INTERNALISASI NILAI TAUHID DALAM PEMBELAJARAN SAINS


Ayi Darmana(1*)

(1) Universitas Negeri Medan, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


The study on hypothesis model of internalizing tawheed values in science materials (facts, concepts, and law) is expected to increase relative constribution of learning science toward achieving the national education objectives. The internalization will not lessen the scientifics itself. As a media to develop cognitive potency, science could develop the affective one as well. Through the materials, science internalizes the belief regarding all things in this world: things Allah has created, This belief could lead us to the obidience, characteristics and regularity of those things God created (Sunatullah), so that people can learn from them. It would enable the development of positive attitude, admiration to God’s power and love, gatitude and loyalty to Him. The internalization of tawheed values in science materials can be done through the discussion on the value/moral lesson/nature of the material from Islam perspective.

Keywords


Tawheed; internalization; science materials

References


Amir, Dja’far. 1986. Ilmu Tauhid. Cetakan ketiga. Jakarta : Ramadhani

Ardiansyah, M.A 2011. Proses Internalisasi Nilai. [on line]. Tersedia : www.kabar-pendidikan.blogspot.com, www. kmp- malang.com www.arminaperdana.blogspot.com [ 20 januari 2012]

Bagir, Z.A., Wahyudi, J., Anshori, A.(2005). Integrasi Ilmu dan Agama : Interpretasi dan Aksi. Bandung : Mizan

Departemen Agama. 1989. Al-Qur’an dan terjemahannya. Jakarta : Departemen Agama RI

-------------------------. 2002. Ensiklopedi Islam. cetakan kesepuluh. Jakarta : Ichtiar Baru van Hoeve.

Departemen P dan K. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

-------------------------. 2004. Ensiklopedi Nasional Indonesia.cetakan keempat. Bekasi : Delta Pamungkas.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Strategi Pembelajaran MIPA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Djahiri, A.K. 1996. Menelusuri Dunia Afektif : Pendidikan dan Moral. Bandung : Lab Pengajaran PMP IKIP Bandung.

Elmubarok, Z. 2009. Membumikan Pendidikan Nilai : Mengumpulkan yang terserak, Menyambung yang terputus dan Menyatukan yang tercerai. Bandung : Alfabeta.

Firdaus. 1979. Risalah Tauhid. Cetakan ketujuh. Jakarta : Bulan Bintang

Hakim, A.A. dan Mubarok, J. 2008. Metodologi studi Islam. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hartono. 2011. Pengembangan Model Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran Iintegrasi Sains dan Agama di MA Darul Ulum Jombang. Desertasi Doktor SPs UPI Bandung : tidak diterbitkan.

Harun, M. Y. 2000. Kitab Tauhid. Cetakan ketiga. Jakarta : Al-Sofwa.

Hornby, A.S., Cowie, a.p., Gimson, A.C. (1986), Oxford advanced Learner’s Dictionary of Current English. Great Britain : Oxford University Press.

Jamaluddin. 2010. Begini Seharusnya Menjadi Guru : Panduan Lengkap Metodologi Pengajaran Cara Rasulullah. Cetakan ketiga, Jakarta : Darul Haq

Kusnadi. 2000. Pengembangan Pembelajaran Integrasi Nilai-Nilai Tauhid Dalam Pengajaran Geografi (Penelitian Tindakan Di Kelas I SMU 19 Kotamadya Bandung). Tesis PPS UPI Bandung : tidak diterbitkan.

Murdiono, M. 2010. Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Moral Religius Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.[Online]. Tersedia : http://www.bing.com/search?q=strategi+internalisasi&form=MSNH65&x=132&y=16. [ 20 Januari 2012]

Riduansyah. 2000. Penerapan Model Pembelajaran Terpadu Antara Biologi Dan Imtaq Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA. Tesis pada FPS IKIP Bandung : tidak diterbitkan.

Rochman, C. 2010. Pengembangan Program Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Fisika Dalam Menyusun ProgramPembelajaran Yang Mengintegrasikan Nilai Agama Islam. Desertasi Doktor pada SPs UPI Bandung : tidak diterbitkan.

Rohmawati, S.N. 2010. Integrasi Nilai-Nilai Tauhid Pada Matapelajaran Sains Di Sekolah Dasar Islam terpadu Hidayatullah Balong Yogyakarta.[online]. Tersedia :http://www.google.co.id/search?client=firefox-a&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&channel= s&hl= id&source= hp&q=integrasi+nilai+tauhid%2C+Rohmawati&meta= &btnG=Penelusuran+Google [ 21 Maret 2011].

Romadlon, M.(2000). Pembelajaran Kimia Sub Bahan Kajian Zat Aditif Pada Makanan Yang Terintegrasi Nilai-Nilai Agama.Tesis FPS UPI : Tidak diterbitkan.

Sabarkah, C.J.(2010) Pengembangan nilai-nilai agama melalui praktikum fermentasi karbohidrat ditinjau dari kemampuan Intertekstualitas, Jurnal Media Pendidikan :Pendidikan Keagamaan, volume XXV, nomor 3, 337-348

Sauri, S.(2005). Revitalisasi Pendidikan Sains dalam Pembentukan Karakter Anak bangsa untuk Menghadapi Tangtangan Global. [Online]. Tersedia: http://www.google.co.id/ search?client=firefox-a&rls=org. [12 April 2011]

Tn. (1427 H/2006 H). Tafsir Al-Usyr Al-Akhir : Dari Al-Qur’an

Al-Karim juz (28,29,30) disertai Hukum-Hukum yang Penting Bagi Seorang Muslim

Wahab, Aziz. 2007. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Witarto, A.B.(2009). Science and God : Warming Trend. [online]. Tersedia : http://www.google.co.id/#hl=id&source=hp&biw=1024&bih=407&q=Science+and+God:+A+Warming+Trend.+27+Maret+2009.+Oleh%3A+Dr+Arief+budi+witarto%2C&btnG=Penelusuran+Google&aq=f&aqi=&aql=&oq=&fp=cae13fe4ab903014 [15 maret 2011].




DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v27i1.496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Editorial Office:

Faculty of Tarbiyah and Teacher Training

Jalan A.H. Nasution No. 105, Cibiru

Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40614

Phone: 022- 7802276

e-mail: journalof.islamiceducation@uinsgd.ac.id



 Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Islam by http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats