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: Bangkit Citra Persada.

Matahari Course. (2008) . Pasir warna. Diperoleh 2 februari 2020, dari http://www/mataharicourse.com/tag/pasir-warna

Muhibbin Syah. (2003). Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Olivia, Femi. (2008). Membantu Anak Punya Ingatan Super. Jakarta: Gramedia.

Pardjono, dkk. (2007). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: UNY.

Soemiarti Patmonodewo. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudono, Anggani, (2000). Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sujiono, Bambang. (2007). Metode Pengembangan Fisik, Jakarta: Universitas Terbuka.

Suryabrata, Sumadi: (2012). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

A.R, Syamsudin dan Vismania S. Damaianti (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v5i1.19608

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292