Peningkatan Keaksaraan pada Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Gambar di TPQ Al-Aliyah Rengasdengklok Karawang
DOI:
https://doi.org/10.15575/japra.v5i1.19610Keywords:
Keaksaraan, Media Gambar VariasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas anak dalam penggunaan media gambar variasi dalam meningkatkan keaksaraan pada anak. Penelitian kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilakukan terhadap anak usia 4-5 tahun di TPQ Al-Aliyah Amansari, Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang Jawa Barat. Terdapat 12 orang anak yang dijadikan subjek. Rata-rata mengalami kesulitan dalam mengenal keaksaraan, dalam hal ini minat baca dan mengenal simbol-simbol huruf. Selayaknya PTK, penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini berhasil menunjukkan bahwa berdasarkan analisis informasi Siklus I, hanya 43,3% anak yang mengenal keaksaraan melalui media gambar variasi. Namun, Siklus II menunjukkan persentase 75%. Hal ini berarti terjadi peningkatan dalam kemampuan keaksaraan anak usia dini melalui media gambar variasi.
References
Ardiy, Wiyani, Novan. (2014). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial dan Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asyhar, Rayanda. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi.
Charlesworth, Rosalin. (1990). Math and Science for Young Children. New York: Demar Publisher Inc.
Dalman Dkk. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Grafindo.
Daryanto, S.S. (2008). Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo. Departemen Pendidikan
Emzir. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 2 No. 1.
Fitra, E. S. (2012). Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Melalui Permainan Melengkapi Huruf Menjadi Kata Taman Kanak-Kanak Al Hikmah Agam. Jurnal Pesona PAUD, 1(1), 13.
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Logaritma : Jurnal IAIN Padang, 1(no 02), 1–12.
Nasional. (2003). Undang- undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Nofianti, R. (2021). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.
Sadiman, Arief S. (2000). Media Pendidikan. Jakarta: Seri Pustaka Teknologi Pendidikan.
Safari, M. (2020). Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Riau: Dotplus Publihser.
Suryana, D. (2016). Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kencana.
Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1 (1), 81–96.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).