Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Chrome Music Lab


Heri Hidayat(1*), Kawuryansih Widowati(2), Sania Syifa Mazidah(3), Siti Maryam(4), Vani Noviani(5), Wida Wardatul(6), Winda Rahayu M(7)

(1) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(2) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(4) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(5) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(6) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(7) UIN Sunan Gunung Djati, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Permasalah yang ada di masyarakat yaitu minimnya kepekaan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan kreativitas pada anak, sehingga kreativitas anak tidak terasah serta tidak tumbuh dengan baik. Aspek lain yang dapat membatasi kreativitas yaitu lingkungan yang kurang mendukung anak- anak untuk mengekspresikan kreativitasnya, khususnya di dalam keluarga dan daerah tempat tinggal anak. Chrome music lab merupakan situs web untuk mempelajari musik yaitu membuat percobaan musik dan mempelajarinya dengan pengalaman secara langsung.  Chrome music lab bisa dimainkan diberbagai perangkat, seperti smartphone, tablet dan laptop serta dapat diakses secara bebas melalui web. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas anak melalui chrome music lab serta mengembangkannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi terhadap anak usia dini dengan memperkenalkan Chrome Music Lab. Penelitian ini melibatkan anak usai 4-6 tahun sebagai subjek. Kesimpulan yang didapat adalah Chrome music lab merupakan salah satu alternative alat musik yang dapat dimanfaatkan oleh orangtua atau Guru pada implementasinya dalam pembelajaran bagi anak. serta dilihat dari responsive anak membuat peneliti yakin bahwa Chrome Music Lab akan disambut baik oleh anak serta mereka akan terus berinovasi dalam mengembangkan ke berbagai kreativitas.


Keywords


Anak, Chrome, Music, Kreativitas, Seni

References


Anggraini, W., & Kuswanto, C. W. (2019). Teknik Ceklist Sebagai Asesmen Perkembangan Sosial Emosional di RA. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 61–70. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i2.5248

Craft, A. (2005). Creativity in schools: Tensions and dilemmas. Psychology Press.

Miranda, D. (2016). Upaya guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(1), 60–67.

Munandar, S. C. Utami. 1999. Kreativitas dan keberbakatan (strategi mewujudkan potensi dan bakat). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Nursito. Kiat menggali Kreativitas, Yogyakarta: Mitra Gama Widya, 1999.

Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111–123.

Semiawan, C.R. 2009. Kreativitas Keberbakatan. Jakarta: PT. Indeks




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v6i1.27282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292