Optimalisasi Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita di Taman Kanak-kanak


Syalma Faradila Nur(1), Hasbi Sjamsir(2), Ayu Aprilia Pangestu Putri(3*)

(1) Universitas Mulawarman, Indonesia
(2) Universitas Mulawarman, Indonesia
(3) Universitas Mulawarman, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Cara mengembangkan kemampuan berbicara tidak hanya bergantung dengan keaktifan guru  dalam pembelajaran (teacher centered), tetapi pelibatan aktif anak dalam pembelajaran (student centered). Melalui pengalaman langsung, anak mendapatkan informasi baru serta memberikan stimulasi pada keterampilan berbicara anak. Oleh karena itu, untuk mengembangkan kemampuan berbicara dibutuhkan metode yang melibatkan anak secara aktif seperti bercerita. Melalui kegiatan bercerita, anak akan mendapatkan berbagai manfaat seperti penambahan berbagai kosa kata baru, peningkatan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapatnya, menumbuhkan kreativitas, dan melatih anak untuk mampu mengungkapkan keinginan dan perasaannya. Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus digunakan untuk memperoleh data penelitian. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode bercerita di di salah satu TK di Tenggarong, Kalimantan Timur terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan dan penutup. Perkembangan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK tersebut besar anak memiliki kemampuan berbicara yang baik. Anak telah mampu mengucapkan dan memahami arti kata yang diucapkan dengan jelas.


Keywords


Kemampuan Berbicara, Metode Bercerita, Perkembangan Bahasa

References


Amini, N., & Suyadi, S. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosakata Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 119–129. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i2.6702

Apriliyana, F. N. (2020). Mengoptimalkan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui metode bercerita. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 6(1), 109–118. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/pn.v6i1.14594

Celina, S. M. (2022). Upaya Mengembangkan Kemampuan Bahasa melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok B di TK Nurul Iman Danau Induk Jabung Lampung Timur. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 2(01), 25–36. https://doi.org/https://doi.org/10.56872/elathfal.v2i01.692

Fitriani, A., Adjie, N., Dewi, F., & Justicia, R. R. (2019). Studi Kasus Perkembangan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Penerapan Metode Bercerita. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 29–37. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.825

Hania, I., Fauzi, M. S., Pangestu, E. S., & Rosyada, M. F. (2022). The Phonics Method in Aṣwat Learning and Its Influence on the Reading Ability of Ibtidaiyyah Madrasah Students. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 8(2), 231–247. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/almahara.2022.082-03

Hanipah, F., & Siagian, I. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. LITERATUS, 5(1), 56–59. https://doi.org/https://doi.org/10.37010/lit.v5i1.1134

Hanipudin, S. (2021). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di RA Baitussalam Wringinharjo Cilacap. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6 (2), 117.

Huberman, A. M., & Miles, J. S. M. B. (2019). Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi baca tulis dan inovasi kurikulum bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108–118. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/kembara.v5i1.7842

Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62–69. https://doi.org/https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140

Kartika, W. I., & Putri, A. A. P. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4097–4106. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4372

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Lestari, I. (2018). Analisis Awal Kemampuan Bercerita pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 165–177. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.1302.10

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia. Kampret Journal, 1(2), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Marcela, R. A., Rozie, F., & Guru, P. (2020). Penerapan Metode Bercerita Dalam Optimalisasi Bahasa Reseptif Anak Usia 5-5 Tahun Di Tk Negeri 02 Tenggarong. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 2738.

Munasih, A., & Nurjaman, I. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode Tanya jawab pada anak usia 4-5 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v6i1.553

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Nurbaeti, N., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Penerapan Metode Bercerita Dalam Meningkatkan Literasi Anak Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 3(2), 98–106. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v3i2.328

Nurjanah, A. P., & Anggraini, G. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.5.1.1-7

Putri, A. A. P. (2020). Recognize geometry shapes through computer learning in early math skills. Jurnal Pendidikan Usia DIni (JPUD), 14(1), 50–64. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.141.04

Putri, A. A. P. P., Rahardjo, B., & Olby, N. A. (2023). The Project-Based Learning Model Improves Ability to Understand Environmental Cleanliness in Early Childhood. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/paud.v11i1666

Rambe, A. M., Sumadi, T., & Meilani, R. S. M. (2021). Peranan Storytelling dalam Pengembangan Kemampuan Berbicara pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2134–2145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1121

Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267–275. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p267-275

Rizqiyani, R., & Azizah, N. (2018). Kemampuan bercerita anak prasekolah (5-6 tahun). Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 146–155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.6362

Sidabutar, Y. A., & Manihuruk, L. M. E. (2022). Keefektifan Media Audio-Visual dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1923–1928. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2385

Syam, A. F., & Damayanti, E. (2020). Capaian perkembangan bahasa dan stimulasinya pada anak usia 4 tahun. Paudia, 9(2), 71–88. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6235

Talibo, I. H. I. (2021). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Bercerita Pada Anak Didik Di Ra Al-Khairaat Airmadidi Atas. 1.

Triutami, N., Widayati, S., & Komalasari, D. (2022). Penerapan metode bercerita dengan media big book kalender untuk meningkatkan perkembangan anak. Jurnal Pendidikan Anak, 11(2), 162–170. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i2.54177

Uce, L. (2017). The Golden Age: Masa efektif Merancang Kualitas Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 1(2), 77–92.

Yulia, R., & Eliza, D. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 53–60. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ga:jpaud.v5i1.8437




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v6i1.30112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292