PERBANDINGAN TEORI DISRUPSI PADA MARKETING DI ERA INDUSTRI 4.0 MENURUT HERMAWAN KARTAJAYA DAN RHENALD KASALI


Akhmad Sefudin(1*), Muhammad Darwin(2)

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Nasional Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan teori disrupsi pada marketing di era Revolusi Industri 4.0 oleh Hermawan Kartajaya dan Rhenald Kasali. Adapun pembatasan penelitian, terbatas pada literatur-litereatur yang berkaitan dengan disrupsi pada marketing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasilnya adalah teori disrupsi pada marketing dari kedua pakar secara bersama menjelaskan bahwa, terjadinya gangguan dan perkembangan teknologi yang sedang dihadapi sekarang mengharuskan marketer harus melakukan pendekatan pemasaran yang baru sejalan dengan Revolusi Industri 4.0. Adapun perbedaan konsep teori hanya terletak pada istilah dan sebutan konsep saja yang pada Hermawan Kartajaya menyebutnya dengan konsep Marketing 4.0 sedangkan Rhenald Kasali menyebutnya dengan konsep #MO. Pada dasarnya kedua teori sama-sama menjelaskan bagaimana marketer mampu menjual produk ke konsumen yang semakin inklusif, smart, sosial dan horizontal.

 


Keywords


Marketing 4.0, Mobilisasi, Orkestrasi.

Full Text:

PDF

References


Arifin, S. (2019). Pemasaran Era Milenium. CV. Budi Utama.

Dalenogare, L. S., Benitez, G. B., Ayala, N. F., & Frank, A. G. (2018). The expected contribution of Industry 4.0 technologies for industrial performance. International Journal of Production Economics, 204(July), 383–394.

Darwin, M. (2020). The Effect of Communication Strategy in Marketing 4.0 Purchase Decision through Brand Advocacy in Shopee E-Commerce. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 375–396.

Kartajaya, H. (2002). Hermawan Kartajaya on Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kartajaya, H. (2019). Citizen 4.0: Menjejakkan Prinsip-Prinsip Pemasaran Humanis Di Era Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, R. (1998). Membidik pasar Indonesia: segmentasi, targeting, dan positioning Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kasali, R. (2018). Self Disruption. Bandung: Mizan.

Kasali, R. (2019). #MO: Sebuah Dunia Baru yang Membuat Orang Gagal Paham. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Huan, H. Den. (2017). Marketing for Competitiveness. Jakarta: PT. Bentang Pustaka.

Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2019). Marketing 4.0 : Bergerak dari Tradisional ke Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Peter H. Diamandis, S. K. (2016). Bold: How to Go Big, Create Wealth and Impact the World. Simon & Scuster Paperbacks.

Potsangbam, C. (2018). Adaptive Performance in VUCA Era-Where is Research Going? International Journal of Management (IJM), 8(6), 99–108.




DOI: https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 
 
 Lisensi Creative Commons
View My Stats