Model Pembelajaran Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun di TK ABCD School


Ni Putu Ria Meilina(1*), I Made Elia Cahaya(2), Putu Indah Lestari(3)

(1) Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(2) Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(3) Universitas Dhyana Pura, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemampuan membaca permulaan anak usia dini sangat berguna untuk bekal pengetahuan anak ke jenjang pendidikan selanjutnya yang berhubungan dengan mengenal nama-nama huruf, mengenal huruf awal benda, menyusun huruf menjadi sebuah kata serta membaca sebuah kata. Kemampuan membaca permulaan dapat dikembangkan melalui model pembelajaran multisensori. karena anak belajar membaca permulaan melalui berbagai stimulasi indera untuk memperoleh informasi dari berbagai sumber dan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan pada 19 anak usia 5-6 tahun di TK ABCD School melalui model pembelajaran multisensori. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan beberapa tahapan yang terdiri dari penetapan fokus permasalahan, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes yang dianalisis secara deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi awal sebelum menggunakan model pembelajaran multisensori, hasil persentase ketuntasan yang diperoleh yaitu sebesar 26.32%. Pada Siklus I meningkat menjadi 68.42%, dan pada Siklus II meningkat kembali menjadi 89.47%. Maka dapat disimpulkan, kemampuan membaca permulaan pada 19 orang anak usia 5-6 tahun di TK ABCD School dapat meningkat melalui model pembelajaran multisensori.

 

 


Keywords


Anak Usia Dini, Kemampuan Membaca Permulaan, Model Pembelajaran Multisensori

References


Agung. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Malang: Publishing.

Cahaya, I. M. E., Suarni, K., Dantes, N., & Margunayasa, I. G. (2020). The effect of guided inquiry learning model on creativity and linguistic ability viewed from social interaction ability among kindergarten children of group b. Journal of Education and E-Learning Research, 7(4), 421–429. https://doi.org/10.20448/journal.509.2020.74.421.429

Hutasuhut, B. R. S., Desmila, Cendana, H., Nurhikmah, & Nurhamidah. (2021). Modul Pembelajaran Sains Anak Usia Dini untuk Anak TK 4-6 Tahun. Riau: Dotplus Publisher.

Indrawan, I. (2020). Manajemen PAUD DMIJ Plus Terintegrasi. Riau: Dotplus Publisher.

Jannah, R. R., Sabiati, A., & Pudjiastuti, A. (2018). 144 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Krissandi, A. D. S. (2020). Sastra Anak Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Kristianti, T. (2022). Strategi Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini (Online, Onsite dan Hybrid Learning). Jawa Barat: Jejak Publisher.

Lestari, P. I., & Prima, E. (2023). Pengaruh Metode Storytelling Berbasis Kearifan Lokal Bali terhadap Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1295–1301. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3012

Musbikin, I. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter. Bandung: Nusa Media.

Nisa, Y. F., Dewi, M. S., Amalia, I., Solicha, Muchtar, D. Y., Fadhilah, M. N., Sawitri, A. R., Febrianti, S., Wijaya, S. H., Wulandari, S. S., Amrina, Y., Qotrunnada, R., Biantari, A. N. P., Ein, I. H., Maulidah, I., Aribowo, M. F., & Ramadhani, R. (2022). A Guide To Your College Journey: Determining Your Path to Success, Strategies and Skills for Success,and Being Successful Plans and Perseverance. Yogyakarta: Deepublish.

Poerwati, C. E., Suryaningsih, N. M. A., Cahaya, I. M. E., Prima, E., Lestari, P. I., & Rimpiati, N. L. (2018). Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Edukatif (APE) PAUD Bagi Guru PAUD di Gugus Tunjung Kecamatan Abiansemal. Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK). https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=q7574ZYAAAAJ&citation_for_view=q7574ZYAAAAJ:ufrVoPGSRksC

Purnamasari, C., Amal, A., & Herlina. (2021). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 4(1), 86. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/view/11782/pdf

Rahmat. (2019). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013. Yogyakarta: Bening Pustaka.

Rahmat. (2022). Inovasi Pembelajaran PAI Reorientasi Teori Aplikatif Implementatif. Malang: CV Literasi nusantara abadi.

Riyanti, A. (2021). Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.

Sholihat, S. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Media Papan Flanel pada Anak Usia 5-6 Tahun. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(2), 1–13. https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9724

Subakti, H., Haruna, N. H., Maghfira, S. A., Nirbita, B. N., Chamidah, D., Kato, I., Suesilowati, Rofiki, I., Pasaribu, E. Z., & Purba, S. (2022). Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Secara Teoretis dan Praktis. Medan: Yayasan kita menulis.

Suryana, D. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan Praktik Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2015). Bimbingan dan Konseling di taman kanak-kanak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Trimuliana, I., Zulfikar, & Permana, R. (2022). Aktivitas Fisik Sebagai Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.

Urbayatun, S., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., & Maryani, I. (2019). Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologis Ringan pada Anak (Implementasi pada Anak Usia Sekolah Dasar). Yogyakarta: K-Media.

Yasbiati, & Gandana, G. (2018). Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v6i1.29126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292