Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini


Mardi Fitri(1*)

(1) , Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Para pelajar selama ini kurang termotivasi dalam kegiatan pembelajaran, dikarenakan model yang diterapkan selama ini dianggap tidak menarik dan membosankan bagi para pelajar, khususnya di lembaga PAUD. Para guru kurang peka terhadap kebutuhan para pelajar nya, sehingga mereka tidak dapat menyuguhkan model pembelajaran yang tepat seperti yang diinginkan oleh para pelajar. Seharusnya model pembelajaran untuk anak usia dini itu dirancang sesuai dengan keperluannya, agar proses pembelajaran yang berlangsung menjadi lebih menyenangkan. Maka diperlukan nya suatu model pembelajaran yang sesuai juga menyenangkan bagi setiap anak. Salah satu contoh model pembelajaran yang dapat diterapkan di lembaga PAUD adalah model pembelajaran quantum learning. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui bagaimana konsep penerapan model quantum learning pada pembelajaran anak usia dini (2) untuk mengetahui manfaat dalam penerapan model quantum learning pada pembelajaran anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi pustaka atau librabry research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran quantum tergantung pada kemampuan guru dalam memahami konsep dan mengimplementasikan langkah-langkah pembelajaran quantum dalam kegiatan pembelajarannya.


Keywords


model pembelajaran quantum learning; pembelajaran aktif; pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Astuti, W. (2017). Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 2(2), 124–129. https://doi.org/10.28926/briliant.v2i2.41

Choiro, U. D., & Shodiqoh, M. (2018). Quantum Learning Sebagai Upaya Guru Pendidikan Anak Usia Dini Menjadi Pendidik yang Menyenangkan. Tadris : Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan Islam, 11(1), 103–111. https://ejournal.iainutuban.ac.id/index.php/tadris/article/view/18

Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34. https://doi.org/10.24815/dm.v1i1.1336

Deporter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan). Kaifa.

Fathurrohman, M. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Mike Hernacki, B. D. P. (2016). Quantum Learning (Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan). PT. Kaifa.

Mira Juwita Novitasari. (2014). Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan …. Jurnal Pendidikan Seni Rupa, 2, 18–23.

Munawaroh, M. (2020). Kompetensi Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Melalui Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Taman Kanak-Kanak Masjid Agung Lampung Selatan. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1), 163–174. https://doi.org/10.12345/lentera.v13i1.525

Sari, M. (2013). Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Materi Energi Panas dan Bunyi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugunting 4 Kota Tegal [Skripsi, Universitas Negeri Semarang]. https://lib.unnes.ac.id/17351/

Shofa, M. F., & Suparno, S. (2014). Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Permainan Sandiwara Boneka. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 209. https://doi.org/10.21831/jppm.v1i2.2690

Srinadi, N. N., Agung, A. G., & Yudana, I. M. (2020). Pengaruh Bimbingan Berkelanjutan Terhadap Kemampuan Melaksanakan Asesmen Autentik pada Guru. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 84–94. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24365

Sugiyanto. (2010). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yuma Pustaka.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Usman, H., & Akbar, R. P. S. (2014). Pengantar Statistika. Bumi Aksara.

Widyaningsih, S. W., & Yusuf, I. (2015). Penerapan Quantum Learning Berbasis Alat Peraga Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Panrita, 10(3), 680–693.

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292