Peningkatan Keaksaraan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Gambar di TPQ Al-Aliyah Rengasdengklok Karawang

Peningkatan Keaksaraan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Gambar di TPQ Al-Aliyah Rengasdengklok Karawang

Authors

  • Dini Aliyatul Hofifah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Dewi Siti Aisyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Nancy Riana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.15575/japra.v5i1.19610

Keywords:

Keaksaraan, Media Gambar Variasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas anak dalam penggunaan media gambar variasi dalam meningkatkan keaksaraan pada anak. Penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan terhadap anak usia 4-5 tahun di TPQ Al-Aliyah Amansari, Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang Jawa Barat. Terdapat 12 orang anak yang dijadikan subjek. Rata-rata mengalami kesulitan dalam mengenal keaksaraan, dalam hal ini minat baca dan mengenal simbol-simbol huruf. Selayaknya PTK, penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa berdasarkan analisis informasi Siklus I, hanya 43,3% anak yang mengenal keaksaraan melalui media gambar variasi. Namun, Siklus II menunjukkan persentase 75%. Hal ini berarti terjadi peningkatan dalam kemampuan keaksaraan anak usia dini melalui media gambar variasi.

References

Ardiy, Wiyani, Novan. (2014). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asyhar, Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi.

Charlesworth, Rosalin. (1990). Math and Science for Young Children. New York: Demar Publisher Inc.

Dalman Dkk. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo.

Daryanto, S.S. (2008). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo. Departemen Pendidikan

Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2 No. 1.

Fitra, E. S. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Melengkapi Huruf Menjadi Kata Taman Kanak-Kanak Al Hikmah Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 13.

Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Logaritma : Jurnal IAIN Padang, 1(no 02), 1–12.

Nasional. (2003). Undang- undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nofianti, R. (2021). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Sadiman, Arief S. (2000). Media Pendidikan. Jakarta: Seri Pustaka Teknologi Pendidikan.

Safari, M. (2020). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Riau: Dotplus Publihser.

Suryana, D. (2016). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1), 81–96.

Downloads

Published

2022-08-10
Loading...