Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah dengan Media Papan Flanel pada Anak Usia 5-6 Tahun


Siti Syarah Sholihat(1*)

(1) RA Nurul Islam Bekasi, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Observasi awal yang dilakukan pada anak kelompok B RA Nurul Islam Bekasi menemukan bahwa perkembangan membaca huruf hijaiyah anak belum optimal. Hal ini terbukti adanya hambatan ketika didalam proses pembelajaran huruf hijaiyah yaitu kurangnya media dalam pembelajaran huruf hijaiyah. Penelitian ini dilatar belakangi pentingngnya meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah pada anak usia dini. Tujuannya yaitu agar anak RA Nurul Islam dapat membaca huruf hijaiyah sesuai dengan kaidah yang baik dan benar. Adapun tindakan yang dapat dilakukan dalam peningkatan membaca huruf hijiyah yaitu dengan menggunkan media papan flanel. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, unjuk kerja, dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 12 anak, yang terdiri 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Permasalahan yang terjadi di RA Nurul Islam dalam kemampuan membaca huruf hijaiyah masih belum berkembang secara optimal seperti anak belum bisa membaca dan membedakan huruf hijaiyah yang berharokat fathah, kasroh, dlomah dan sukun serta anak juga belum bisa membaca dan membedakan huruf hijaiyah yang hampir sama bunyi. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses membaca huruf hijaiyah anak sebelum menggunakan media papan flanel diperoleh nilai 39,17 dengan kategori kurang, sedangkan setelah diterapkan media papan flanel pada siklus I diperoleh nilai 53,66 dengan kategori kurang, siklus II diperoleh nilai 77,46 dengan kategori baik. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima, artinya media papan flanel dapat meningkat kemampuan membaca huruf hijaiyah.

Keywords


Membaca huruf hijaiyah; media papan flanel; penelitian tindakan kelas

Full Text:

PDF

References


Aisah, Siti, and Heri Hidayat. 2015. Aktivitas Mengajar AnakTK/RA dan PAUD. Bandung: Arfino Raya

Aprilianita, Dewi Rosa. 2016. "Pengaruh Penggunaan Media Papan Flanel Qur'an terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Al-Qur'an Siswa Tunarungu ." Ortopedagogja, 2016: Vol 2, No 2.

Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran . Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Aqib, Zainal dkk. 2008.Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: CV. Yrama Widya

Asmariana. 2016. "Konsep Media Pembelajaran PAUD." Al-Afkar, 2016: Vol. V No. 1.

Suwaid, Muhammad Nur . 2010. Prohetic Parenting Cara Nabi Mendidik Anak . Yogyakarta : Pro-U Media.

Uno, Hamzah B. 2011.Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ismail, Andang. 2006. Education Games . Yogyakarta: Pilar Media .

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Pustaka Setia

Mulyasa. 2011. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

—. 2012. .Praktek Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD. Bandung: Rosdakarya.

Purwanto, N. 2006. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, h.102

Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alabeta.

Suyadi. 2007. Psikologi Belajar Anak Usia Dini. Jakarta : EDSA Mahkota .

Sujiono, Yuliani Nurani. 2012. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini . Jakarta: Indeks

Syah, Muhibbin. 2009.Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9724

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

JAPRA (Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal) licensed by Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
Copyright © UIN Sunan Gunung Djati Bandung

INDEXING IN: 

 

   


Editorial Office:

Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Kegurua, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Jalan Soekarno-Hatta, Cimencrang, Gedebage
Kota Bandung, Jawa Barat 40292