Kemampuan Salat Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi


Habsyi siti nurdini(1*), Hilman Mangkuwibawa(2), Syamiah Syamiah(3)

(1) Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(2) UIN Sunan GUnung Djati Bandung, Indonesia
(3) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kemampuan salat anak usia dini melalui metode demonstrasi pada kelompok B RA Al-Furqon. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom research) dengan melalui empat tahap yaitu: prencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dari penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran praktik salat kelompok B RA Al-Furqon dapat disimpulkan bahwa adanya perkembangan hasil pembelajaran praktik salat siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata seluruh siswa yaitu dari hasil pra sikuls sebesar 31,3. Pada siklus I rata-rata nilai seluruh siswa yaitu 51,7 dan pada siklus II naik menjadi 77,5. Pada pra siklus perkembangan salat anak usia dini terdapat delapan orang yang belum berkembang (BB) dan lima orang mulai berkembang (MB). Pada siklus I perkembangan salat anak usia dini mencapai enam orang yang mulai berkembang (MB) dan delapan orang berkembang sesuai harapan (BSH), kemudian pada siklus II perkembangan salat anak usia dinimencapai empat orang yang berkembang sesuai harapan (BSH) dan sembilan orang berkembang sangat baik (BSB).


Full Text:

PDF

References


Atang, Abd Hakim. (.2000). Islamic Study Methodology. Bandung: PT. Teen Rosdakarya.

Hayati Tuti. (2013). Evaluation of learning. Bandung CV. Insam Mandiri.

Heri hidayat. (2015). Activities teach children TK / RA and PAUD. Bandung. Arfino Raya.

Sugiyono (2014). Educational Research Methods Quantitative, Qualitative and R & D Approaches. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Educational Research Methods (Quantitative, Qualitative and R & D Approaches). CV publisher Alfabeta: Bandung.

Sudjana Nana. (2011). Basics of the Teaching and Learning Process. Bandung. Sinar Baru Algensindo Offset.

Yus, Anita. (2011). Assessment of the development of learning of kindergarten children. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v1i1.3388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JAPRA Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal



View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292